"Pradit! Pradit!"
Gue nengok sekilas dan tetap jalan ke arah kantin. Itu Johan. Gue berhenti di depan tukang jus dan mesen jus alpukat.
"Si kunyuk dipanggilin dari tadi!" protes Johan sambil meneloyor kepala gue.
"Ih, ini kepala difitrahin sama emak babe gue. Lagian apa sih teriak-teriak gitu? Emang hutan apa." Johan menghela nafas kesal dan ingin mengomel lagi, tapi dia ngurungin niatnya.
Oh iya, basa-basi dulu kayak film dokumenter. Nama gue Pradit, Sandiro Aditya Pradito. Lebih dikenal dengan Pradit daripada Sandi ataupun Adit. Tinggi gue 176. Gue bukan anak basket karena gue nggak bakat di olahraga, gue anak fotografi. Gue anak pinter dari kelas sebelas IPA empat dengan julukan 'Si Bisu Seribu Bahasa'. Kenapa? Karena gue jarang ngomong dan berkespresi di depan orang-orang. Cuma ke Johan, sobat gue dari jaman SMP, gue bakalan bisa nyengir kuda.
"Lo kenapa, tumbenan ke kantin buru-buru?" kata Johan sambil memesan jus jambu. Gue cuma bisa nyengir sambil ngambil jus gue.
"Ya nggak pa-pa, sih. Jarang-jarang gue ke kantin buru-buru. Kadang kalo gue telat, jus alpuketnya kan udah abis." Johan menatap gue melongo dan menggeleng-gelengkan kepalanya.
"Emang anak kunyuk, nggak jelas hidupnya." Johan menghela nafas sambil melanjutkan, "Lah, lu mau kemana?"
Gue yang baru setengah jalan ke arah meja kantin pun berhenti. "Duduk disitu, yang dibawah pohon. Kenapa?" Gue menautkan kedua alis gue bingung. Seketika ekspresi wajah Johan berubah.
"Nyari mati lo, sob!" Johan bergidik. "Males gue ngeladenin bocah tengil yang disebut-sebut 'pentolan' sekolah. Ngadu bacot sampe berantem juga nggak bakal kelar." Johan menyeruput jusnya dan berjalan mendahului gue. Gue masih bingung, emangnya ada 'pentolan' sekolah ini? Kelas berapa deh?
"Emang kelas berapa, Jo?"
"Sepuluh."
"Loh, kok lo takut?"
"Bukan takut, kunyuk. Males gue ladenin dia. Guru aja dilawan."
Dan hanya sampai situ obrolan gue dan Johan tentang 'pentolan' yang disebut-sebut Johan.
"Yaudah deh, gue tetep mau duduk situ." Gue jalan ninggalin Johan yang gue samar-samar denger bilang, "Semoga hidup lo tenang." Emangnya gue mau mati?
Dan bener aja. Nggak lama gue duduk dan kantin penuh, dengan Johan yang duduk agak jauh dari gue, emang nggak ada yang ngejamah tempat yang gue dudukin. Sekitar sepuluh menit, ada gerombolan yang nyamperin gue dengan gaya tengil. Gue nggak tau yang mana 'pentolan' yang Johan sebut-sebut, tapi gue liat dari sorot pandang Johan. Anaknya yang dibelakang? Yang kecil itu?
Tiba-tiba lamunan gue terbuyarkan dengan suara cempreng bak bocah belum akil balik.
"Ngapain lo disini? Tempat kita nih, minggir sana!" Suara cempreng itu bener-bener buat gue tertegun. Bukan kaget karena takut, tapi dia berani banget.
"Tau lo, tempat masih banyak. Minggir gih." Ada lagi yang nyahut yang gue masih nggak tau siapa pun diantara mereka.
Mereka masih berusaha mojokin gue dengan bersahut ria yang mungkin menurut mereka membuat nyali gue ciut dan bakal cabut dari sini.
Big no, boys.
Dengan seringai yang nggak mungkim dilihat siapa pun, gue pun mulai angkat bicara. "Kenapa nggak kalian aja yang nyari tempat lain?"
Dan wow, ekspresi mereka bener-bener menakjubkan. Mereka makin kesel kayaknya sama gue. Apalagi yang kecil dibelakang itu, kayaknya kaget gitu.
"Lah, kenapa gue yang harus nyari? Lo aja sana!" Aduh, nih orang suaranya kenceng banget. Untung gue masih bisa ngontrol muka kalem gue.
"Emangnya ini tempat kalian? Kenapa harus gue yang pindah?"
Gue bales dengan nada yang sedikit, atau mungkin udah ikutan kesel. Dan gue lihat makhluk kecilーeh sejak kapan gue panggil dia makhluk kecil?ーmaksud gue yang dibelakang itu, maju ke depan, berhadapan sama gue.
"Sori nih bro, gue males kalo udah denger Bagas bakalan nyaut. Mending lo cabut, cari tempat lain. Karena ini emang tempat kita. Jadi sekarang, cepet minggir." Dia narik tangan gue, ya gue tahan dong. Buat apa gue dua tahun karate dan taekwondo tapi ditarik gini nggak bisa nahan? Dan otak iseng gue tiba-tiba keluar.
"Kenapa lo nggak duduk disini aja sama gue?"
Oke, pancingan gue buat ngegoda nih anak berhasil. Eh tapi tunggu, muka dia pucet gitu. Kayak syok denger gue ngomong, emangnya salah?
Dia ngelepasin tangannya dari lengan gue dan mundur ke belakang terus berbalik ke temannya.
"Udah ah, gue males ladenin orang batu kayak dia. Mending cabut." Dia jalan duluan ninggalin temen-temennya. Gue natap Johan dan keliatan kalau Johan melongo. Mungkin dia takjub ngeliat aksi gue.
Gue liat itu makhluk kecilーduh kenapa gue jadi manggil dia gitu, dia lagi diserbu sama temen-temennya. Mukanya asem gitu. Gue cuma bisa terkekeh sambil ngasih acungan jempol ke Johan.
*
Gue baru sadar pas bel pulang bunyi. Gue bener-bener nggak sadar kalo jam pelajaran udah selesai. Mungkin karena asik ngerjain Fisika kali ya. Gue baru mau berdiri tiba-tiba telepon gue bunyi. Satu pesan dari Johan.
From: Johan
Sori sob, gue nggak bisa anterin lo pulang. Hari ini gue diseret buat ngumpul sama anak futsal. Naik angkot dulu.
Gue pun merengut bete. Parah banget, nggak ada sejarahnya gue naik angkot semenjak kejadian di angkot tahun lalu. Jadi inget kejadian tiba-tiba gue dan orang-orang di dalem angkot dipalakin dan di tinggal di tempat antah-berantah. Dengan buta arah, gue juga digodain sama bapak-bapak disitu. Stres gue rasa, jelas-jelas gue cowok! Pake nyolek-nyolek gue. Ih, nggak deh makasih, gue kapok.
Dengan malas gue jalan keluar kelas dan ke parkiran belakang. Gue liat ada si makhluk kecil, maksud gue si anak pentolan itu abis ngobrol sama temennya. Gue deketin dia dan berdiri di depannya.
Betapa kagetnya gue muka dia langsung syok dan pucet pas liat gue. Apa dia sakit? Dengan pede nya gue pun bersuara. "Bareng dong!"
Gue nggak tau apa yang dipikirin dia, tapi gue yakin dia bakalan nolak gue mentah-mentah.
"Ogah, sapa lu sapa gua."
Kan, bener. Oke gue harus modal nekat demi tebengan. "Gue nebeng sampe depan deh. Sampe deket rumah. Ya ya ya? Ayolah. Pleaseee?" Gue rubah raut wajah dan suara gue yang sedikit memelas. Kalau bukan karena nebeng, gue juga ogah sih.
Apalagi gue nggak kenal dia itu siapa.
"Enak aja lo. Gue aja nggak kenal lo siapa, minta nebeng lagi."
Pemikiran kita bener-bener sama. Kalau kita emang nggak saling kenal. Akhirnya gue menghela nafas, ngerubah posisi diri gue agak lebih tegak dan menjulurkan tangan.
"Gue Sandiro Aditya Pradito. Kelas sebelas IPA 4."
Dia nggak nerima uluran tangan gue dan itu bikin gue gemes. Gue ambil paksa tangannya, gue lepas terus gue naik ke motor maticnya. Dia melotot ngeliat gue yang udah duduk di motornya. Gue yakin dia bakal nyuruh gue turun dan kalau bisa ngejatuhin motor dia sendiri supaya gue minggir.
"Rumah lo dimana?"
Demi Neptunus! Gue nggak ngerti kenapa dia mau nebengin gue. Muka gue pun berseri-seri kayak orang yang nerima duit yang bergelimpah. Oke itu lebay. Intinya gue boleh nebeng.
***
Pfft. Kok gue nggak punya feel ya nulis bxb lol. Feelnya dapet pas baca cerita orang mulu hmm. Auk ah, yang penting gue nulis yang lewat kepala dan murni hasil gue hwhw.
Anyway, makasih masih dibaca *salto*
KAMU SEDANG MEMBACA
Bitter Sweet
HumorAngkasa Putra Nugroho, ketua dari geng yang disebut-sebut Avengers sudah berulah di awal mos dan membuat para guru memisahkan kelima anak anggota Avengers di beda kelas. Seorang remaja normal yang seketika berubah saat bertemu senior terimut seangka...