30. Kadang Bertanya Lebih Baik Daripada Hidup Tanpa Tau Apapun

124 25 0
                                    


Hari mulai sore, dan jam menunjukkan pukul 16:32 sore. Ray berjalan beriringan sama jay yang sibuk berbicara di sampingnya. Keduanya berjalan melewati koridor panjang menuju pintu utama rumah sakit, nganterin si jay yang mau balik.

"eh, lo jangan lupa besok sekolah. Gue tunggu di gerbang, jangan sampe terlambat. Mang asep udah kangen noh sama lo, udah berapa hari lo ngga masuk si mamang keknya lesu banget."

Ray ngangguk doang. "titip salam."

Jay noleh, ngeliat ray yang masih ngeliat lurus ke depan. "titip salam sama siapa? Gue kenal?"

Ray ngelirik jay sambil senyum tipis dengan Ekspresinya yang keliatan santai.

"mang asep, jay. Kan lo ngomongin mang asep."

Jay pasang muka canggung, iya juga ya. Kesannya si jay kek orang bego gitu. Ray di sampingnya tetep santai sama sekali ngga ngerasa si jay bego, cuman si jay aja yang nganggep dirinya kek gitu. Si ray mah ngerti, dia udah ngeliat beberapa orang yang kadang lemot dulu kalau ngomong sama dia. Keknya si ray lumayan sadar diri kalau dia ngomong itu emang bikin orang agak lemot.

"tapikan besok lo sekolah."

ray ngangguk."misalnya lo dateng lebih pagi dari gua."

"o-oh. Ya udah ntar gua sampein, lo balik aja, gua bisa sendiri."jay buru-buru mempercepat langkahnya meninggalkan ray yang diam saja.

"balik sana, gua tunggu di sekolah besok!".jay menoleh ke belakang sambil masih berjalan.

Ray merhatiin diam-diam takutnya si jay ngga sengaja nabrak orang. Dari cara jalannya aja nih orang agak ngga seimbang, bikin ray Agak ragu. tapi keknya si jay mesti di ingetin nih jangan sampe nabrak, apalagi nabrak pasien. Jadi cowo itu buka mulut, baru aja dia ngomong, "liat jalan-...?!"

Brukk

Ray langsung di buat tertegun, melihat jay tak sengaja terjatuh tersandung kakinya sendiri. Jay segera bangkit dengan cepat dan berjalan setengah lari keluar dari pintu utama rumah sakit, meninggalkan ray yang hanya bisa menggelengkan kepalanya dengan senyum tipis di sudut bibirnya.

Sepertinya ray yang terlalu khawatir, jay tidak akan menabrak orang atau pasien. Karna dia akan jatuh terlebih dulu karna tersandung kakinya sendiri sebelum itu terjadi.

Tanpa sadar ray memasukkan kebiasaan buruk yang lucu dari jay ini ke dalam ingatannya, dan melupakan apa yang di katakan pikirannya ketika jay pertama kali mengajaknya berteman.

Ketika kau mulai menyimpan kebiasaan kecil seseorang, kau akan tanpa sadar membuka sedikit celah di hatimu untuk orang itu.

.
.
.

Ray berjalan pelan menyusuri trotoar menuju sekolahnya. Kek biasanya nih anak bangun sebelum di bangunin ayam tetangga, rasanya tuh ayam pengen protes kalau bisa. Ngga ada gunanya dia berkokok yang lain masih aja molor mulu, yang ingat sholat shubuh cuman beberapa orang aja.

Ray jalan sambil ngeliatin sekitar, maklum sepi orang dianya yang hobinya kepagian kalau mo berangkat. si mang asep aja mengakui kalau si ray ini kelewat rajin.

"aduh!"

Ray noleh, ngeliat di depan sana ternyata ada anak sekolah juga. Seorang siswi yang ngga sengaja kesandung kakinya sendiri keknya. Lagian di atas trotoar ini sama sekali ngga ada batu, si ray tiap hari nendangin itu batu ke pinggir soalnya.
Ray pikir dia udah paling pagi, ternyata ada yang lebih pagi dari dia.

Cowok itu ngerutin kening, dalam hatinya ngomong.

'ada orang yang lebih aneh dari gue.'

Ya gimana ngga aneh, normalnya anak sekolah itu suka dateng mepet sama bel masuk, kalau nggak ya terlambat. Kalau bukan karna bakal di hukum dan dicatat di buku sejarahnya guru bk.
terus tinggal Menunggu di sampaikan kepada orang tua murid yang sudah hapal luar dalam prestasi apa lagi yang tiap semesternya anaknya torehkan di buku sejarah guru bk itu, siapa sih yang nggak suka leyeh-leyeh dulu nyantai di rumah?

SINGING ON THE SCHOOL ROOFSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang