Episode 1
"Langsung saja! Saya nggak mau basa-basi sama kamu."
Yang mau basa-basi sama situ juga siapa? Dih ... gue juga ogah. Sebenernya gue juga males banget nemuin ini nenek-nenek, tapi karena dia neror gue mulu, akhirnya gue dateng juga ke sini.
Ini café suasananya cozy banget, enak buat nyantai, asal dateng ke sininya bareng pacar atau minimal temen. Berhubung gue ke sini sama nenek lampir, jadinya bukan asyik, malah tegang kayak di dalem bioskop pas muter film horror.
"Tinggalkan anak saya! Kamu nggak pantas buat dia!"
Gue celingukan, nengok kanan kiri, nyari-nyari sutradara dan krunya. Gue mau protes! Biasanya di adegan-adegan sinetron, abis ngomong begitu, itu ibu-ibu jahat yang nggak mau anaknya pacaran sama cewek miskin, bakalan ngasih amplop cokelat yang isinya duit segepok. Ini mana, ko ibunya si Willy nggak ngeluarin apa-apa dari tasnya? Dia malah melototin gue.
Gimana sih ini konsepnya? Ada yang salah deh! Gue kan mau nemuin dia karena berharap bakalan dapet duit. Itung-itung buat ngobatin patah hati. Nggak gampang loh ninggalin pacar seganteng dan seromantis Willy. Kita juga pacarannya udah lumayan lama.
"Jawab! Dari tadi saya ngomong kamu malah diam saja. Kamu tuli?"
Brak!
Eh ko jadi nggebrak meja?
Wah ... nggak bisa dibiarin nih. Dia pikir dia siapa? Mendiang Ratu Elizabet II sang penguasa Britania Raya? Hellooww ... situ cuman istri pejabat daerah yang statusnya pengangguran. Mending gue punya kerjaan.
"Maaf, Bu ...." Tarik napas panjang ... keluarin .... Tenang-tenang ... sama orang tua yang udah bau tanah harus sopan. "Saya sudah meninggalkan anak Ibu. Tapi Willy yang masih berusaha menghubungi dan menemui saya."
"Halah! Saya nggak percaya sama omongan kamu! Mana mungkin anak saya seperti itu. Pasti kamu yang ngejar-ngejar dia. Dasar perempuan miskin!"
Sumpah, gue udah mulai emosi dikata-katain begini. Tapi gue masih coba buat sabar. Padahal kalo gue mau, gue bisa bikin ini nenek-nenek kejengkang. Badannya kerempeng banget, Bestie ... kayak tahanan yang nggak pernah dikasih makan. Gue yakin, kalo ada orang yang niup lilin ulang tahun di depan dia, dia pasti terbang kebawa anginnya.
Apa beban pikirannya banyak banget, ya? Sampe dia nggak nafsu makan. Pasti suaminya yang anggota DPRD itu punya bini muda nih.
"Saya sudah menjodohkan Willy dengan anak teman saya." Dia ngibasin rambutnya yang mirip sapu ijuk. "Perempuan dari keluarga terpandang. Jadi tolong ... perempuan dari keluarga rendahan seperti kamu jangan berharap bisa bersanding dengan keluarga terhormat."
Brak!
Giliran gue yang nggebrak meja. Kesabaran gue udah abis tak bersisa. Mumpung café juga lagi sepi, jadi nggak ada yang tau kelakuan gue ini.
Silakan hina gue, tapi jangan berani-berani hina keluarga gue!
"Jaga mulut Ibu!" Gue ngomong sambil berdiri. Telunjuk gue nunjuk-nunjuk mukanya yang merah nahan amarah. Masa bodoh mau dibilang nggak sopan. Gue udah terlanjur emosi. "Jangan pernah hina keluarga saya!"
Dia ikutan berdiri. "Kamu nantangin saya?"
"Iya. Kena—"
"Ada apa ini?"
Gue langsung ngelirik ke kanan. Siapa orang yang udah motong omongan gue? Nggak tau apa kalo gue mau ngamuk?
Pak Sagara? Kenapa dia mesti ada di sini sih? Mana pake ikut campur lagi. Gue kan jadi malu. Gue buang pandangan ke samping kiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
Katalog Prolog
ChickLitKumpulan semua prolog dari cerita yang sudah selesai saya tulis atau yang akan saya rangkai. Selamat memilih. Ada juga cerpen yang bisa menemani kalian menghabiskan waktu senggang.