Namanya Ayden Lintang Adi Nelson. Biasa di panggil Ayden, tapi kalau keluarga nya manggil dia pake nama tengah, Lintang. Cowok dengan tinggi 170 cm itu punya tampang yang biasa biasa aja, gak ganteng ganteng amat tapi gak jelek juga.
Bahkan kata mamah nya kalau wajahnya itu cenderung ke manis. Ayden mau protes tapi gak bisa karena itu emang kenyataan, gak jarang orang orang ngira dia cewek mana di dukung sama tutur kata nya yang sopan karena ajaran keluarganya.
"IH MAH LIAT DEH TAY TAWAN GANTENG BANGET."
"IYA IH NYUWI NYA JUGA LUCU."
Ayden yang baru bangun dan mau turun buat sarapan langsung kaget denger teriakan kakak sama mamahnya.
Hari ini weekend jadi mereka berdua pasti dirumah. Gak heran kalau sepagi ini keadaan rumah udah heboh banget.
"Eh! Lintang udah bangun nak? sini."
Ayden yang mau belok ke dapur langsung balik badan ke ruang keluarga pas mamah nya manggil.
"Ini susunya minum dulu nanti dingin."
Ayden mengangguk, dia ikut duduk di sofa samping mamahnya yang lagi heboh ngeliatin tablet kakaknya. Entah apa yang mereka liat yang jelas kalau heboh gini, pasti lagi ngeliatin kapal homo.
Ayden udah hafal.
"Cari yang scene ciuman coba, yang di kolam itu"
"Bentar mah kita cari scene yang hot"
Ayden geleng-geleng denger percakapan dua wanita itu. Dia sudah biasa ngeliatnya, bahkan mamah dan kakaknya itu sering nonton perhomoan nya di tv ruang keluarga yang segede gaban itu.
Gak ada yang berani ngelarang, papah nya? dia gak masalah istri sama anaknya mau ngapain asal mereka bahagia, prinsip nya jangan sampai kelewat batas aja.
"Kak, ini novel siapa?" tanya Ayden pas ngeliat satu novel di atas meja. Sampulnya sih keliatan gak mencurigakan, alias gak ada unsur homo nya.
Ayden bukan homophobic kok cuma gak minat aja baca novel homo.
"Punyaku." Jawab kakaknya, Ellen
"Pinjem ya." Ayden kabur ke kamarnya pas dapet izin dari kakaknya itu.
Dia mau fokus baca, kalau disana yang ada di gak fokus denger teriakan mamah sama kakaknya itu.
•••••
Sebenarnya Ayden cuma iseng minjem novel kakaknya karena gabut weekend gak kemana-mana. Tapi Ayden gak nyangka novel yang dia kira normal itu ternyata novel homo.
Seharusnya Ayden gak aneh sih soalnya kakaknya itu kan bandar novel homo. Sahabatnya yang fujo akut itu bahkan pesen novel kayak gitu lewat kakaknya.
Awalnya Ayden cuma baca sinopsinya aja, novelnya bercerita tentang kisah cinta Guntur dan Ezra yang tidak direstui sama orang tua nya Guntur karena perbedaan kasta, bisa di bilang Ezra ini dari keluarga yang biasa biasa aja.
Cerita yang klasik menurut Ayden, tapi pas dia coba baca pertengahannya ada satu nama tokoh figuran yang sama kayak nama depannya, Ayden Putra Bimantara.
Ayden jadi penasaran, jadi dia mulai baca dari awal. Tapi sayang nya pas tengah tengah cerita si Ayden nih meninggal gara gara salah paham si pemain utama Ezra, dia nuduh Ayden yang masukin racun ke minumannya, padahal Ayden juga di jebak sama kakak nya si Guntur buat masukin racun ke minuman Ezra. Guntur yang gak terima kalau kekasihnya masuk ke rumah sakit hingga koma jadi dia nyuruh bawahannya buat bunuh si Ayden dan buang mayatnya ke sungai.
Gak ada yang tau Ayden mati karena apa, semua orang ngira kalau dia diculik dan di bunuh sama pelaku nya. Pelaku yang asli? oh tentu saja dia hidup bahagia sama si Ezra setelah akhirnya dapet restu dari keluarga nya.
Cih, Ayden kesal.
"Bejat." Ayden melempar novel itu ke lantai, tidak sopan memang tapi Ayden sudah terlanjur kesal. Dia jadi ikutan sedih, berasa dia yang meninggal.
Mentang-mentang cuma tokoh figuran, seenaknya aja ngebuat Ayden meninggal dengan tragisnya.
"ADEK! LINTANG, SINI TURUN KITA MAKAN DULU."
Ayden menetralkan nafasnya yang memburu karena kesal, dia keluar dari kamarnya kemudian turun lewat tangga ke lantai satu.
Karena tidak fokus, kaki Ayden salah memijaki anak tangga hingga kehilangan keseimbangan dan jatuh terguling ke bawah. Sakit sekali, itu yang Ayden rasakan, matanya terasa berat, telinga nya berdengung yang terakhir dia ingat kepalanya bersimbah darah dan suara teriakan mamah nya sebelum semuanya gelap kemudian Ayden kehilangan kesadarannya.
•••
TBC
KAMU SEDANG MEMBACA
FIGURAN?
Genç KurguAyden itu figuran tapi kok jadi gini? • • • • content homo so homophobic don't interac