3. Kos-kosan

60 4 1
                                    

"De, bangun?" Suara ibuku menyadarkanku dari mimpi.
"Iya bu" kutarik handuk dari gantungan dan bersiap sebelum aku berangkat. Seperti rutinitas biasa selama beberapa hari ini, aku sarapan jam 4 pagi. Itu mah sahur kali bukan sarapan -_-'

"Kamu naik bis lagi Ney?" Tanya pa Arsi saat berpapasan denganku.
"Iya pa" senyumku seramah mungkin.
"Kenapa ngga ngekos aja? Cape loh berangkat subuh sampe rumah malem"
"Iya pa, mungkin manti dikompromiin sama orangtua Ney dulu."
"Kalo diizinin nanti Ney cari-cari kosan" Pa Arsi mengangguk-angguk tanda mengerti.
Aku duduk diruang tunggu menunggu jam untuk memulai kerja. Kulihat mas Leska berjalan mendeket keruang tunggu. Mas Leska meletakan tas dan mengambil pulpen untuk mengisi absensi kehadiran kami.
"Mas, aku mau tanya boleh?"
"Tanya aja, aku akan jawab kalo aku bisa."
"Dirimu tau kos-kosan daerah sini ngga? Barusan aku search kos-kosan daerah sini"
"Owalah aku ngga tau daerah sini Ney, tapi kalo mau nanti kutemani"
"Ohh gitu ya mas, hmm yaudah liat nanti deh, aku juga masih galau"
"Emang kamu mau ngekos?"
"Baru niatan sih, abisnya beberapa hari ini rasanya lelah banget aku belom sempat buat laporannya."
"Yaudah mending ngkos aja, kebetulan tempatku ada kamar yang kosong."
Aku mengkerutkan dahiku, memang kosanmu gimana?"
"Hmm yang jelas kamar mandi didalam."
"Kalo aku ngekos ditempatmu gapapa kalo aku bakal ngerepotin dirimu?"
"Gak usah deh kamu pp aja kalo gitu" Ih ko ini orang nyebelin abis ya, dia yang nawarin juga dia yang nolak -_-! Mau balas dendam apa karna ditolak ojek online kemarin?

"Makan yuk, aku laper tadi belom sempat sarapan" Ajak mas Leska
"Loh kenapa?"
"Diet"
"Hey buat apa diet? postur tubuhmu keliatan baik-baik aja dan gak perlu ada diet-dietan."
"Kamu jadi ngkos?"
"Ndak tau, mau bilang dulu sama ibuku"
"Ohh yaudah, nanti naik apa?"
"Bis lagi, ayahku nyuruh aku naik bis, katanya ngga tega ngebayangin anaknya jadi ikan pepes dikereta"
"Haha bilangin ngga usah dibayangin gitu"
"Itu namanya ayah yang baik dan perhatian tau"
"Iya deh iya haha"

"Gimana? gimana?" tanya pa Eko saat aku mendekatinya.
"Belum pa, masih nyari referensi judul"
"Oh yayaya" kulihat pa Eko berfikir sejenak "Gini aja deh kamu samaan aja sama Leska, cuma beda bagiannya aja, gimana?" aku terdiam berfikir sejenak.
"Nah tuh yang lagi diomongin dateng" Aku memutarkan kepalaku menengok kearahnya dan kulihat mas Leska mendekat kearah kami.
"Ney nanti kamu tanya-tanya aja ya sama Leska. Les, Ney laporannya sama kaya kamu, tapi beda bagiannya aja, kamu bantuin ya."
"Ohh siap pak"
Padahal aku belum mengiyakan loh, kenapa langsung disetujuin kaya gini, aku jadi bingung aku berkata apa.
"Yaudah nanti kamu tanya-tanya aja sama Leska ya Ney, kalo ngga tau tanya saya langsung." aku hanya mengangguk, karena aku tak enak hati untuk menolak orang yang sudah berbaik hati membantuku untuk pembuatan laporan ini.

Aku tiba dirumah setelah dijemput oleh ayah dan segera membersihkan tubuhku.
"Bu, Ney boleh ngkos ngga?"
"Emang udah ada kos-kosannya?"
"Mas Leska sih bilang katanya ada kamar kosong ditempatnya. Tapi ngga tau sekarang masih kosong apa ngga. Besok paling Ney nyarinya."
"Yaudah terserah Ney aja ibu mah, yang penting bisa jaga diri"

Kuambil ponselku dan kulihat ada pesan masuk.
Dibilang ngkos aja
Aku mengkerutkan dahiku, sepertinya ia melihat timeline ku yang kukatakan 'jadi ikan pepes lagi'.
Kuketikan beberapa huruf.
Iya iya nanti kucari kos-kosan -_-
Kalo aku ngekos ditempatmu gimana?
Yaudah gapapa aku ada temennya kekantor. Kalo kamu mau kukirim mapsnya dari sini.
Maps diterima.
Kontak diterima.
Tapi nanti aku bakal ngerepotin dirimu loh.
Yaudah gak usah ngkos ditempatku. Kalo kamu bikin repot aku pindah kosan.
Hahaha
Ini orang kenapa sih nyebelin banget. Padahal kan aku cuma berusaha jujur kalo seandainya emang nanti aku beneran ngerepotin -_-. Udah ah mending tidur aja, mau tidur aja masih dibikin sebel, haft.

Ponselku bergetar dan kulihat pesan masuk dari mas Leska.
Kamu jadi liat kosan?
Jadi mas, ini lagi dijalan sama ibuku.
Yaudah aku tungguin deh.
Loh dirimu mau keluar?
Niatnya sih gitu
Yaudah ngga usah ditungguin nanti aku sama ibuku aja kekosannya lagipula semalem udah dikirimin kontak sama mapsnya, nanti tinggal telfon ibu kosnya.
Yaudah aku pergi deh.
Oke hati-hati.

Hari sudah menjelang sore dan akhirnya aku tiba dikosan. Setelah mengobrol panjang lebar dan memenuhi persyaratan aku diberikan kunci dan kamarku bersebelahan dengan mas Leska. Anak dari ibu kos mengantarku menuju kamar. Aku mengetikkan beberapa huruf aku udah dikosanmu nih, lagi liat kamar, kamar kita sebelahan ya.. dan kukirim ke mas Leska.
"Ini kamar mbanya, sebelahnya kamar mas Leska, tadi dia juga udah bilang kalo ada temennya yang mau ngkos, dan kebetulan sebelahnya kosong."
"Setelah lihat-lihat isi didalam kamar, aku keluar kembali dan melihat ponselku belom ada balasan. Apa mas Leska udah pergi ya? pikirku singkat.
"Kayanya sih mas Leska ada, coba aja diketok" kata mba-mba kosan dan sepertinya mba-mba kosannya tau aku mikir kesana. Aku memberanikan diri mengetuk pintu kamarnya. Tok tok
"Ya sebentar" ternyata ia benar ada didalam. Tak berapa lama pintu terbuka.
"Udah lihat kamarnya?"
"Udah, oh iya ini ibuku" aku mengenalkan ibuku padanya dan ia dengan sopan mencium punggung tangan ibuku.
"Ibu titip Neysa ya"
"Emangnya aku baju dititipin" Kulihat mas Leska tersenyum "Iya bu"
"Yaudah, udah sore juga, aku pulang dulu, paling besok baru bawa baju kesini" mas Leska kembali tersenyum. Aku pamit pulang padanya.

Ternyata kamar kita sebelahan ya, aku fikir jauh.
Hahaha
Dirimu jadi keluar?
Jadi ini aku langsung jalan.
Owalah kamu beneran nungguin aku toh :D
Kagak, ketiduran tadi aku.
Hmm, aku ngga yakin kalo dia ketiduran. Sudahlah, ayo pulang dan packing, besok pindah kamar.

Karna KebersamaanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang