Episode 11

10 1 0
                                    

Dia berhenti sejenak, membiarkan momen ketegangan untuk membangun sebelum dia melanjutkan. "Kalian berdua akan tinggal setelah sekolah setiap hari selama seminggu. Kalian akan melakukan pekerjaan tambahan dan menyelesaikan tugas yang kalian lewatkan. Dan untuk memastikan kalian tidak akan malas, saya akan mengawasi kalian dengan ketat."

"Apa?!" Yn menggeram.

Tatapan Profesor Jeon menjadi keras mendengar omelannya. "Kamu mendengar saya. Pekerjaan tambahan dan tinggal setelah sekolah. Itulah satu-satunya cara untuk memastikan kalian menganggap tanggung jawab kalian dengan serius," jawabnya dengan tegas, nadanya tidak goyah.

Yn menggertakkan giginya, amarahnya nyaris tidak terbendung. Dia mengepalkan tangannya, buku-buku jarinya memutih. Memikirkan terjebak setelah sekolah dengan pekerjaan tambahan seperti menambahkan garam ke luka.

Profesor Jeon mengamati reaksi Yn, tatapannya tidak goyah. Dia tahu Yn tidak senang dengan hukuman itu, tetapi dia juga tahu itu perlu. "Ini bukan untuk diperdebatkan," katanya dengan tegas. "Apakah sudah jelas?"

Yn tidak menjawab, dia membuang muka. Lea menjawab. "Jelas, Profesor."

Profesor Jeon mengangguk menanggapi jawaban Lea, matanya kemudian kembali ke Yn. Dia memperhatikan penolakannya untuk menjawab, tatapannya dialihkan darinya. "Yn," katanya dengan keras. "Saya mengharapkan jawaban dari kamu."

"Jelas." Yn menjawab dengan enggan, dia menggerutu dalam hatinya, bersumpah untuk tidak membiarkan Jungkook menyentuhnya selama seminggu.

Profesor Jeon mengangguk, puas dengan jawabannya. "Bagus," katanya. "Maka sudah diputuskan. Kalian berdua akan tinggal setelah sekolah setiap hari minggu ini. Berada di sini tepat setelah kelas berakhir dan tinggal untuk semua tugas yang perlu kalian kejar."

__________________

Seminggu kemudian.

Akhirnya hukuman Lea dan Yn berakhir. Yn dan Lea berada di atap kampus. "Dia benar-benar menyebalkan!" kata Yn sambil mengunyah permen karet.

"Ceritakan saja," Lea setuju, memutar matanya. "Maksudku, dia agak berlebihan, menurutmu? Seminggu penuh tugas tambahan, serius?"

"Aku tahu, dan cara dia terus mengawasi kita seperti elang saat kita bekerja. Itu sangat menyebalkan," gerutu Yn, kekesalannya terlihat jelas. "Seolah-olah dia menikmati setiap detik penderitaan kita."

"Ya, dan apakah kau memperhatikan bagaimana dia selalu punya sesuatu untuk dikritik? Apa pun yang kita lakukan, itu tidak pernah cukup baginya," Lea ikut campur, berbagi rasa frustrasi Yn. "Seolah-olah dia hanya mencari alasan untuk membuat kita tetap di sana lebih lama."

Yn melipat tangannya. "Tapi aku puas karena aku tidak membiarkannya menyentuhku sedikit pun selama seminggu."

Lea meliriknya, senyum kecil bermain di bibirnya. "Oh, jadi kau sedang memainkan permainan cuek, ya? Bagaimana hasilnya untukmu?"

Yn mengangkat bahu, pura-pura acuh tak acuh. "Sebenarnya, cukup berhasil. Aku telah mengabaikannya sepenuhnya, hampir tidak mengakui keberadaannya. Dia pasti sudah frustrasi sekarang. Pantas saja dia menghukumku seperti itu."

Lea terkekeh. "Yah, aku harus mengakui, kau cukup keras kepala saat kau ingin. Aku yakin dia merasakan sengatan perlakuan cuekmu."

Yn melanjutkan percakapannya dengan Lea di koridor. Mereka bercanda dan tertawa.

Mereka berjalan melalui lorong, percakapan mereka dipenuhi dengan tawa dan candaan. Tiba-tiba, bayangan menaungi wajah para gadis. "Apakah kalian berdua bersenang-senang?" tanya suara berat itu.

Yn dan Lea berhenti di tempat mereka berdiri, langsung mengenali suara itu. Mereka mendongak untuk melihat Profesor Jeon berdiri di hadapan mereka, lengannya terlipat di dada yang lebar.

Terlepas dari kesepakatan mereka sebelumnya untuk mengabaikannya, mereka sekarang berhadapan muka dengan orang yang telah mereka coba hindari. "Ah, Profesor Jeon..." sapa Lea, mencoba mempertahankan nada santai, sementara Yn hanya mengepalkan rahangnya.

Yn tetap pada pendiriannya, dia berbalik dan berjalan pergi. Saat Yn mencoba berlalu, lengan Jungkook melesat keluar, tangannya menggenggam pergelangan tangannya, menghentikannya di tempat. "Tidak secepat itu," katanya, suaranya tegas tetapi terkendali. "Kita perlu bicara."

Yn memberontak. "Lepaskan tangan ku!"

Alih-alih melepaskan, genggaman Jungkook semakin mengencang, pandangannya menusuk. "Aku bilang, kita perlu bicara," ulangnya, kata-katanya mengandung nada otoritas.

Yn mencoba melepaskan pergelangan tangannya dari genggaman Jungkook, kekesalannya terlihat jelas. "Aku tidak ingin bicara denganmu," balasnya, suaranya penuh dengan kebengisan.

"Tidak peduli," balas Jungkook, tetap mempertahankan genggamannya, suaranya mantap dan tegas. "Kita akan berbicara, dan kau akan mendengarkan."

"Aku tidak akan mendengarkan apa pun yang ingin kau katakan!" Yn protes, masih berjuang melawan genggamannya.

Kesabaran Jungkook semakin menipis, genggamannya pada pergelangan tangannya kembali mengencang. "Kau sedang berperilaku seperti anak nakal," katanya sambil menggeretakkan gigi. "Berhenti bertingkah seperti anak kecil yang nakal dan dengarkan aku."

Kesalahan Yn meroket, matanya menyempit saat dia mencoba melepaskan pergelangan tangannya dari genggamannya. "Mengapa aku harus mendengarkanmu ketika kau hanya menjadi sumber masalah sepanjang minggu ini?" desisnya, suaranya penuh dengan kemarahan yang pemberontak.

Otot di rahang Jungkook menegang mendengar kata-katanya, genggamannya pada pergelangan tangannya hampir seperti besi. Dia sedikit miring ke depan, suaranya merendah ke suara gertakan. "Karena aku adalah profesormu, dan aku benar-benar muak dengan sikap pemberontakmu."

"Argh! Aku benci hubungan yang bertentangan seperti ini!" geram Yn.

Mata Jungkook menggelap saat ledakan emosinya, tetapi genggamannya pada pergelangan tangannya tidak longgar. "Kau pikir aku menikmati ini juga?" balasnya, suaranya dipenuhi dengan frustrasi. "Kau pikir aku ingin berurusan dengan seorang mahasiswa yang keras kepala, pemberontak yang menantang setiap kata sialan yang kukatakan?"

Yn menatap tajam ke arah Jungkook. "Kalau begitu, putuskan hubungan ini."

Bibir Jungkook terkatup rapat, tatapannya tak tergoyahkan. "Apakah itu benar-benar yang kau inginkan?" tanyanya, suaranya mengandung sedikit tantangan. "Apakah kau lebih suka mengakhiri apa yang kita miliki karena kau tidak bisa menangani disiplin sebagai seorang mahasiswa?"

Yn melangkah lebih dekat. "Kau tahu persis aku tidak menuju ke sana. Aku sedang membicarakan hubungan mahasiswa dan profesor serta hubungan pacar yang merepotkan."

Mata Jungkook berkedip di wajahnya, ekspresinya menjadi gelap dengan campuran kekesalan dan frustrasi. "Ya, aku sadar," katanya sambil menggeretakkan gigi. "Tapi kaulah yang membuatnya lebih sulit daripada yang seharusnya."

Yn melangkah lebih dekat lagi, bahasa tubuhnya penuh konfrontasi. "Oh, jadi sekarang salahku, ya?" balasnya, suaranya penuh frustrasi. "Kau yang tidak bisa memisahkan hubungan pribadi dan hubungan profesional. Itu bukan salahku."

Genggaman Jungkook pada pergelangan tangannya semakin mengencang, matanya menyempit. "Jangan memutarbalikkan kata-kataku," desisnya. "Aku bisa memisahkannya dengan baik. Kau yang tidak bisa menghormati batasan."

Yn mengepal tangannya. "Kau memberi hukuman kepada kami selama seminggu dengan sengaja agar kau bisa tetap dekat denganku ketika aku marah, kan? Jelas kau memanfaatkan jabatanmu sebagai seorang profesor."

Ekspresi Jungkook memperkeras saat tuduhan itu, rahangnya menegang. "Aku tidak menghukummu untuk memanfaatkan posisiku," katanya dengan suara tertahan. "Aku melakukannya untuk mengajarkanmu pelajaran dan menjaga disiplin. Kau perlu belajar untuk menghormati otoritas dan mengikuti aturan, baik aku menjadi profesormu atau kekasihmu."

Yn melangkah lebih dekat lagi sampai tubuh mereka tidak lagi terpisah. "Teruslah bicara seperti kau seorang profesor profesional. Aku tahu niatmu."

Mata Jungkook menyala dengan campuran kekesalan dan keinginan karena kedekatan mereka, aromanya menyelimuti dirinya. Tapi dia mengatupkan rahangnya, menolak untuk menyerah pada tantangannya. "Niat tidak penting," katanya, suaranya kasar. "Aturan adalah aturan, dan aku menegakkannya terlepas dari hubungan pribadi kita."

Yn mendorong Jungkook. Dorongan itu sedikit membuatnya terkejut, dan dia terhuyung mundur selangkah. Matanya menggelap dengan campuran keterkejutan dan frustrasi. "Apa yang kau lakukan?" gerutunya, mendapatkan kembali keseimbangannya.

Yn berjalan menjauh. Pandangan Jungkook mengikuti langkahnya saat dia pergi, kemarahan dan frustrasi bertarung di dalam dirinya. Dia mengatupkan rahangnya, menahan keinginan untuk mengikutinya dan menariknya kembali. Sebagai gantinya, dia berteriak memanggilnya, "Kita belum selesai berbicara!"

"U-uh. Saya permisi." Kata Lea kepada Jungkook sebelum berlari kecil ke arah Yn.

Jungkook memperhatikan Lea bergegas mengejar Yn, tatapannya gelap dan tajam. Dia mengepalkan tangannya, frustrasi dan ketegangan mengalir di tubuhnya. Dia tahu dia harus mengendalikan situasi, tetapi sikap menantang Yn mendorongnya ke batas.

The Lecturer Is MineTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang