26. Isyarat

96 15 3
                                    

....

Mbak Sum mempertontonkan gejala aneh belakangan ini — hari hari setelah kejadian ular yang menghebohkan itu. Dia menunjukan rasa tak suka pada Nike. Mbak Sum mulai suka mendengus jika Nike berada di dekatnya. Dia tak segan menunjukkan wajah datar dan dingin ketika Nike menanyakan letak cangkir, atau termos bayi atau botol susu yang bersih. Mbak Sum bahkan pernah mengkritik cara Nike bersenandung ketika menggendong baby Ziel. Dia bilang suara Nike kurang merdu dibanding Aby ketika meninabobokan baby Ziel.

Selama ini hubungan mereka nampak baik-baik saja, mbak Sum selalu tersenyum dan membantunya ketika Nike membutuhkan bantuannya. Mbak Sum menyediakan makan Nike dengan baik, dia bahkan tahu menu sarapan favorit Nike: dua butir telur, sepotong roti gandum, selai low fat dan segelas jus buah. Mbak Sum pernah memuji didepan Aby, kalau dia merasa senang Nike tak pernah rewel urusan menu makan siang dan malam, apa saja yang disajikan selalu dimakan dengan lahap, meskipun terkadang menunya sederhana. Aby merasa bangga mendengar cerita mbak Sum tentang Nike yang sopan dan menghormatinya sebagai orang tua meskipun dia hanya pembantu. Aby bangga, dia tidak salah pilih mempekerjakan Nike, pandai menyesuaikan diri tidak saja dengan dirinya, tetapi luwes juga dengan pekerja lainnya di rumah itu.

Perubahan sikap mbak Sum terhadap Nike membuat Aby tak tahan untuk tidak bertanya di suatu sore, saat Nike jalan-jalan mengelilingi kompleks bersama baby Ziel dengan kereta dorongnya. Aby meminta dibuatkan dua cangkir teh dan stik keju kesukaannya, lalu menunggunya di meja piknik tak jauh dari kolam renang. Tak lama menunggu, mbak Sum datang dengan nampan berisi dua cangkir, satu teko mungil dan stik keju di dalam toples bening. Mbak Sum nampak gugup ketika Aby meminta mbak Sum duduk bersamanya.

"Ada yang tidak beres dengan kerja saya, ya, Bu?"

"Tidak, mbak Sum luar biasa seperti biasanya, saya hanya ingin mengobrol saja, kok," kata Aby, wajahnya damai. "Ngobrol-ngobrol santai."

"Aduh jantung saya mau copot rasanya."

....

Barangkali ada kesulitan masuk ke KK?
Sini saya bantu..

SANG MODELTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang