FENOMENA VISUAL CAST DAN KASUSNYA
Kalian pasti sering ngelihat novel ada gambarnya sebagai pembuka?
Misalnya kalian memasang wajah LIN YI, lalu kalian jadikan peran bayangan sebagai Andi, di dalam cerita yang kalian buat. Kita bahas bagaimana asal muasalnya kenapa pemakaian visual ini.
APA GUNANYA VISUAL CAST?
Kita balik ke zaman tahun 2014 ke bawah, dimana pengguna android masih sedikit. Zaman-zaman blog, ao3, wordpress, dan masih banyak lagi. Dulu, orang bisa menggambarkan secara gamblang seperti apa ciri-ciri fisik seseorang. Misalnya tokoh Fahri dalam "Ayat-Ayat CINTA". "Pria seperempat baya, terkesan biasa saja, namun dia terlihat sangat berkharisma di mata para wanita Mesir, dan beberapa mahasiswa lainnya" Seperti itulah para penulis dulunya menggambarkan perawakan seseorang.
Fenomena visual cast ini mulai marak sejak tahun 2017. Di mana, membantu para penulis yang katanya amatir dalam menggambarkan fisik karakternya. Dengan harapan, karya mereka bisa terkenal dan pemainnya juga sama persis dengan foto yang mereka pajang pada prolog cerita mereka.
Visual cast, dulunya terkesan dipakai tidak menistakan seseorang. Benar-benar murni membantu mereka, dalam mengeluarkan imajinasinya secara gamblang. Namun sesuatu hal yang tidak di inginkan terjadi. Ternyata memasang foto artis sebagai pendukung cerita mereka, mulai terusik lantaran adanya pelanggaran hak ciptanya.
Setiap foto yang dipakai tanpa izin, ada hak ciptanya. (Nanti setelah ini saya akan membahas soal hak cipta).
KASUS "ICHARUS HAS FALLEN"
------------------------------------------------------------------------------------Apakah sebagian kalian pernah membaca kasus ini? Ini pernah di diskusikan digrup ini, bahkan mereka taunya dari twitter gara-gara pihak dari Korea tidak menerima idol mereka dinistakan. Waktu itu, penulis dari ICHARUS HAS FALLEN memasang foto Jaehyun dengan seragam tentara Jerman (PD1) yang menyebabkan pro dan kontra. Malah dikenai sanksi karena dia memasang foto tanpa izin dari si pemilik foto.
Tak hanya itu, konon katanya dia juga sedikit melakukan melakukan manipulasi terhadap sejarah penduduk Jerman. Serta tidak melakukan research pada ciri-ciri fisik orang Jerman itu seperti apa. Malah mengambil rujukan salah satu member
Lalu dampak dari semua itu, dia tidak jadi menang dalam runner UP The WATTY'S waktu itu. Serta kabarnya hadiahnya terpaksa ditarik. Padahal dari segi kepenulisan dia yang paling rapi.
KASUS JEFF MOSES DAN LIN YI.
------------------------------------------------------------------------------------Jeff Moses dan Lin Yi pernah dipakai dalam suatu cerita. Saya lupa judulnya apa, tapi waktu mereka ini ada yang ditangisi. Satu Lin Yi dalam karakter yang dijadikan VC, dibikin K.O. Sehingga mereka tidak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang bukan. Tak hanya itu Jeff Moses juga terkena pele-cehan secara verbal, gara-gara salah satu penulis memakai fotonya. Bahkan ada anak SD yang minta dinikahi sama Jeff Moses (Hadeuh). Lewat ig officialnya, sedih juga. Paling parahnya mereka tak segan-segan bilang "rahim ku ter-bakar mas(sebenarnya 'anget')".
APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA TETAP INGIN MENGGUNAKAN VISUAL CAST?
1. Alangkah baiknya kalian menggambar sendiri visual cast kalian. Jika tidak bisa, minta sama teman yang bisa menggambar agar bebas dari hak cipta.
2. Minta izin kepada si pemilik foto. Jika kalian sudah mendapatkannya, maka pergunakanlah kalau bisa pada alur yang baik. Jika kalian tidak bisa mendapatkannya, jangan di pakai. Hormati privasi mereka. Dan jangan menistakan mereka.
KAMU SEDANG MEMBACA
Hastag Secangkir Kopi(Obrolan Hangat Dalam Fenomena Dunia Kepenulisan)
RandomIni adalah isi opini gua terkait dengan dunia ke penulisan yang biasanya gue tulis dalam grup IMPNEM. hastag secangkir kopi, adalah Hastag yang gue pakai untuk menulis pendapat gua dan sudut pandang orang lain juga terhadap fenomena yang terjadi di...