Buat kalian yang ingin membuat genre yang berlatar belakang
I-sekai, kalian wajib tau apa itu artinya.Genre ini merupakan sub atau peranakan dari genre fantasi. Merupakan aliran fantasi di mana sang tokoh utama masuk dalam dunia lain.
Kalau dalam anime, itu biasanya karakter utamanya nanti bakal ada yang tertabrak mobil, kemudian mereka terdampar dalam dunia lain dengan kekuatan yang lebih over power.
Sebenarnya genre Isekai itu sudah ada sejak zaman dulunya. Salah satunya adalah seri Narnia, yang dikarang oleh C.S LEWIS. Ada adegan isekai masuk lemari, masuk ke stasiun, hingga lukisan terciprat air laut, di mana kamar milik Eustace akhirnya banjir bandang, dan tiba-tiba pada saat berenang sudah ada kapal yang berdiri ditengah lautan.
Buat yang percaya sama tulisan ini, terserah. Kalau tidak percaya juga terserah, karena tulisan ini berdasarkan keyakinan masing-masing.
A. Isekai yang sebenarnya.
Sebelum materi ini di bahas kita mengenal dulu apa itu Isekai. Isekai kalau di dalam kamus bahasa Jepang yaitu singkatan dari I-kotonaru Sekai, yang artinya dunia lain. Genre ini biasanya muncul sejak anime Jepang mulai booming kembali. Biasanya alur awalnya ditandai dengan sebuah kecelakaan, atau memasuki portal. Ada cerita masuk ke dalam dunia fantasi, ada yang balik ke masa lalu.
Ada banyak anime yang menampilkan adegan Isekai. Salah satunya adalah Naruto, pada episode ia terjebak dalam Mugen Tsukoyomi, Konosuba, Sword Art Online dan anime lainnya.
Kalau dalam perfilman Amerika itu ada Narnia, dan Alice in Wonderland. Di mana dia akan memasuki portal tertentu. Kalau perfilman barat, biasanya karakter utama masuk ke dunia lain, karena dia terpilih untuk masuk ke sana dalam rangka menyelesaikan masalah yang ada di dalam dunia tersebut.
Kalau Narnia, di mana ke 4 kakak adik tersebut terpilih lantaran ada sebuah ramalan, akan ada 4 orang anak dari keturunan Adam akan datang menyelamatkan wilayah Narnia, dari serangan ratu putih. Sementara Alice terpilih dalam rangka menyelesaikan sengketa antara ratu putih dan ratu merah.
Jadi mereka seakan ditunjuk untuk menyelesaikan masalah tersebut.
1. Bagaimana isekai di dunia nyata?
Isekai, di dunia nyata kebanyakan dialami oleh para pendaki gunung, atau salah satu makhluk tertarik dengan mereka.
Sebelum mereka masuk ke sana, berdasarkan pengalaman horor yang sering di tampilkan dalam beberapa youtuber, mereka akan menemukan sebuah pusaran yang akan menarik mereka ke sana. Ada juga yang mengalami kesurupan terlebih dahulu.
Tak hanya itu saja, mereka akan merasa tersesat dan berputar-putar di area itu saja seperti tidak ada jalan keluar. Umumnya, yang tersesat ini mereka di tarik karena mereka memiliki perlaku yang tidak sopan.
Dosen gue, pernah bercerita bahwa senior gue waktu itu mengadakan penelitian terkait warga bunian. Bunian ini merupakan dunia paralel yang amat terkenal. Ketika ia melakukan penelitian, dosen dan senior gue, masuk lewat perantara paranormal. Setelah dia masuk, senior gue ini kesurupan terlebih dahulu. Baru dia masuk ke dunia tersebut. Sehabis balik dari wilayah itu, senior gue menceritakan apa yang dia lihat.
Bahwa makhluk bunian itu cantik-cantik, serta peran mereka selang-seling. Yang tua jadi muda, yang muda jadi tua. Mereka memiliki wajah yang rupawan, dan badan yang kelap-kelip bersinar bagaikan seorang dewi.
Dia menemukan berbagai macam suku. Ada makhluk yang muncul dari tanah, ada juga suku penempa pedang. Pengalaman ini memang rasanya tidak mungkin terjadi. Gue yang dengarnya saja sampai gak percaya dengan pengalaman dosen gua tersebut.
Ada juga pengalaman lain dari teman gue, disalah satu grup literasi besar di facebook, bahwasannya tantenya ada yang nikah sama penduduk sana, sampai-sampai dia gak balik lagi. Dan untuk mengirimkan kabar, biasanya mereka menyelipkan emas di bawah kasur.
Masih ingat dengan seorang wanita yang hilang di kota SARANJANA? Rhoma Irama yang bertemu dengan daerah PADANG 12? Itu membuktikan dimensi itu ada. Bahkan keadaannya lebih canggih dari tempat manusia itu tinggal.
Bahkan di beberapa channel youtube, mereka membagikan pengalaman mereka mendaki gunung. Mereka merasa bahwa semuanya tersesat hanya beberapa hari saja. Ternyata mereka menghilang selama 3 bulan.
Di dunia lain dengan dunia manusia memiliki perbedaan waktu yang sangat berbeda. Beberapa menit saja di dunia nyata, pada saat mereka balik ke dunia nyata ternyata mereka menghilang selama 7 hari. Di channel Hirotada Radifan, salah satu acara TV terpaksa di hentikan lantaran salah satu diantara mereka sudah terdampar di dunia lain.
Perbedaan dimensi waktu antara dunia manusia dan dunia ghaib (lain), itu berbeda jauh. Beberapa menit didunia manusia bisa mencapai 7 hari disana. 3 hari saja serasa 3 bulan. Bahkan 3 bulan balik ke dunia manusia sama dengan 13-14 tahun. Karena ada kasus lain, seorang pendaki wanita yang menghilang beberapa tahun. Padahal dia merasa sudah 3 bulan disana. Anehnya dia waktu itu meminta pinjam hp BB. Tambah mengerikan bukan?
Jika kalian ingin mengambil refrensi dalam tulisan ini silahkan. Tapi jika tidak percaya itu tergantung pada urusan kalian masing-masing.
KAMU SEDANG MEMBACA
Hastag Secangkir Kopi(Obrolan Hangat Dalam Fenomena Dunia Kepenulisan)
De TodoIni adalah isi opini gua terkait dengan dunia ke penulisan yang biasanya gue tulis dalam grup IMPNEM. hastag secangkir kopi, adalah Hastag yang gue pakai untuk menulis pendapat gua dan sudut pandang orang lain juga terhadap fenomena yang terjadi di...