10

4 2 0
                                    

10

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

10. keputusan kelulusan

"ntah takdir tuhan seperti apa yang akan aku jalani hari ini, esok dan seterusnya, tugas kita adalah menerimanya dan bersyukur"

_Asyifa khoirunisa Al-husain_

🍁🍃

hari ini Syifa kembali masuk kesekolah untuk melihat hasil kelulusannya dan sekaligus untuk menentukan kapan dan hari apa mereka akan melaukan kelulusan.

ia kembali bertemu dengan sahabat sahabatnya obrolan obrolan yang receh terdengar dari mereka, namun pasti ada terselip hal yang bisa di ambil dari obrolan mereka.

di bangku yang Syifa dudukin kini sudah berkumpul Salsa, Syahra dan Bela, dengan menceritakan masa masa di hari liburnya mereka.

"Syif, gimana kalo kita melakukan sesuatu tapi dengan niatan ingin di sanjung oleh orang lain atau orang yang melihat?" ucap Bela.

"itu termasuk perbuatan riya Bel" jawab Syifa

"perbuatan riya? maksudnya tuh kaya gimana?" ucap Bela yang masi kebingungan

"maksudnya tuh gini, contohnya kamu melakukan sedekah agar teman mengiranya kamu orang yang dermawan, atau misalkan kita sholat di tempat umum nih trus kita sangat khusyu agar orang ngira kita itu orang yang sholeh padahal jika di rumah tidak seperti itu, itu termasuk riya Bel" jelas Syifa.

"trus kalo sudah terkena riya itu bagaimana" ucap Bela

"bahaya Bel, bukannya kita dapat pahala dan ridho-nya, kita malah akan mendapatkan dosa, Allah akan meninggalkan kita dengan pujian yang kita harapkan itu" bukan Syifa yang menjawab melainkan Syahra.

"hah, gimna bisa Allah meninggalkan hambanya" tanya Bela

"iya Bel, dalam hadis riwayat muslim, shahih muslim hal 223, no. 7666, "Allah tabaraka wa ta'ala berfirman, aku tidaklah butuh adanya tanding-tandingan. barangsiapa yang mengerjakan suatu amalan dalam keadaan menyekutukan aku dengan selain aku, maka aku akan meninggalkan dia dan perbuatan syiriknya itu" penjelasan Syifa dan memberitahukan hadistnya pada Bela.

"owh kya gitu ya, tapi tidak semua perbuatan bisa kita anggap riya kan?" ucap Salsa

"iya tidak semua, bagaimana seseorang itu niatnya untuk apa, karna kita harus ingat bahwa riya itu adalah dosa batin, seperti itu" ucap Syifa yang menjelaskan apa yang ia tahu pada sahabatnya.

"kaya gitu ya Syif, oke oke aku paham sekarang makasi ya" jawab Bela yang di balas anggukan oleh Syifa

tidak lama ada seorang guru masuk dan mengumumkan pada mereka bahwa wisudaan kelulusan mereka akan di laksanakan di bandung pada hari kamis minggu ini, dan sebelum itu masing masing dari mereka sudah di nyatakan lulus.

GARIS TAKDIR ASYIFATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang