"Oi, Mork!"
Haechan dateng-dateng sambil teriak terus ngegebrak meja kantin fakultas yang di tempati Mark Lee and geng. Mereka sefakultas, dan kantin di lantai tiga itu udah semacam markasnya anak UKM dance sama anak manajemen. Meja yang isinya cowok-cowok yang merangkap sebagai fansnya Haechan, langsung rame dong. Pada seneng ngegodain dia, lucu soalnya.
"Kalian turun nggak nanti? Gue udah bikin tulisan ini nih," kata Haechan, sambil ngehamparin kertas manila punya temen kosnya yang udah dia tulisin pake spidol, begini penampakannya.
"Wehh gilee, savage banget dah. Niat bener lu." Hendery yang duduk di seberang Haechan kelihatan kagum banget. "Nyontek darimana?"
"Gugel lah, yakali dari pidato pak rektor."
"Ututuuu imut banget sih, Dek." Itu Lucas, yang duduk di sebelah Hendery dan curi kesempatan buat ngacak-acak rambut Haechan. Cewek itu risih, langsung ditepis pengennya, tapi udah keduluan Mark. Ngerasain tangan dihempas keras sama si Mark Lee bikin Lucas ngaduh kesakitan.
"Nggak usah ikutan turun, Dek—eh, Chan. Cewek mah nggak wajib, lagian panas, lo kan suka gerah. Yakali mau turun aksi pake tanktop sama short doang."
"Ih, mana bisa. Gue tetep ikutan lah. Udah janjian sama Hyunjin and friends, jadi bakal aman. Gue udah latihan nahan gerah kemarin, Mark. Santai aja." Hyunjin itu anak BEM fakultas, dan doi sama antek-anteknya itu jago baku hantam. Haechan yang termasuk anak non-BEM ngintil mereka karena aksinya emang tetep satu komando. Dan tentunya dia bukan cewek sendiri, banyak cewek kelasnya yang ikutan turun, entah itu anak BEM atau bukan. Oh, jangan lupai dua sahabatnya.
Lagian kemarin siang Haechan udah simulasi. Pake kaus pendek dibalut jas almet, bawahannya jeans, pake masker, trus juga spray isi air di kantong jas buat nyegerin mukanya kalo kepanasan, dan rencana juga mau bawa kipas elektronik yang kecil itu, hihihi. Dia simulasi sama Renjun, Jaemin di atap kosan mereka, jam dua belas siang, sambil teriak-teriak. Bayangin sepanas apa.
"Kalo gitu ntar kumpulnya bareng gue. Harus, nggak ada penolakan," kata Mark, mutlak. Bikin temen-temennya yang lain ngecie-ciein meski sebenernya cemburu.
Haechan yang enggan nanggepin kakak tingkatnya itu langsung gulung kertasnya lagi dan berdiri. "Dih apaan sih, males."
Kaburlah dia.
"Haechan!!!"
***
Lapangan utara Fakultas Hukum udah rame banget. Lagi ada pengarahan dari perwakilan BEM univ. Tiga cewek yang nyalain kipas tangan di barisan agak belakang udah mulai lelah, padahal ini baru pengarahan, belum aksi beneran. Ternyata, kumpul banyak orang gini bikin suhu semakin naik dan bikin semakin gerah. Sia-sia banget simulasi kemarin.
"Apa kita batalin aja, ya, Chan, Jaem. Panas nih, mana harus jalan jauh juga nanti dari parkiran." Renjun mulai ngeluh sambil mainin botol air mineralnya yang udah kosong, kipas elektroniknya masih nyala btw. Panas terik begitu emang bikin haus nggak ketulungan.
"Jangan dong, Njun. Ini kesempatan buat kita. Lagian tahun lalu kita nggak pernah ikutan aksi, mumpung tahun ini bisa. Siapa tahu tahun depan nggak bisa. Tunggu aja bentar, abis ini langsung ke sana pasti," kata Haechan, ngarahin kipasnya ke arah Renjun, biar keluhan sahabatnya itu mereda.
"Lagian ngapain sih ini musti lama-lama begini. Nggak tau apa kita lupa pake sunblock, mana gue gak bawa sunglass sama topi lagi, huweee." Jaemin pura-pura nangis. Dahlah, Haechan serasa ngurus dua bayi gede kalo gini jadinya.
"Yakali aksi pake sunglass, Na. Kalo lo yang pake dikira model catwalk ntar, hahahah," kata Haechan, ngeledekin temennya, abis itu dia bersin, cuma beberapa kali, soalnya kalo kena panas matahari gini Haechan suka bersin. Namanya achoo syndrom guys.
KAMU SEDANG MEMBACA
BERAT BERAT JANJI | Markhyuck GS
Short StoryMark pernah janji ke abangnya. Dan janji itu berat banget cuy. Tapi sebenernya ... ============= 💗 Markhyuck lokal, non-baku ⚠️ Haechan, Renjun, Jaemin GS 📍 Jogja based ⓒ yourdayssi, 2021 ⓒ deylusion, 2022