Inikah Dunia? by Fitriyana_ilmi

1.2K 45 4
                                    

Heal the World by Michael Jackson

• • •

Inikah dunia yang banyak orang bangga-banggakan? Inikah dunia yang banyak orang agung-agungkan? Inikah dunia yang banyak orang puja?

Mereka terlalu terlena dengan apa yang ada di genggamannya. Mereka terlalu buta untuk bisa melihat apa yang ada di sekitarnya dan hanya bisa memikirkan apa yang menjadi ambisi masing-masing.

Tidak adakah satu pun dari mereka yang mau atau mungkin sekedar memikirkan kondisi di sekitarnya? Yah, seperti kataku tadi, mereka sudah terlena dengan apa yang telah dimiliki hingga menjadikannya buta pada apa yang terjadi di sekitar.

Jangankan memikirkan keadaan di sekitarnya, untuk melirik saja mereka ogah. Sekali lagi kutanya, inikah yang namanya dunia?

Seorang gadis remaja dengan usia berkisar 17-an menutup buku yang beberapa bulan terakhir selalu menemaninya. Dia menghela nafasnya berat, "Ini tidak akan pernah berakhir." Gadis itu melanjutkan perjalannya sembari menatap ke sekeliling.

Mereka acap kali mengeluh mengharapkan dunia yang damai tanpa perpecahan. Tapi, apa mereka sadar? Apa mereka sadar siapa penyebab semua kekacauan ini? Jika boleh kujawab, maka jawabannya adalah kita sendiri.

Mereka mengharapkan perdamaian, mereka menginginkan kehidupan yang tenang. Tapi apa? Mereka sendiri yang menciptakan perpecahan, mereka sendiri yang membawa kehancuran.

Gadis itu menatap sekitarnya sendu. "Memang tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, tapi ... ah, lihatlah di sana!" ujar gadis itu pada dirinya sendiri.

Sekali lagi untuk ke sekian kalinya, inikah yang namanya dunia?

Biar kuberikan sedikit contoh kecil. Mereka membiarkan seorang anak kecil dengan baju lusuh dan compang-camping di sana-sini dan hanya melewatinyaa tanpa sudi untuk melirik. Apa itu dunia yang kalian banggakan?

Dan lihatlah, seseorang dengan santainya membuang makanannya tepat di depan anak kecil tadi. Bukankah lebih bagus jika dia memberikan makanan itu kepada anak kecil di sebelahnya?

Untuk yang terakhir kalinya aku bertanya, inikah dunia kebanggan kalian?

Gadis itu menyimpan buku yang berisi kekecewaannya pada dunia yang penuh dengan egoisme dan ketidakadilan. Dia melanjutkan perjalanannya dengan kepala menunduk dan memikirkan tentang tempat yang saat ini dia serta orang-orang lain tinggali.

"Setidaknya jika memang kalian mengharapkan perdamaian dunia, kenalilah dulu apa itu cinta yang tulus. Dengan begitu, kalian akan tahu apa itu makna perdamaian yang kalian impi-impikan itu."

• • •

There's a place in your heart
And I know that it is love
And this place could be much
Brighter than tomorrow

And if you really try
You'll find there's no need to cry
In this place you'll feel
There's no hurt or sorrow

There are ways to get there
If you care enough for the living
Make a little space, make a better place

[Heal the World - Michael Jackson]

• END •


Song Fiction : KemanusiaanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang