Prolog

112 15 2
                                    

  Jogja
Salah satu kota yang diminati para wisatawan untuk menghabiskan waktu pekannya bersama keluarga, sahabat, maupun sang kekasih. Bukan hanya turis dalam negri, turis luar negri pun tak jarang berkunjung ke daerah istimewa ini. Indahnya pemandangan Jogja dan banyaknya objek atau tempat wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi bisa menjadi salah satu alasan mengapa kalian harus berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) .
  Candi yang ada di Jogja misalnya Candi Borobudur yang juga sering menjadi target para wisatawan. Candi yang terbentuk pada masa Hindu/Budhha ini terkenal dengan dongeng rakyat dari nenek leluhur kita yang bisa saja menjadi penghantar sebelum tidur selain nyanyian. Di puncak candi konon katanya terdapat patung si pembuat 1000 candi ini, ia terkurung di dalam sana. Patung itu katanya dapat menangis, apakah kalian percaya akan dongeng ini? . Sosok itu lah yang dulunya diperintahkan untuk membuat candi sebanyak 1000 dalam waktu semalam sebelum ayam berkokok, ini demi si cinta sejati. Ia meminta bantuan jin, si wanita ketakutan dan menyuruh ayam berkokok, padahal sudah jadi 999 candi. Si lelaki murka, dan menyelesaikan candi terakhirnya dengan mengurung si perempuan tersebut. Bisa saja kalian naik ke puncak candi itu, tapi itu melelahkan, belum lagi cuaca panas yang tidak mendukung. Apa kalian tahu? Mantan preiden Amerika Serikat, Obama, pernah mengunjungi candi ini bersama keluarga nya. Dia memang pernah besar di Indonesia, kan?
  Ada lagi pasar-pasar tradisional yang menjadi pusat cinderamata. Pasar Malioboro sebagai contoh pasar yang terkenalnya, pasar yang tak kunjung sepi dan selalu dipadati pembeli yang berdatangan silih berganti. Biasanya, banyak yang membeli gantungan kunci dengan jumlah banyak yang nanti nya akan dibagikan ke teman-temannya di daerah asal. Pasar ini ramai, ramai dengan suara konsumen yang melakukan kegiatan tawar menawar sampai harga terndah yang sudah disepakati antara kedua belah pihak, pembeli dan penjual. Ramai juga dengan suara para pedagang yang kadang berteriak mempromosikan barang dagangannya. Kadang terdengar suara rengekan anak kecil yang meminta untuk pulang karena tak kuat dengan keadaan pasar panas dan pengap karena dipadati banyak masyarakat.
  Tapi yang lebih diminati dan digemari para wisatawan adalah pantai dengan keindahannya. Banyak yang datang untuk bermain air laut, mengumpulkan cangkang kerang, lari-larian, membuat istana pasir, atau bahkan mengubur diri di dalam pasir. Ada juga yang datang hanya untuk minum air kelapa muda dan menikmati angin pantai sambil bermain gadget. Ada juga yang duduk diam mengambil beberapa potret dengan angel yang bagus terkadang juga memotret anak kecil yang sedang bermain bebas. Biasanya, banyak yang menunggu kehadiran senja yang indah. Para fotografer akan senantiasa menunggu senja itu demi mendapatkan foto yang indah dan elok. Dengan berbagai posisi, si fotografer dapat menciptakan hasil jepretan yang mengagumkan. Setelah selesai memotret kebanyakan mengupload ke media sosial, di share sebagai foto tumblr dengan hastag beragam. Senja yang indah ini muncul nya sangat lama, kadang kita bosan untuk menunggu, tapi saat muncul hilang nya juga tak selama akan muncul. Senja tenggelam dengan cepat, di gantikan langit malam. Kehangatan di senja berganti dengan dinginnya malam. Kecuali, kau berada di dekat api unggun, kau akan merasa hangat.

SENJATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang