"Mbak, di tempatnya mbak Vani ada lowongan kerjaan gak ya?" Hari masih pagi. Bahkan matahari saja masih enggan untuk muncul, tapi Anin malah sudah bangun dari tidurnya. Jujur saja, dia tidak bisa tidur dengan nyenyak setelah tahu ijasahnya hilang entah kemana.
Sepagi itu Anin sudah bangun dan bahkan sekarang sibuk untuk merecoki Vani yang masih tertidur. Dia menggoyangkan Vani, berharap agar teman satu kamarnya itu bangun dan menanggapi pertanyaannya. Tapi sepertinya usahanya sia-sia saja. Vani lebih memilih untuk melanjutkan tidurnya setelah dia sempat membuka matanya beberapa detik saja.
"Kayaknya Anin mau ngelamar kerja aja dulu mbak sambil cari ijasahnya Anin. Mungkin aja ntar pas Anin gak nyariin, ijasahnya tiba-tiba nongol. Kan biasanya gitu, mbak. Kalo pas dicariin aja gak ketemu, tapi giliran gak dicariin tiba-tiba aja muncul depan mata. Jadi Anin gak usah cariin dulu ijasahnya Anin. Biarin aja dia nongol sendiri"
"Husss... Grrr...." Tidak ada jawaban atau tanggapan dari Vani. Yang terdengar hanya nafas dan dengkuran halus. Menandakan kalau Vani memang masih lelap tertidur tapi itu tidak membuat Anin untuk berhenti berbicara. Dia masih saja mengoceh sendiri.
"Eh, mbak, misal nih di tempatnya mbak gak ada lowongan kerja, ntar nitip tanyain ya ke mas Pandu ya. Mungkin aja di tempat kerjanya mas Pandu ada kerjaan. Kerjaan apa aja Anin mau kok." Masih saja Anin berbicara sendiri. Sedari tadi dia memang tidak memperhatikan Vani. Pandangannya sekarang fokus pada kertas folio yang rencananya mau dia pakai untuk menulis surat lamaran pekerjaan.
"Tapi kan ya mbak, ijasahnya Anin kan lagi ilang tuh, berarti Anin cuman bisa ngelamar pake ijasah SMA-nya Anin ya. Hm... Emang ada ya mbak kerjaan buat lulusan SMA gitu. Tapi bukan yang sales gitu ya mbak. Anin kan gak pinter ngomong sama ngerayu orang buat beli."
Masih tidak ada tanggapan dari Vani, membuat Anin lalu menolehkan kepalanya ke Vani. Dia langsung cemberut waktu melihat Vani masih tidur dengan nyenyaknya.
"Ish, mbak Vani ini, diajakin ngobrol kok malah tidur sih! Jadi percuma dong tadi ngobrolnya"
Merasa usahanya untuk membuat Vani bangun tidak berhasil, membuat Anin mendengus kesal. Dia lantas berdiri dan memilih untuk keluar kamar kosnya. Letak kamar kos yang ada di lantai dua membuatnya bisa menikmati pagi dari balkon. Udara pagi yang masih belum terkena polusi membuatnya terasa nyaman. Sejenak dia menikmati jalanan depan kos yang sesekali dilewati tukang sayur yang mulai menjajakan dagangannya.
Setengah jam puas membiarkan wajahnya terkena udara pagi, Anin lantas memilih kembali ke kamarnya. Mungkin segelas kopi bisa membuat pikirannya lebih tenang. Pikirannya masih kalut dengan ijasahnya yang masih juga belum ketemu.
Aroma kopi yang kuat segera menguar di memenuhi kamar kosnya. Anin kembali mendudukkan diri di karpet. Sambil menyandarkan diri dan mencari posisi yang menurutnya nyaman, Anin membuka ponselnya. Icon internet browsing langsung menjadi icon pertama yang dibuka. "Info lowongan kerja" "Cara cepat dapat kerja" "Lowongan kerja ijasah SMA" "Info kerja cepat" Tidak berselang lama, keywords yang intinya mencari info lowongan kerja langsung memenuhi histori pencarian di internet browsing yang ada di ponselnya.
"Kalo posisinya staf atau admin pasti mintanya sarjana sih. Aku kan udah lulus, cuman ijasah ilang, jadi gimana ya ngasih tahunya kalo aku dah lulus?" Anin bergumam sendiri. Pikirannya menerawang. Mencoba kembali mengingat dimana dia meletakkan ijasahnya. Tapi nihil. Tidak ada ingatan sama sekali dimana dia menyimpan ijasahnya.
"Ini ada sih yang bisa pake ijasah SMA, tapi sales. Hufh... Kalo gak sales ya office girl. Masak kuliah susah-susah cuman jadi office girl? Lagian aku kan kuliah digital business, kalo kerjanya jadi office girl kan gak nyambung. Tapi mau gimana lagi?"
Yang tidak disadari Anin adalah, semua ocehanya tadi terdengar Vani. Gara-gara Anin yang membuat kopi dan menguar aromanya memenuhi kamar, membuatnya terbangun.
"Kamu beneran mau ngelamar kerjaan pake ijasah SMA kamu? Apa gak rugi udah sekolah lama-lama tapi malah gak kepake buat kerja?"
Anin langsung menolehkan kepalanya ke belakang, ke arah sumber suara. Dia langsung meringis melihat Vani yang duduk tapi dengan wajah yang masih mengantuk. Kamar kos mereka memang tidak ada tempat tidur. Hanya kasur dan karpet saja.
"Eh, mbak! Udah bangun ya?"
"Gimana gak bangun! Kamu bikin kopi aja hebohnya sampe kayak tadi."
"Hehehe... Maapin mbak. Lagian ini juga udah pagi. Mbak hari ini ngantor kan ya?"
"Hm... Jadi gimana? Kamu mau tetep ngelamar kerja pake ijasah SMA kamu? Gak sayang kamu udah kuliah susah gitu?"
Sesaat suasana menjadi sepi. Anin diam. Dia tidak langsung menjawab pertanyaan Vani. Sangat jelas kalau ada raut kebingungan di wajahnya.
"Kalo mbak jadi aku gimana, mbak?" Bukannya menjawab, tapi Anin malah bertanya balik ke Vani.
"Kalo mbak jadi kamu sih, ya sama kayak yang mbak bilang kemaren malam itu. Kamu ke kampus, minta buat dicetak ulang ijasah kamu. Kalo emang harus bayar ya udah bayar aja! Kan kemaren mbak juga udah bilang kalo kamu gak ada duit, pake dulu duitnya mbak."
"Tapi pasti ribet mbak. Harus ke polisi dulu, bikin surat keterangan kehilangan. Nanti pasti ditanyain macem-macem sama polisinya"
"Itu wajar sih Nin. Ribet sih iya, tapi ya mau gimana lagi. Atau kamu punya gak surat keterangan lulus dari kampus kamu?"
"Enggak ada juga. Kemarin pas pengumuman kelulusan emang ditanyain mau bikin surat keterangan lulus apa enggak, tapi kan bakalan dapet ijasah pas wisuda, jadi ya mikirnya ngapain bikin?" Anin menjawab dengan gelengan kepalanya.
"Ya sudahlah. Terserah kamu aja. Cuman ntar jangan ngomel kalo emang bisanya kerja ya gak jauh dari office girl atau sales. Ato kalo mau kerja di minimarket juga mungkin sih. Jadi kasir ato pramuniaga gitu" Akhirnya Vani menyerah juga untuk menyarankan Anin agar mau ke kampusnya.
Selesai berucap itu, Vani berdiri dan berjalan ke arah pantri kecil yang juga ada di kamar kosnya. Dia bersiap membuat sarapan sederhana dengan nasi dan telur dadar lengkap dengan sambal kecap sebagai pelengkapnya. Melihat itu, Anin lalu mengekorinya. Apalagi jika tidak meminta jatah sarapan paginya dari Vani.
"Kamu gak ada kepikiran buat balik ke Wonogiri, Nin? Kamu kan bisa nerusin usaha orang tua kamu."
"Mbak, aku kuliahnya di bisnis. Bapak sama ibu di Wonogiri usahanya kebun singkong. Aku kan gak ngerti pertanian, mbak"
Kembali ke kota kelahirannya tidak terlintas sama sekali di benak Anin. Apapun, dia masih ingin bertaruh sekali lagi dengan kerasnya kota metropolitan ini. Dia tidak mau kembali hanya sebagai Anin saja. Tidak. Harus ada yang bisa dibanggakan darinya jika dia kembali ke kota kelahirannya. Dia ingin membuktikan bahwa pilihannya untuk kuliah adalah pilihan yang benar. Dia ingin menutup mulut orang-orang yang selama ini meremehkannya dan meremehkan keluarganya hanya karena mereka bukan dari orang berada.
KAMU SEDANG MEMBACA
High Quality Office Girl
RomanceKehilangan sesuatu yang penting membuat hidup seorang Anindita Wahyuningsih menjadi jungkir balik. Anin, demikian dia biasa disapa, bahkan harus menjadi seorang office girl walaupun dia seorang lulusan sarjana bisnis. Namun, Anin tetap bersyukur unt...