Epilog

61 7 0
                                    

Kepergian Haru tak hanya menyisakan kesedihan bagi keluarganya saja, tapi juga teman-temannya. Berbeda dengan Reval yang lebih memilih melihat prosesi pemakaman tersebut dari jauh lantaran tidak kuasa jika harus melihat tubuh itu dimasukkan ke liang lahat. Daiva yang notabenenya teman Haru sejak kecil pun begitu merasa kehilangan. Ditambah lagi dia tidak ada di samping sahabatnya itu di saat-saat terakhirnya lantaran sedang ikut bersama kedua orang tuanya ke luar kota untuk menghadiri acara keluarga. Tak ayal jika dia sempat meraung-raung begitu jasad sang sahabat mulai ditimbun oleh tanah yang menjadi pemisah antara perbedaan dunia keduanya. Bahkan dia nyaris pingsan lantaran tak kuasa menahan kesedihan yang teramat dalam itu. Sampai akhirnya dia memilih tinggal lebih lama setelah proses pemakaman selesai, lalu mengungkapkan semua bentuk kesedihannya di hadapan pusara sahabatnya itu.

Lain Daiva dan Reval, lain pula dengan Giska. Wanita yang berstatus sebagai ibu dari Gaharu itu malah tidak bisa menghadiri pemakaman putranya sendiri lantaran keadaannya semakin menurun sesaat setelah Azriel memberikan kabar buruk tersebut. Bahkan dia kembali pingsan setelah melihat jasad putranya untuk terakhir kalinya. Sampai akhirnya harus kembali mendekam di sana untuk beberapa hari.

Untuk Azriel, tidak perlu lagi ditanya seperti apa keadaannya. Laki-laki itu memang terlihat tegar di luar dan mengikuti semua prosesi pemakaman dengan baik. Akan tetapi, di sisi lain dirinya masih belum mampu menerima keadaan ini dan berharap semuanya mimpi yang akan baik-baik saja begitu dia bangun esok hari. Karena nyatanya laki-laki itu tak setegar yang terlihat bahkan mungkin lebih parah dari siapa saja yang juga terluka hanya saja dia sudah tidak tahu bagaimana lagi caranya menyalurkan kesedihannya.

Benar kata orang bahwa sesorang akan terasa begitu berharga saat dia sudah tidak lagi bersama kita. Dan kini, hal itu yang dirasakan oleh kedua orang tua Haru terutama Giska yang sempat menyia-nyiakan sosok itu.


Sleman, 14 Agustus 2022

The real ending. Terima kasih

Rencana aku juga bakal buat spin-offcerita ini dengan Reval sebagai pemeran utamanya. Tunggu aja ya.

SelezioneTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang