21 - Belajar Adab

45 3 0
                                    

Ke empat anak Bohyun dan Sohee sedang ikut kajian khusus untuk anak-anak yang membahas tentang adab.

Saat ini Ibu Guru sedang menerangkan materi Adab terhadap Orang Tua.

"Shalih-Shalihah, orangtua itu wajib kita muliakan. Berbakti kepada kedua orang tua termasuk ibadah paling utama. Yuk, kita pelajari perbuatan apa saja yang termasuk berbakti kepada orangtua!"

Semua anak yang hadir di sana diam menyimak perkataan Ibu Guru.

"Taatilah orang tua selagi bukan maksiat kepada Allah. Lakukan semampunya, ya. Jangan pernah membantah keduanya."

"Perbanyak doa untuk mereka, semoga mendapat ampunan dan rahmat Allah."

"Saat berbicara kepada mereka, jangan mengeraskan suara, ya. Dengarkan baik-baik tutur katanya. Jangan kalian potong omongannya sebelum selesai."

"Buatlah keduanya selalu ridha. Bantulah pekerjaan rumah keduanya, misalnya mencuci baju, mencuci piring, menyapu ruangan."

"Mintalah izin sebelum masuk kamar orang tua. Jangan pernah masuk tanpa seizin keduanya."

"Muliakanlah teman-teman kedua orang tua. Eratkan silaturahim dengan mereka. Sesekali berikan hadiah untuk para sahabat keduanya."

"Berlemah lembutlah kepada keduanya. Sering-seringlah tersenyum di hadapan keduanya. Jangan bertengkar di hadapan keduanya."

"Jangan panggil nama orang tua secara langsung. Panggilah dengan panggilan kesayangan, semisal "Mama" dan "Papa".

"Jangan mencela pemberian orang tua. Apa pun pemberiannya, berikan pujian. Semua itu mereka lakukan dengan ketulusan, lho."

"Jadilah anak yang Shalih-Shalihah. Berusahalah menjadi penghafal Alquran. Seorang penghafal Alquran akan membuat bangga kedua orang tuanya dengan mahkota yang dikenakan."

"Shalih-Shalihah, Alhamdulillah sudah selesai kita pelajari adab terhadap orang tua. Tinggal praktik dengan baik, ya."

_________________________________

Sumber:

Ustadz Yunus - Adab Terhadap Orang Tua (Penerbit: Lingkar Media)

________________________________

Fyi, ceritanya Islam udah mulai berkembang di Korea.

Jadi, anak-anak difasilitasi oleh pemerintah untuk belajar tentang adab sehari-hari kepada seorang Guru yang beragama Islam.

~

~

~

To Be Continue

Our Little Family (Ahn Bohyun♡Han Sohee)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang