4. INSPIRASI DAN JIPLAK ITU BERBEDA YA ADICK-ADICK

3 0 0
                                    

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Nah, ini merupakan karakter anime yang sama-sama terkenal

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Nah, ini merupakan karakter anime yang sama-sama terkenal. Tapi yang diatas jauh lebih terkenal, meskipun ada anime baru. Sebab konspirasi dalam NARUTO itu sangat banyak. Makanya masih digemari sampai sekarang.

Kita membahas ke dua anime ini dari sudut pandang para penulis, terkait maraknya kasus plagiat berkedok inspirasi.

Bahkan paling menyebalkan berujunh pada collabe. Inilah yang paling menjengkelkan. Ujung-ujung si penulis original yang rugi. Ini gue kesal sih. Pernah gue ketemu sama plagiator cerita lain disebuah grup, di mana dia bangga banget mempromosikan karyanya, terus ada yang ngomen:

"KAMU NGEJIPLAK KARYA AKU. SOALNYA AKU DULUAN YANG POSTING ATAU PUBLISH CERITA ITU"
Lalu plagiator dengan entengnya bilang
"Maaf kak, aku terinspirasi sama kakak. Makanya aku ubah dikit aja. Maaf ya kak. Gimana kalau kita COLLABE"

Kalau gue jadi si penulis ori, si plagiator itu gue penjarain tanpa ampun. Kalau perlu, gue pergi ke Gramedia atau toko buku lain yang jual cerita yang dia jiplak, gue bakal sampai perusahaan itu menuntut ganti rugi ke dia. Apa gue kejam? No guys. Gue cuman minta hak gue disitu karena dia udah  mengambilnya.

Gue pernah ketemu sama plagiator cerita lain yang menyalahkan si penulis ori, dan ini sering gue temukan di Facebook. Terutama ibu-ibu yang tidak tau diri, dan para bocah dengan entengnya minta maaf.

Si penulis ori, dia menangis karena sudah banyak waktu yang terkorbankan, tiba-tiba cerita dia dijiplak.

"Salah sendiri kenapa posting di facebook"

Gue balas:

"Salah sendiri kenapa otak lo bodoh. Lo sering remedi ya pas sekolah? Lo sering nyontek ya pas di sekolah?"

Eh, dia mengamuk saudara-saudara pas gue balas komenan kaya gitu. Lalu dengan kesempatan itu gue serang pribadinya, bahwasannya ini orang tolol.

Intinya jangan mau lu diajak duet  sama si plagiat. Jangan kasih celah! Kalau perlu rampas uang yang dia peroleh sebangkrut-bangkrutnya. Kenapa gue bisa sekejam ini? Karena gue tau gimana susahnya bikin karya yang original.

Kita mengorbankan banyak hal untuk menggapai impian kita. Tiba-tiba ada yang menjiplak karya kita tanpa izin dengan berkedok inspirasi.

Inspirasi itu bukan menjiplak keseluruhan cerita. Inspirasi itu di dapat ketika lu menemukan sesuatu yang rasanya menarik, dan berkesan bagi lu. Bisa itu film, tempat yang lu kunjungi, kebiasaan masyarakat, budaya, sejarah, mitos, kasus dan berbagai macam pengalaman unik lainnya yang lu jadikan cerita .

Inspirasi itu didasari oleh rasa terilhami akan sesuatu hal. Sehingga lu tertarik menjadikannya sebuah cerita.  Cerita yang di landasi atas dasar inspirasi itu punya world building-nya sendiri.

Inspirasi tak hanya di dasari oleh ketertarikan akan sesuatu hal saja, tapi juga di dasari oleh alasan apa penyebab, dan kenapa bisa.

Misal seperti J.K Rowling. Menurut beberapa sumber, dia membuat cerita HARRY POTTER terinspirasi ketika dia naik kereta.

Terinspirasi lewat mimpi seperti Stephani Meyer dalam karangannya yang berjudul TWILIGHT.

Terinspirasi dari anime terkenal, BLACK CLOVER dengan NARUTO. Sifatnya mirip, tapi aspek lainnya berbeda jauh karena dua cerita ini mendeskripsikan latar belakang yang berbeda. NARUTO adalah cerita bersetting fantasi, sihir, ninja dan martial arts. Sementara BLACK CLOVER menceritakan tentang fantasi murni. Tapi memiliki tujuan yang sama. Dari segi alur berbeda juga.

HUNGER GAMES,  menurut beberapa informasi terinspirasi dari TWILIGHT. Bedanya, HUNGER GAMES itu jatuhnya kepada genre Sci-Fi+Futuristic+action+fantasi+thriller+romance. Sementara kalau TWILIGHT itu fantasi+romansa+vampire. Inilah yang dimaksud dengan inspirasi. Berbeda dengan jiplak atau plagiat.

DETEKTIVE CONAN dengan SHERLOCK. Sama-sama menceritakan tentang kehidupan para detektive, tapi beda alur, latar belakang dan juga tempat.

Kalau Plagiat,  itu semuanya lu salin hanya yang di ubah nama, waktu, tempat.

Lalu apa bedanya dengan adaptasi?

Nah, lu juga sering dengar tentang ini jugakan?  Banyak orang menyebutnya terinsplagiat (ini kosakatan dari mana lagi?)

Adaptasi adalah kita memakai karya orang untuk dijadikan sebuah film atau drama, dengan membayar kesepakatan royalti terhadap si pengarang. Artinya sudah ada izin yang sah disana.

Misalnya seperti Hana Yori Dango dengan Boys Before Flowers, Meteor Garden Itu hak ciptanya di beli.

Kalau plagiat, lu mau memakai karya orang untuk sebuah film atau drama, tapi tidak memiliki  izin lantaran lu gak bayar royalti kepada si pengarang asli. Makanya jatuhnya plagiat. Jadi plagiat sama Inspirasi itu beda.

Hastag Secangkir Kopi(Obrolan Hangat Dalam Fenomena Dunia Kepenulisan)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang