Heru ngegeleng. "gua baru kenal belum lama, dia nolongin gua sehari setelah gua di pecat."
Gibran ngerutin kening." kok dia bisa nolongin lo? Emang lo kenapa?"
Heru ngegaruk leher malu. Sebenarnya dia bingung, kalau cerita yang susungguhnya takutnya malah nambah pikiran temen-temennya. Jadi lisan itu tanpa sadar berbohong.
"itu.. Gue ngga sengaja ke injak tali sepatu pas di tangga, jadi hampir koit. Nah si ray itu yang megangin gua, makanya ngga jadi koit. Kalau ngga, hari ini mungkin kita ketemunya ngga di sekolah, tapi di pemakaman umum."
Plak
"ADUH!!"
"Goblok banget sih lo, makanya jalan pake mata kepala jangan pake mata kaki!"
Itu gibran btw. Emang ngga ada akhlak, tapi tenang aja itu geplakannya pakek cinta kok.
"terus kok lo bisa di tawarin kerja sama dia?"
"itu juga yang bikin gua bingung, dia ngajak gua duduk bentar habis itu ngasih gua permen. Sebelum pergi, tuh anak suruh gue nemuin dia besoknya di rooftop kalau masih belum dapet pekerjaan juga. Gua sampe heran, tuh anak tau dari mana coba kalau gua habis di pecat?"
"kenapa kek dukun dia."
Yogi terdiam, jadi teringat perkataannya bang irwan sebelumnya.
.
Itu terjadi kemarin dulu, saat bang irwan datang ke kafe di tengah malam ketila kafe akan tutup, kemudian menginap di kafe. Bang irwan biasanya akan duduk di lantai atas di balkon kalau dia ada di kafe, tapi seharian itu dia mengurung diri di ruangan kamarnya.
Yogi bertanya, bang fahri bilang kayanya lagi ada masalah. Jadi pas malem dan semua karyawan pulang, yogi yang jadi pulang terakhir itu tiba-tiba ngeliat bang irwan turun dari lantas atas, terus minta di bikinin milktea. Mereka jadi berakhir duduk di depan meja resepsionis sambil ngobrol tentang kafe, sampe yogi nanya.
"lo lagi ada masalah ya bang?"
Terus bang irwan ketawa pelan, "lo tau apa masalah gua?"
Yogi nggeleng dong, lagian mana dia tau. orang ngga pernah di kasih tau.
"biasanya kalau ada ray, dia bisa langsung tau masalah gua. Sayang banget, ini tanggal 11, ray ngga bakal masuk kerja paling lama seminggu."
"kenapa ray ngga masuk kerja bang?"
"oh itu, dia sakit. Tuh anak jarang banget sakit, tapi sekalinya sakit pasti opname. Paling ngga seminggu baru sembuh".
"tadi lo bilang ini tanggal 11, emang kenapa sama tanggal sebelas?"
Bang irwan diem bentar, habis itu ketawa pelan. "gua juga ngga tau kenapa sama tanggal 11. Cuman si ray selalu sakit tiap tanggal 11 bulan ini, gua aja belum tau alasannya sampe sekarang. Gua cuman tau seperempat kehidupannya ray, belum semuanya. Tapi ngga tau kenapa, tuh anak masih aja jadi kesayangan gua."
Yogi diam sangat lama, pantas saja tidak ada yang heran atau bertanya apapun pas ray ngga dateng ke kafe.
"ray itu... Kaya apa sih bang?" tanpa sadar pertanyaan itu ke-ucap dari yogi, manusia kulkas 3 pintu yang sebenarnya hampir tidak pernah memperdulikan orang lain.
Bang irwan menerewang seolah membayangkan sosok ray.
"Ray itu, manusia paling peka yang pernah gua temuin. Ngga tau gimana caranya, dia selalu tau apa yang lagi bebanin pikiran gua kalau gua lagi stress. Entah itu masalah pekerjaan ataupun masalah keluarga, kalau tiba-tiba tuh anak nanya 'lo lagi ada masalah ya bang-' tak! Pas itu, dia pasti udah tau sesuatu. Lo bilang, tuh anak ajaib apa enggak?"
KAMU SEDANG MEMBACA
SINGING ON THE SCHOOL ROOFS
Teen FictionKisah Hidup Para remaja yang Penuh lika liku kehidupan. Hidup remaja yang penuh petualangan dan mengenal berbagai macam sisi gelap Kehidupan sosial. Mereka berusaha sekuat tenaga menekan hati dan pikiran mereka demi nemenuhi ekspetasi keluarga dan o...