"Hahahahah! Lucu, Mark! Lucu!"
Haechan nggak bisa nahan tawanya, karena dari segala kebetulan yang terjadi di alam ini, gimana bisa mereka berdua terbentuk dari sperma yang sama? Lawakan Mark bener-bener garing dan nggak masuk akal.
"Lo nggak percaya kan? Gue juga." Mark akhirnya berucap setelah dari tadi cuma ngelihatin Haechan ketawa. Cowok itu ngehela napas dan negakin badannya Haechan yang bersandar ke dia gara-gara capek ketawa. "Gue tau fakta ini dari abang sama ayah gue. Mereka berdua udah pernah lihat lo sama bapak lo. Mereka bilang, bapak lo pernah nikah sama mama gue."
Ngedenger penjelasan itu, Haechan terkesiap, karena otaknya masih memproses ucapan Mark, menggali ingatan yang pernah ia dapatkan di masa kecilnya.
Mark bener.
Bapaknya Haechan emang pernah nikah sama wanita lain sebelum nikah sama ibunya Haechan. Tapi dia nggak pernah tau nama ataupun wajah dari wanita itu. Kata bapaknya, itu cuma masa lalu yang nggak perlu dikenang karena masing-masing udah punya lembar kehidupan sendiri.
"Terus, lo bilang kalo lo anak dari bapak gue, gitu?"
Mark ngangguk. "Mama ngandung gue pas masih sama bapak lo. Tapi gue lahir waktu mama udah nikah sama papi gue yang sekarang."
Ngernyitin dahi, Haechan bener-bener pusing dan bingung gegara Mark. Dia coba memahami perkataan cowok itu, tapi otaknya nggak nyampe. Haechan nyerah dan diem aja, pas kebetulan juga ada pengumuman yang nyuruh mereka buat kumpul lagi di lapangan.
***
Camp hari terakhir dijalanin Haechan dengan seadanya. Dia udah males karena terlalu banyak mikir, ditambah nampung cerita dari Renjun perihal masalahnya sama Jaemin Jeno, cukup ngebikin Haechan sering nge-blank waktu kegiatan outbond. Jiwa kompetitif yang biasanya menggebu-gebu, hari ini lenyap gitu aja. Kelompoknya nggak menang di kategori apa pun. Tapi Haechan bodo amat, karena dia cuma mikirin hubungannya sama Mark yang makin nggak jelas.
Hari terakhir camp berlalu lumayan damai karena Haechan ataupun Mark nggak dapet musibah dari Goeun atau Tian. Mereka nggak tau dua orang itu udah berhenti atau cuma lagi nyusun strategi, tapi yang jelas Mark bakal ngelindungin Haechan dari perbuatan mereka.
Pulang dari tempat camp pas hari udah sore, Haechan sama Mark nganterin Renjun buat ketemu sama Jaemin Jeno di kosan Jaemin. Mereka berdua sebisa mungkin ngendaliin pertemuan cukup alot itu biar nggak berujung ke pertengkaran. Jujur aja, Haechan nggak tau harus memihak ke siapa, karena dalam masalah itu dua sahabat Haechan dan satu temen Mark itu sama-sama salah.
"Aku bakal ngejauh dari Jeno, Na. Tapi please, aku pengen kita tetep sahabatan."
"Sekali kepercayaan udah dinodai, sulit buat ngebersihinnya, Njun. Mau lo ngejauh dari Jenopun gue nggak bakal bisa temenan sama lo lagi, ataupun nerusin hubungan gue sama dia."
"Na, please. Gue tau gue salah. Tapi gue nggak mau hubungan kalian berakhir gitu aja karena gue. Oke, gue janji, Na. Gue nggak bakal ngegangguin lo lagi. Gue juga nggak bakal berhubungan lagi sama Jeno. Please, tetep pertahanin hubungan kalian."
"Njun, nggak. Gue yang salah. Jadi please, jangan ngerasa gitu," ucap Jeno.
Haechan megang kepalanya karena dari tadi obrolan Jaemin, Renjun, sama Jeno terus muter-muter di sana aja. Sebenernya masalah ini terjadi karena Jaemin Jeno yang backstreet, dan Jeno yang rupanya selingkuh ke Renjun di saat dua cewek bersahabat itu nggak tau sama perbuatan Jeno. Akhirnya ketahuan setelah seminggu, waktu Jeno bohong ke Jaemin, bilangnya lagi sakit perut, eh taunya nganterin Renjun buat pergi ke camp. Jaemin tau itu dari informasinya Haechan yang nggak sengaja lihat Jeno waktu itu, dan dia dengan polosnya langsung ngechat Jaemin tanpa nanya apa pun ke Renjun. Ya kan posisinya Haechan nggak tau kalo Jaemin pacaran sama Jeno dan Renjun yang jadi selingkuhan cowok itu. Tapi Haechan cukup bangga karena dia berhasil ngebongkar tabiat buruknya si Jeno yang berani-beraninya mainin perasaan dua sahabatnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
BERAT BERAT JANJI | Markhyuck GS
Short StoryMark pernah janji ke abangnya. Dan janji itu berat banget cuy. Tapi sebenernya ... ============= 💗 Markhyuck lokal, non-baku ⚠️ Haechan, Renjun, Jaemin GS 📍 Jogja based ⓒ yourdayssi, 2021 ⓒ deylusion, 2022