"Halo Markgeolli!"
Haechan yang awalnya sendirian di ruang latihan langsung kelihatan seneng banget pas lihat Mark dateng. Cewek itu matiin musik dan berdiri di deket kipas angin. Gerah, biasa.
"Gak ada kelas?" Ucapan Mark bikin Haechan noleh, trus senyum lebar dan geleng kepala.
"Lo juga gaada kelas?" tanya Haechan, mandang Mark yang lagi pemanasan bentar.
"Bolos lah," jawab Mark, entah beneran apa nggak, Haechan nggak tau. Kayaknya sih nggak.
"Dih, teladan tenan." (Banget)
Mark yang udah selese pemanasan, jalan buat ambil laptop yang udah dia hidupin sebelumnya. "Gue beli fremilt, tapi kayaknya salah menu. Lo minum aja," kata Mark sambil nunjuk kantong plastik di samping ranselnya.
Haechan yang denger nama minuman kesukaan langsung nurutin ucapannya Mark. Berharap ada thai cocoa favoritnya "Ihh, salah menu masa beli dua! Sengaja buat gue pasti," kata Haechan dengan pedenya, apalagi pas dia lihat menu kesukaannya. Pasti Mark sengaja beliin buat dia.
Hhh, pede dulu, malunya belakangan.
Mark yang bodo amat lanjut buat latihan. Haechan menikmati esnya sambil ngelihat si ganteng ngedance, kece abis. Pas denger hapenya geter, dia langsung nyudahi kegiatan nonton gratisnya itu.
"Halo, bapak? Sampun ning ngarep? Nggih pak, Haechan mlampah disik, nggih." (Udah di depan? Iya pak, Haechan jalan dulu, ya.) Haechan buru-buru ngeberesin barang-barangnya, terus cepet-cepet ngehabisin esnya.
Mark yang ngelihat Haechan buru-buru kayak gitu, ngejeda latihannya. Dia ngelap keringat sebelum matiin lagu yang dia putar. "Siapa, Chan?"
Haechan senyum, manis banget. "Bapak gue dong. Udah nunggu di bawah."
Mark ngernyit. Setahu dia, keluarga Haechan itu tinggal di provinsi sebelah, ada keperluan apa ke Jogja? "Kok bapak lo bisa di sini?"
Haechan udah ngerapiin penampilan dan nenteng totebagnya di bahu. "Ada diklat di Sleman. Sekalian ngapelin gue deh. Duluan ya, Markeu. Makasih minumannya. Love youu!"
Setelah Haechan nutup pintu, Mark langsung ngikutin cewek itu. Haechan kelihatan seneng banget pas jalan di sepanjang koridor, bikin Mark ikutan senyum-senyum sendiri. Pas udah sampe di luar gedung, Mark ngelihat Haechan ngehampiri bapak-bapak naik motor, pake helm fullface.
Mark yang ngelihat Haechan mau duduk di jok penumpang langsung cepetin langkah kaki ke sana.
"Siang, Om." Mark nyapa bapaknya Haechan, trus ngulurin tangan, mau cium tangan.
Bapaknya Haechan ngebuka kaca helm, terus nerima salamnya si Mark. "Eh, siang. Temennya Echa ya?"
Mark ngasih senyum terbaiknya. "Iya, Om. Saya Mark."
Haechan yang kesel karena Mark kelihatan banget pencitraannya langsung nepuk pelan pundak bapaknya. "Bapak, ayo."
Bapaknya Haechan cuma nurutin keinginan anaknya, yang udah nggak sabar jalan-jalan sama bapaknya. "Iyo. Kami duluan yo, Nang*." (Iya)
Mark senyum lagi. Sumpah, itu kayak bukan Mark yang selama ini dikenal Haechan saking alus dan lembutnya. "Iya, Om. Hati-hati." Cowok itu bahkan ngelambaikan tangan.
Di sisi lain, bapaknya Haechan ngendarain motornya pelan-pelan, soalnya masih di area kampus yang masih banyak kendaraan dan mahasiswa yang lalu-lalang. "Kok bapak gak asing karo temenmu yo, Mbak? Kayak mirip sopo ngono." (Kok bapak nggak asing sama temenmu ya, Mbak? Kayak mirip siapa gitu)
"Sopo pak? Mirip tukang cilok toh?" (Siapa pak?)
"Hish, ngawur. Koncomu ganteng ngono kok didarani tukang cilok. Opo koe gak seneng karo koncomu iku, Mbak?" (Temenmu ganteng gitu kok dibilang tukang cilok. Apa kamu nggak suka sama temenmu itu, Mbak?)
KAMU SEDANG MEMBACA
BERAT BERAT JANJI | Markhyuck GS
Short StoryMark pernah janji ke abangnya. Dan janji itu berat banget cuy. Tapi sebenernya ... ============= 💗 Markhyuck lokal, non-baku ⚠️ Haechan, Renjun, Jaemin GS 📍 Jogja based ⓒ yourdayssi, 2021 ⓒ deylusion, 2022