" Kamu kok nekat sih ky pcaran dgn anak orang kaya itu ?" Tegur mama
"Mama gk setuju , ya ?"
"Mama malah bangga kok . Kamu pintar memilih . Cuma , Mama sedih kalau ortux tdk bsa menerimamu "..
Rizky mendesah
"Mereka ramah tdk sih padamu ?" Tanya mama
"Siapa , Ma?"
" Orang tua Celia "
" Ngak tau ma , Rizky blm prnh melamar celia ," jawab Rizky
" Mama jg tau tp bkn masalah melamar yg mama maksud , kamu pcaran sma celia ortux setuju ngak ?"
Degan palux rizky memukul paku lbh keras ia langsung terbayang wajah papa celia . Ia marah ia benci .
"Rizky " panggil mama
" Ngak tau lah ma , gk ush dbhas . Mereka jg ngk tau kalau rizky pcaran sama celia . Selama ini aku gk prnh main k rmh celia . Celianya aja yg kesini " jawb rizky .
" Coba dong main k rmhx biar kenal dekat dgn mereka
" Ya kalu sudah dekat kan enak , tinggal nendang ". geram hati rizkyHujan turun dgn derasnya ..
" Bangun rizky , bantu mama " teriak mama
Rizky meringkuk tak bergeming
"Rizky " mama memukul bahunya
"Dingin , ma " sahut rizky
Mama menarik kasar selimut rizky
Rizky merentak bangun lalu lompat turun dan ..
Brrrrrrr . Dingin sekali .
Rizky kemudian membantu mama memindahkan brang2 yg disimpan plng bawah lemari baju2, buku2 , kompor dan semua yg prlu diselamatkan .
" Ah , kpn semuax berubah ? Kpn aku tinggal di rmh yg selamat dr kbocoran dan banjir ?" Tanya hatinya sedih
" Kmu bsa membetulkan genteng ky ?" Suara mama mengusiknya
"Bisa" sahutnya
"Kalau begitu , kamu pinjam tangga pda bang dirun " perintah mama
Rizky melompat keluar menerobos hujan ke rmh bang dirun meminjam tangga .
Dari atas atap rmhnya nyeri mendadak menyerbu hatinya . Ia iri ia sedih melihat mereka di gedung2 apartement menjulang tinggi disna sedang dalam kehangatan . Rizky malah merayap diatas genting diguyur air hujan .
Petir mengelegar mengejutkanya hingga ia tersadar dr lamunanya . Lalu melanjutkan membetulkan genting yg pecah menggantinya dgn yg utuh . Dan dia turun k bwah stelah semuax beres .
" Kalau hujan lg , kita tdk akan kebocoran " kata mama lega
" Tapi kita akan tetap kebanjiran " timpal rizky sinis
" Itu sdh ngk bsa dicegah kayaknya ky " keluh mama sambil mengambil handuk melemparnya ke rizky .
" Ganti bajumu ky , nanti masuk angin "
Rizky mengeringkan rambut nya dan mengganti bajunya .
" Harusx kita gk tinggal disini ma " ucap rizky
"Lalu dmna ?"
"Ya dmna aja . Pokokx gk gampang kena banjir "
" Emang gmpng pindah rmh , untk makan aja sampe segini pusingx apalagi untk beli rumah . Udh gtu kamux gk mau kerja lagi" sewot mama
" Kerja dmna ma ? Kerja apa ?" Rizky ikut kesal .
"Ya apa aja , kamu kan pernah sekolah , msa sih gk bsa mikir sama sekali !"
"Sekolah , cuma SMA ! Untuk apa ? Mau ngebecak skrg dilarang !"
" Kalau yg di otakmu becak , gk ush sekolah jg bsa , emang mama sekolahin kamu untk jdi tukang becak , heh ?! Bukaan !" bentak mama
" Hbs apa ? Jdi dokter , insiyur , direktur .
" Jelas ngk dong ky mna bsa tamatan SMA jdi dokter bsa mati semua pasien2mu !"
" Hbis , jdi apa ?" Tantang rizky
" Kamu tau ngk ky ?"
"Nggak" sahut rizky . Mama mendesah kesal .
" Untuk menyekolahkanmu mama sdh habis2an . Sdh hampir 5 thn kmu lulus sekolah tp msh nganggur jg . Kmu bknx nyari kerja malah meringkuk trus dlm rumah ."
" Kan mama jg lht sendiri dan tau . Berapa kali aku msukin lamaran tp gk sekalipun dpt panggilan . "
" Kamux mau kerja tuh yg enak2 saja . Kerja apa sja kan bsa ky . Bang dirun ngk sekolah aja bsa nyari duit . Bsa nyekolahin anak2x jg ''
" Kalau aku hrus kerja keras kyk bang dirun , aku gk bsa ma "
" Bukanx gk bsa tpi gengsi ! Kamu tuh sama saja seperti bapakmu . Sama2 brengsek " Teriak mama .
" Mama selalu menjelek2an bapak !"
" Kamu tdk ush membela bapakmu itu "
Rizky tdk berkomentar
" Klau bpakmu tdk bgitu . Kita gk hidup seperti ini dan gk akn tinggal dr rumah kumuh ini " lanjut mama
" Kita tinggal disini karena nasib ma ," ucap rizky
" Nasib ? Bukaan kita disini karena bapakmu ! Modal usaha hbs di meja judi , hbs untk beli minum dan untk perempuan penghibur ! Dan karena mama hrus nyekolahin kamu dan karena kamu nganggur skrg !"
" Selalu saja aku dan bapak yg dslahkan !"
" Kalau tdk karena kalian , siapa ? Apa perlu salahkan tuhan mngapa kita jdi miskin skrg ?"
Rizky masuk ke dalam kamar sambil membanting pintu .
"Pokokx mulai besok kmu hrus kerja!"
"Nggak!"
"Rizky!" Mama menggedor pintunya .
Rizky berteriak , " Aku akan pergi !"
"Rizky ,, kmu jgn pergi mama gk punya siapa2 " suara mama gemetar dan terisak .
Rizky tak menyahut . Setelah mama sdh tak lg di depan panti . Rizky mencoba masuk ke kamar mama
"Maafkan rizky ma , Rizky sma sekali tdk berniat menyakiti mama , rizky cuma tdk suka mama menjelek2an bpak. Mama mau kan maafin rizky " ucap rizky
Mama menganguk tanda memafkan rizky
" Rizky akan cri kerja besok ma , kalau rizky kerja mama jgn jdi buruh cuci lg ya , mama istirahat ."L+C nya guys jgn lupa !!
Cerbung ini beda sama cerbung yg lain , Dindanya ada tp ntar ya .. Masih kejutan !!! Sabarrr :)