1 | Ottoke Ini?

1.5K 142 1
                                    

"Hai, Mark!"

Dikacangin dong. Sekali sih wajar, cuma setelah Haechan ngulangin sapaan itu, dia bener-bener dicuekin sama si Mark— katingnya yang suka ribut sama dia. Mereka itu sebenernya kayak Tom&Jerry, tapi lebih lumayan soft dikit, soalnya kadang mereka saling goda ato kasih gombalan gitu. Bikin yang lain pada panas, soalnya kating most-wanted kayak Mark ini ya fansnya udah sejumlah butiran beras sekarung. Banyak dah pokoknya. Apalagi Haechan, butiran pasir satu truk kalah sama jumlah penggemarnya.

"Kalian lagi marahan, Chan?" Renjun nanya, pas udah nggak ada pembeli di depannya. Halaman gedung serbaguna udah lumayan sepi, nggak serame tadi karena acara wisuda udah selese.

Haechan duduk gelesoran di atas paving block, yang udah digelarin plastik kresek biar dressnya nggak kotor. Gaada kursi sama tiker soalnya. "Nggak tau, Njun. Heran gue sama dia, tiba-tiba banget kayak gitu. Apa gue ada salah ya ke dia?"

Renjun juga ikutan duduk, bedanya dia pake alas sendal swallow-nya si Jeno yang baru aja ngacir mau futsalan. "Coba kamu inget-inget, sebelum Kak Mark kayak gitu, kalian ngomongin apaan?"

Haechan mikir. Mereka ngobrol terakhir kali di mobil, soalnya pas Haechan duduk di sofa kosannya Mark, cowok itu langsung dibawa pergi sama abangnya. "Nggak ada yang penting sih, Jun. Cuma ngomongin soal koreo bikinannya si Jisung. Itu pun kita sante banget sambil ketawa gitu."

"Ya udah, mungkin Kak Mark lagi ada masalah. Besok aja kamu coba lagi."

"Hah, males deh. Nyebelin banget tau mukanya, datar banget pas lihat gue. Tuh, sama si Mina aja senyum gitu. Emang cari masalah ama gue dia tuh." Haechan ngambil beberapa daun mangga kering yang bertebaran di atas paving, pas banget emang stand jualan mereka di bawah pohon. Dia nyusun daun itu, biar bisa dipake kipas-kipas, soalnya dia agak gerah dikit. Nggak modal banget emang.

"Nah, bener. Kalian kan Tom&Jerry. Sekarang berantem, besok juga udah balikan. Hahaha." Renjun ketawa, tapi itu nggak ngebuat Haechan ikutan ketawa, dia justru cuma bengong pas ngelihat titisan surga tiba-tiba ada di depan mata.

"Eh, ada Kang Lim." Renjun yang udah berhenti ketawa akhirnya sadar kalo ada manusia ganteng yang berdiri di depan stand jualan mereka. "Mau beli apa, Lim?"

Kang Lim yang berdiri menjulang nggak ada niatan buat duduk gelesoran bareng dua cewek itu. Dia cuma berdiri, sambil ngelihat ke sana ke mari. "Hmmm, sebenernya cuma mau nanya aja. Lihat Hari sama Ian nggak? Mereka bilang bakal bantu beresin stand klub habis ini. Ditelpon pada nggak diangkat juga."

"Nggak lihat lewat di sini sih. Tapi aku yakin, mereka pasti lagi ketemu makhluk," jawab Renjun

"Yaudah deh. Gue cari mereka lagi aja. Kalo lu lihat, kabarin gue ya." Renjun cuma ngangguk ngedengerin si tinggi itu ngomong. Pandangan mereka berdua langsung tertuju ke Haechan yang diem kayak patung dari tadi. "Eh, Chan. Mata lu ada beleknya tuh."

Padahal jarak mereka tuh nggak deket loh, bisa-bisanya cowok itu lihat ada someting di matanya si Haechan.

"Kang Lim!!!"

Haechan marah, jelas. Orang cowok itu ngomongnya keras, sampe anak-anak penjaga stand lain noleh ke mereka. Kan Haechan malu kalo para penggemarnya jadi gak like lagi ke dia. Bener-bener deh si Kang Lim. Muka doang titisan surga, kelakuannya auto neraka.

***

"Aku tuh lagi galau. Kamu kenapa sih, Mark? Tiba-tiba banget ngehindarin aku. Udah tiga hari, loh. Tiga. Tolong denger ya, TIGA. Awas aja kalo besok kamu masih ngecuekin aku. Hape ini gue remukin, gue cincang, gue blender, trus gue jadiin bunga penabur di makam lo nanti. Arghhh anjaii kesell!" Haechan yang lagi ngomong di depan kamera hape iphone warna merah, hadiah Mark semester kemarin, udah kayak orang stres. Awalnya masih betah ngomong halus nan lembut pake aku-kamuan, tapi akhirnya juga balik lagi ke tabiat aslinya. Haechan nyimpen rekaman video tadi. Pengen ngebanting hapenya, tapi sayang. Soalnya hape itu penting. Pokoknya hape merah itu tuh khusus buat berkeluh-kesah. Buat chat dan lainnya pake hapenya yang warna putih.

Sebenernya Haechan gatel, dari tadi pengen  ngechat si Mark, soalnya doi juga nggak dateng ke latihan rutin. Padahal dia ketua UKM* loh, malah ngilang gaada kabar. Jangan salahin Haechan kalo anggota ukm itu bakal ngikutin kelakuan ketuanya.

Haechan mau jalan balik ke dalem student center*, soalnya ini dia posisinya lagi jongkok di parkiran belakang gedung yang deket kebon, sepi sepoy gitu. Cari angin, di dalem ruangan pengap soalnya. Halah alibi. Masa iya mau curhat kayak begituan tadi di dalem ruangan? Kan nggak bagus buat kesehatan telinga dan mata orang lain.

Eh, pas di tikungan mau belok, pas banget di depannya ada si doi. Haechan langsung taulah, soalnya yang pake jaket ijo kayak anak mapala tapi pake gelang tuh cuma si Mark doang. Mana jaket itu udah dipake dari kemarin lagi.

"Bebebku akhirnya dateng juga!" Gak ada angin gak ada hujan, Haechan langsung gelendotan di lengan kanannya Mark. Biasa aja sih sebenernya, mereka berdua emang biasa modus-modusan gitu.

"Ngapa sih lu, jauh-jauh sono."

"Hihh, Mark Lee, ketua ukm dance, telat dateng latihan, mana nggak izin lagi. Nggak malu sama adek tingkat yang udah pada dateng duluan? Gimana sih. Inget amanah, inget tanggung jawab. Jangan sok iye."

"Makin berani emang ini bocah. Lee Haechan, yang nggak punya jabatan apa-apa di ukm, manggil yang lebih tua nggak pake kak atau apa, gelendotan kayak monyet, baju nyalahin aturan. Waras nggak sih lu. Tali tanktop melorot, nggak pake b*ha, nggak pake outer, celena kependekan. Mau ngedance apa jual diri?" Ucapan Mark bikin Haechan langsung nyilangin kedua tangan buat nutupin dadanya. Iya juga, dia baru sadar woi, kemejanya ditinggal di ruang latihan tadi.

Mark ngadep Haechan, cowok itu naikin tali tanktop cewek itu yang melorot. Jaket ijonya yang entah udah dicuci atau belum dia lepas, trus makein ke depan tubuh Haechan, biar ketutup gitu dadanya, soalnya nyetak cuy itunya. Mark juga ngebuka ransel, ngeluarin kain, eh taplak meja. Lah, ngapain bawa taplak meja? Dia bentangin bentar itu kain, terus dibawa ngelingkarin pinggangnya si Haechan. Cewek itu speechless dong. Bukan baper apa gimana, cuma ya, masa dia kudu pake itu taplak buat nutupin paha jenjangnya? Kasihan pahanya sumpah.

"Apaan, sih. Udah deh. Lagian ini celana yang biasa gue pake, tolol." Haechan yang nggak mau pake taplak warna merah ngejreng itu langsung ngelepas dan lemparin kain itu ke Mark. Dia jalan masuk ke gedung duluan, agak lega karena Mark udah nggak ngediemin dia lagi.

"Lagi pada break kan? Nih cilok, makan aja," kata Mark. Mereka udah masuk ke ruang latihan, di mana anggota ukm masih pada istirahat, dan tiba-tiba cowok itu nyodorin kresek item. Haechan mah nerima aja, siapa tau cuma prank. Eh, beneran dong, ciloknya mang Ujang yang terkenal enak dan antrinya super duper rame, apalagi sore-sore gini. Kan Haechan seneng, dapet jajan enak, ngga perlu ngantri, gratis lagi.

"Eit, bagi dua." Mark dengan komuknya yang asddfhfjfjkl langsung ngerebut balik kresek itu. Dia duduk di lantai, terus nyuruh Haechan duduk di sampingnya. Nggak ada banjir nggak ada longsor, si Mark nyuapin Haechan dong, udah dilihatin sama anggota lain, biasa sih sebenernya. Yang nggak biasa itu, Mark senyum, tulus bangetttt, nggak kayak biasanya yang konyol dan ngeselin. Haechan kan jadi dugun-dugun. Ottoke ini?

(◕‿◕)

BERAT BERAT JANJI | Markhyuck GSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang