coba kita perhatikan dengan seksama, bagaimana keadaan alam sekitar tempat kita tinggal?
betapa banyak berita muncul, hampir di setiap harinya yang menayangkan keadaaan alam saat ini. betapa banyak berita yang menayangkan tentang terjadinya bencana alam seperti gempa bumi yang kini semakin sering terjadi akibat pergeseran lapisan tanah ataupun akibat gelombang tsunami, kebakaran hutan yang mengakibatkan banyak spesies langka di dalamnya ikut punah dan kebanyakan sisanya mereka kehilangan habibat aslinya, kekeringan dimana-mana akibat hilangnya sumber-sumber mata air, udara segar sulit di dapat akibat banyak nya polusi kendaraan ataupun asap pabrik yang jelas dapat mengganggu kesehatan paru-paru kita, adanya pergeseran pola konstruksi tanah sehingga mengakibatkan tanah mudah bergeser yang akhirnya merusak rumah-rumah yang berdiri di atasnya, bukit-bukit pasir mudah sekali longsor akibat curah hujan yang tinggi dan akan menimbun bangunan atau apa saja yang berada di bawahnya.
dunia semakin bertambah umurnya. di tiap tahunnya selalu saja terjadi perubahan. perubahan-perubahan menuju akhir jaman.
coba renungkan, semakin hari keadaan bumi akan semakin bertambah parah jika kita tidak sesegera mungkin mengadakan perbaikan. kesadaran itu semestina tumbuh di dalam diri kita sendiri.
jika bukan kita lalu siapa lagi?
karena dampak negatif ataupun dampak positif dari suatu aktivitas, cepat atau lambat akan kita rasakan sendiri. kita sebagai makhluk yang memiliki akal dan pikiran seharusnya berpikir jangan sampai hanya mengutamakan keuntungan pribadi sementara banyak orang yang menjadi korban karenanya.kita sebagai umat muslim seharus nya berpikir ulang jika hendak membuat hal-hal yang merusak alam. karena sudah jelas tercatat dalam al-quran bahwa Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi ini dan jelas Allah lebih menyukai umatnya yang selalu mengadakan perbaikan. karena orang yang selalu berbuat kerusakan kelak di akhirat ia akan ditempatkan di tempat yang seburuk-buruknya sedang orang yang selalu berbuat hal-hal yang bersifat perbaikan ia akan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya tempat.
semoga kita termasuk orang orang yang senantiasa mengadakan perbaikan.
Aamiin ya robal alamiin.
#islam itu indah