PART 3

100 10 0
                                    

Sementara itu di dlm mobil. "
Rara :" beliian sesuatu ah buat kak ceppy,itung2 buat permintaan maaf ke dia,, tp apa ya enaknya?. "
Supir :" lgsug ke apartemen neng?. "
Rara :" mmpir dlu aja pak,, keeee?? Kmn ya enaknya,kios buah di depan aja deh?. "
Supir :" siap neng?. "
Di kios buah."
Rara :" dibeliin apa coba, apel, anggur, udh biasa?? Apa ya??. "
Terlihat di pojok ada buah strawberry." Rara :" ini aja ya mungkin, kn tu pi2 ceppy kyak buah ini (smbil senyum2 sndiri gk jelas),iya ini aja deh,, bngkusin ini ya bang?. "
Selang beberapa menit rara udh nympek apartemen,,
Rara :" wa dulu aja deh, nnti msih molor lg dia?. "
Ngetik pesan.... Eh gk usah lah,, ksih surprise aja kali, biar ada adegan2 romantis kyak di tv2,, (selalu senyum2 sndiri tnpa alasan yg jls)."

Smentara itu di kmr selfi. "
Selfi :" makan dlu put, itu terusin nnti lagi aja? (yap, pu2t lagi nulis lagu yg udh di ulik2 nya td sama selfi). "
Pu2t :" nanggung kak, kurang dkit lagi kok ini, udh k'selfi mkan aja dlu."
Selfi :" ywdah tak suapin aja ya, smbil km nulis itu?. "
Pu2t :" gak usah kak, apaan sih kyak anak kecil aja dsuapin. "
Selfi :" gk p2 kali put,, bysanya rara jg suka q suapin klau mkan, klu gk gitu susah bnget tu bocah mkannya?."
Pu2t :" k'selfi syg bnget ya sm rara, smua temen2 jg blg kyak gitu?."
Selfi :" syg lah dek, kn dia adk nya kk (smbil memasukkan suapan ke mulut pu2t) ?. "
Pu2t :" klau sm pu2t,, syg gk?. "
Selfi :" hahahaha (tertawa lepas), ya syg jg lah, km ada2 aja tnya2 gtu. "
Pu2t :" aq jg syg kok sm k'selfi, baik bnget soalnya kk itu, gk plih2 teman, suka ngingetin klau aq salah, is the best deh kk pkoknya. "
Selfi :" udh2 gk usah muji2 kbangetan kyak gitu deh, melambung tinggi nnti aq. "
Pu2t :" (tiba2 memeluk selfi dg erat), mkasih ya kak udh selalu ada buat aq klau aq sdg ada msalah?. "
Selfi :" iya sama2, qt sling ngingetin aja ya dek?. "
Dan di saat bersamaan, pintu pun terbuka( krn memng pintunya gk dkunci dr td) & si adk bontot masuk ke kmr." Rara :" kakak ceppyyyyy????. "
Melihat rara msuk kmr tiba2,, mreka berdua pun kaget, terlebih lagi selfi."
Dan wajah adk yg tadinya penuh semangat & keceriaan,, entah tiba2 brubah 720 derajat stelah masuk ke kmr kk nya."...
Rara :"(nada mulai tinggi gees)oooooohhhhhh jd giniiiii??pntesan td dsuruh turun di tmpatnya k'rani gk mau, trnyata udh ada jnjian sm diaaa?? Iya kak?. "
Selfi :"( karena kaget tiba2 adk masuk,kk pun bngun dr du2knya) rara apa2an sih km dek, pu2t tu ksini cuma mau minta tlong plihin lagu buat dia, itu aja kok?. "
Rara :" ooohhh jd namanya pupuuuutt,baru knal deh kyaknya rara, adk barunya kk?? Iyaa?. "
Selfi :" rara udh deh, jgn kyak anak kcil gituuu?. "
Rara :" klau cuma mau milih2 lagu,emng hrus ya pkek acara peluk2an sgala kyak td (juteknya adk mulai keluar)?. "
Pu2t :" pu2t pulang aja ya kak, kyaknya kndisi nya gk akn baik klau pu2t te2p dsni?. "
Rara :" itu km tahuuu,, knp gk drtd aja kpikiran mau pulang, udh slesei dr td kn tjuanmu dtg ksini?. "
Selfi :" raraa!!kok ngmongnya gtu sih dek (kk mencoba menenangkan si bontot) ?. "
Rara :" km itu yah put, gk tau wktu amat sih,,emg gk ada wktu lain apa, siang2 gni jam nya org istrhat, k'ceppy jg btuh istrhat, km ngrtiin dong?. "
Selfi :" rara udh dong dek, gk ush marah2 gtu sma pu2t,dia jg udh mau pulang kn?. "
Rara :" emg rara mrah2,, enggak lho yaaaa?. "
Pu2t :" udh kak udh,, pu2t yg salah, hrusnya pu2t jg ngrti wktu, gk ganggu k'selfi di jm istirahat gni?. "
Selfi :" enggk kok put, km gk salah, kk sneng kok km mau dteng bljar ksini, udh omongan rara gk ush km msukin ht ya?. "
Rara :" tuh dengeriiinnn, dibelain kn km sma kk q, belain aja teruuuss?. "
Pu2t :" ywdah aq plg dlu ya kak? Mkasih udh bntuin pu2t hr ini?. "
Selfi :" iya sm2,, ht2 di jln ya?. "
Waktu akan keluar mlewati rara, tk sengaja kaki pu2t tersenggol kaki rara, hingga pu2t pun jtuh tersungkur ke lantai ."
Selfi :" raraaa km apa2in sih dek (smbil menolong pu2t yg tengah jatuh), km gk p2 put?. "
Puput :"gk p2 kok k'selfi?. "
Rara :" loh kok jd rara yg disalahin? Dia aja jln gk ht2, org ni kaki drtd ada dsni kok, main nyenggol2 aj, nyungsep sndiri juga kn?. "
Selfi :" udh lah, kk tau klau km sngaja kan mau bkin pu2t jtuh? Apa sih dek msalah km sm pu2t, apa dia prnah nykitin km? Dia jhat sama kmu?Enggk kn ?. "
Rara :"loh kok kk jd mrh2 gni sih sm rara, rara bneran lho gk sngaja td, pu2t aja yg sengaja nyenggol2in ke kakinya rara?. "
Selfi :" kterlaluan km dek, klau gk suka sm org ya gk ush pkek nyakitin fisik knp sih, kk emg prnh ngajarin kmu kyak gtu?. "
Rara :" kk knp sih nyalahin rara trus, rara bneran gk sngaja lho bkin pu2t jtuh?? km jg sih put (smbil dorong pundak pu2t pelan), kok diem aja sih, bilang dong ke k'ceppy klau emng km yg kurang ht2?. "
Selfi :" raraa? ( Nada kk pun mulai meninngi)"
Rara :" pu2t jgn diem aja dong,ayo bilang ke k'selfi ( sambil dorong2 si pu2t lagi si adk ). "
Selfi :" udh stop dek, kmu memng bner2 udh kterlaluan, kmu egois, kk kcewa sm kmu , rara yg kk knal dlu udh brubah,, kk gk tau lagi gmn hrus nasehatin kmu,, ayo put kk anter ke dpn, (berlalu meninggalkan rara). "
Rara :" (air mata pun menetes tnpa terduga), k'ceppy mrahin aq cuma gr2 pu2t? Setega itu kk sama aq, cuma gr2 dia?(rara pun bangkit mengejar pu2t & selfi yg udh berada di teras depan). "
Selfi :" maafin rara ya put? Kk gk tau knp dia bisa spt itu sm kmu? Skali lagi kk minta maaf atas nma rara. "
Pu2t :" udh?? k'selfi gk perlu minta maaf spt itu, kk kn gk salah?. "
Selfi :" iya kk ngrti, tp kk jd gk enak sama kmu. "
Pu2t :" udh kak, gk p2, pu2t ngrti kok, ywdah pu2t pulang dlu ya?mkasih sebelumnya untuk hr ini?. "
Selfi :" ht2 ya dek?. "
Rara :" tungguuuu?. "
(pu2t pun brhenti dr lngkahnya)."
Pu2t :" rara? Ada apa lagi?. "
Rara :" selamat ya put? (smbil mengulurkan tangannya). "
Pu2t :" selamat? Untuk apa?. "
Rara :" selamat krn hr ini kmu udh brhasil membuat k'selfi membentak q, hebat lho ya kmu? Kmu org yg prtama kali lho bisa bkin k'ceppy mrahin aq sgitu hebatnya?niat bnget ya kmu mau ngejauhin aq dr k'selfi?. "
Selfi :" rara ngmong apa sih dek kmu?. "
Rara :" emng gtu knyataannya kn kak, baru kali ini kk ngebentak aq hnya gr2 ngebelain org lain? Apa prnah sbelumnya kk kyak gni, enggk kn? Dan itupun hanya gr2 orang ini (sinis smbil nunjuk2 muka pu2t). "
Selfi :" rara masuk ke kmr skrg!. "
Rara :" nggak!. "
Selfi :" kk bilang msuk kmr skrang!. "
Rara :" rara gak mauuuu?. "
Selfi :" rara masuk (adk dibentak lagi). "
Rara :" kk jahat, rara gk mau ngmong lg sama k'selfi (smbil brlari mnuju kmr dg cucuran air mata).
Selfi pun menghela nafasnya dgn pnjang,, dia sebenarnya jg gk tega bicara dg nada tinggi pd adknya. "
Rara :" (di dlm kmarnya), k'selfi jahaaaaatttt,, rara benci kk, rara gk mau lagi ngmong sma kk (tangis nya smakin mnjadi). "
Selfi :" (mengetuk pintu),, deek? Rara? Bukain pintunya dek?kk mau ngmong?. "
Rara :" kakak pergiii, gk ush peduliin rara lagi, rara benci kk!. "
Selfi :" iya kk ngrti, kk minta maaf dek, bukain pintunya dlu ya?. "
Rara :" rara gk mauuu,, kk prgiii?. "
Selfi :" raraaa?kk minta maaf syg?. "
(tak ada lagi jwban rara dr dlm kmr& hnya tangis yg trdengar hingga luar kmr rara)."
Selfi :" maafin kk dek,, (smbil berlalu meninggalkan kmr rara). "
Rara :" knp sih k'ceppy tega sama rara? Knp hrus ngebentak rara di dpan pu2t? Apa slh rara coba? Knp dia jd brubah spt ini? Apa mungkin dia udh gk syg lg sama rara? Kakak knp berubaaaahhh? (tangisnya pecah lagi). "
Tok tok tok,, pintu kmr kmbali diketuk org,, tok tok tok??."
Rara :" rara bilang kk prgiiiii?. "
Om adji :" rara? Ini ibu udh dteng dek, buka pintunya ?. "
Rara :" ibu??? (rara lgsug mengusap air matanya & mmbukakan pntu). "
Rara :" ibuuuuu?? (rara pun memeluk ibunya erat sekali, seakan ingin mnumpahkan ksedihannya pd ibunya). "
Ibu :" knp syg? Kok matanya sembab gitu? Hbis nangis kmu?. "
Rara :" enggk, rara gk p2 kok, ibu msuk gih, biar rara yg bwain kopernya?. "
Ibu :" kak selfi masih dkmar bawah kn kak ?. "
(rara sama sekali gk merespon prtanyaan dr ibunya)."
Rara :" ibu istrhat aja dlu, psti capek kn? Biar rara kemas baju ibu ke dlm almari. "
Ibu :" rara baik2 aja nak?. "
Rara :" rara baik2 aja kok bu? Udh, ibu istrhat ya?. "
(sementara itu di kmr selfi). "
Selfi :" apa mngkin aq udh kterlaluan ya sm rara? Smpai dia mrah lg kyak gni?hrusnya aq td gk mmbentaknya, knp sih aq hrus mmbentak rara?. "
(selfi jg sngat merasa brslah krn telah mnyakiti ht rara, krn selama ini memang selfi sama sekali tk prnah sdkitpun bcara dg nada tinggi pd adk nya itu)." #waktu_pun_bergulir_hingga_mlm_hari. "
Ibu :" kak? Mkn mlm dlu gih, udh ibu siapin di meja tuh?. "
Rara :" iya bntar lagi,, (tak lama rara pun menghampiri ibunya di ruang makan)...."
Rara pun mnuju tempat makan & brsiap sntap malam. "
Ibu :" panggil nak selfi kak?. "
Rara :" ngpain pnggil dia sih bu, udh mlm jg. "
Ibu :" kita ajak mkan mlm brsama dsini sekalian, ibu udh masak bnyak lho, sngaja mau masakin buat selfi sekalian. "
Rara :" ibu pnggil sndiri aja deeh, rara udh laper. "
Ibu :" kok rara nyuruh ibu sih nak, kmu dong yg pnggil dia ksini, cpetan gih. "
Rara :" ywdah rara tlfonin ya, ibu yg ngmog. "
Ibu :" kmu knp lagi sama kk mu, berantem??. "
Rara :" siapa jg yg berantem, dia aja dr kmaren bkin ksel (smbil menyuap nasi). "
Ibu :" ywdah mn hp kmu, biar ibu tlfon aja. "
Setelah mndapat tlfon dr ibu rara, selfi pun bergegas ke kmr rara. "
Selfi :" assalamualaikum???. "
Ibu :" wa'alaikumsalam,, masuk aja nak, gk dkunci kok pntunya?. "
Selfi pun masuk & mncium tangan ibu rara."
Selfi :" ibu apa kbr? kpn nympek nya kok selfi gk tau klau ibu udh dsini?. "
Ibu :" ibu baik nak, baru nympek sore td,, ayo du2k, qt mkan mlm brsama sni. "
Selfi :" iya bu, tp maaf selfi baru aja mkn malam, msih kenyang bnget. "
Rara :" apa rara blg? Ibu sih ngenyel aja panggil dia ksini?. "
Ibu :" (ibu hnya geleng2 kpala mlihat sikap rara spt itu), yaudah du2k aja nak, ibu buatin teh anget aja ya?. "
Selfi :" mkasih ya bu?. "
*Duduk berdekatan dg rara, tp tak sepatah kata pun kluar dr bi2r mreka berdua, wlaupun cuma skedar menyapa,itupun tak terucap dr keduanya, rara tetap mlanjutkan mkn mlamnya smbil bermain game ksyangannya?."
Selfi :" mkan dlu dek, mainnya dlanjutin nanti lagi (ucap kk memulai prcakapan dg adknya, tp syg, adk sama sekali gk mrespon apa yg dkatakan kk nya). "
Selfi :" rara? ( mencoba mngambil hp dr tngan rara)."
Rara :" apaan siih?. "
Selfi :" itu hpnya taruh dlu dek, gk baik kn mkn smbil mainan hp gtu?. "
Rara :" oh yaaaaaa?? Bkn urusan kk kalee? (juteknya adk ya alloooh). "
Selfi yg mau mlnjutkan, keduluan ibu rara dtg dr dapur yg slesai mmbuatkan teh hangat buat selfi, diapun memilih untuk diam krn merasa gk enak jg hrus berantem sm rara di dpn ibunya. "
Ibu :" diminun nak, mmpung msih hngat?. "
Selfi :" mkasih ya bu, ngrepotin ibu saja?. "
Ibu :" ya gk lah nak klau repot, kn ibu jg udh anggap kmu spt anak ibu sndiri, sm spt rara?. "
Rara :" iyaa itu duluuu??. "
Ibu :" dulu mksudnya gmn ya kak, emng dulu dg skarang gk sama?. "
*mndengar jwbn rara spt itu, selfi pun lgsug memotong pembicaraan rara & ibunya, krn mrasa tkut klau ibunya smpe tahu msalah rara & selfi kali ini *
Selfi :" ibu rncananya di jkt smpai kpn bu?. "
Ibu :" mngkin skitar 2 mnggunan nak, ibu skalian jg mau silaturrahim sama kluarga di jkt sni!. "
Rara :" dah, rara dah slesai makannya, mau ke kmr mndi trus lgsug ke kmr, da ibuu?. "
Ibu :" looh loh2x, kok main pergi2 aja, k'selfi dtinggalin sndirian dsini?. "
Rara :" kn ibu yg ngundang dia ksini? Ya ibu lah yg tmenin, rara capek, mau istrhat. "
Ibu :" ywdah klau gitu biar k'selfi tdur dsini aja,, mau kn nak?. "
Rara :" eh eh apa'an tdur sini, enggk2, kmr rara msih pnuh, brantakan pula, tp gk p2 sih tdur sni,tdur aja sma ibu. "
Ibu :" yawdh ibu tdur kmr kmu saja, kmu tdur kmr ibu sama k'selfi. "
Rara :" gak2 rara gk mau, enakan di kmr rara sndiri, udh rara mau masuk. "
Ibu :" kmu masuk aja nak (mnyuruh selfi masuk). "
Selfi :" gk ush bu, selfi tdur di kmr selfi aja, lagian rara kyaknya capek bnget, nnti tmbah marah2 lagi dia. "
Ibu :" enggk2 nak, udh kmu msuk aja, ibu tau rara gk mngkin marah2 lagi, udh msuk sana gih?. "
*selfi pun msuk ke kmr rara, tp rara mnempati tmpat tdurnya sndiri tnpa ada tmpat lagi untuk berbaring*. Rara :" (biarin aja k'ceppy gk ada tmpat, siapa suruh mau tdur dsini) gumam rara dlm hati, tp sebenarnya dlm ht nya yg pling dlm, dia sneng bnget mlm ini bisa dtemenin kk trsyg nya. "
Selfi :" rara geser dong dek?. "
* lagi2 rara tak mrespon sang kk *." Selfi :" (dlm ht), ywdah tdur di bwah aja kali ya?. "
Rara :" ngpain tdur dsitu (tiba2 si adk nyeletuk), biar ibu tauuuu,, biar rara dmarahin sm ibu?gtu??. "
Selfi :" trus mau kmu kk hrus gmn sih dek, dr td prasaan salah melulu kk di mata kmu?. "
Rara :" (rara pun terperanjat dr tdurnya),, kk tau gk sih, rara tu ksel bnget liat kk dsini, ngpain sih td hrus ke kmr rara sgala?? Ngpain gk lgsug pulang aja? Ngarep bnget tdur di kmr rara. "
Selfi :" jd kmu gk suka klau kk tdur dsini?. "
Rara :" itu tauuu?. "
Selfi :" ywdah klau gtu kk prgi aja (berlalu ingin meninggalkan rara). "

AJARI AKU MENYAYANGIMUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang