CARA MENOLAK AJAKAN PACARAN
Yup, anggaplah hati ini sudah mantap untuk berprinsip 'no couple before akad'. Nah, tantangan selanjutnya datang ketika 'si dia' yang nekat mengajak pacaran. Yuk simak cara-cara di bawah ini agar kita nggak menyakiti dalam menolak, dibagi menurut karakter 'penembak'.
1. Tipe Cowok Alim
Ini sih kontradiktif, rajin sholat, sering ngasih tausiyah, tapi kok ngajak pacaran? Iya aneh, tapi beberapa email yang masuk ke kami ada yang isinya tentang ini. Akhwat sudah berkomitmen untuk nggak pacaran tapi dideketin ikhwan (yang katanya lebih rajin ibadah karena si akhwat *tepokjidat*). Teman-teman bisa ambil sikap tegas (bukan keras), coba beberapa kali beri dia tulisan dari buku atau artikel tentang adab pergaulan ikhwan-akhwat non mahram. Ada yang langsung mengerti, ada yang butuh waktu untuk mencerna, ada juga yang malah bilang nggak ada dalil yg melarang pacaran *tepokjidatlagi*, ada! Kalau kewajiban menyampaikan sudah ditunaikan, ya sudah, jaga jarak. Jangan terperdaya saat dia bilang "Kamu mau aku jadi malas ibadah lagi?"
2. Tipe Cowok 'Kakak' Banget
Seumpama teman-teman hanya kenal 'si kakak' ketika masuk SMA/kuliah. Otomatis dialah yang sering kita mintai tolong, entah itu dipinjami buku pelajaran atau minta diajari tugas yang sulit. Kemudian tanpa disangka dia bilang 'cinta' (kok malah kayak FTV sih -_-). Ini lebih kalem mainnya, iya sih nggak ada status pacaran tapi tiap malem non stop ngajak chatting. Ambil sikap dong, Cantik. Misal sehari biasanya chatting 100 kali, langsung kita korting jadi 50 kali sehari, lama-lama jadi 2 kali sehari, kemudian 2 hari sekali, terus begitu sampai kita nggak balas chatting dia kalau isinya cuma begini, "Adek, udah berangkat kuliah? Semangat ya Adek, inget mama dan papa. Kalau ada yang kususahan hubungi Kakak." Akan tiba suatu saat dia 'komplain' kenapa nggak pernah dibalas, itu saat yang pas untuk menjelaskan semua.
3. Tipe Cowok Pantang Mundur
Teman-teman sudah tegas menolak dengan berbagai argumen, tapi dia nggak terima malah makin agresif. Cuekin aja, nggak perlu ditanggapi kalau dia aneh-aneh (contoh aneh-aneh adalah ketika dia bilang ke teman sekelas/sekantor kalau kalian sudah resmi pacaran). Makin menjadi-jadi nih... coba minta tolong ke teman untuk mediasi bertiga tentang sikap cowok itu lalu klarifikasi ulah aneh-anehnya.
4. Tipe Cowok Melankolis
Punya teman cowok melankolis yang tiba-tiba nembak? Masalahnya apa? Ya jelas argumen-argumennya yang bikin kita nggak tega . Ditegasin takut dia tersinggung karena perasaannya rapuh, dilembutin malah rawan kegeeran. Alih-alih kita ingin menjaga perasaannya, malah dibuat bingung sendiri. Coba gunakan bahasa yang agak melankolis juga, misalnya begini, "Kamu baik banget sama aku. Tapi maaf, nggak pacaran aja aku belum bisa sepenuhnya cinta Allah, apalagi kalau pacaran. Kurasa kita cukup sebagai teman." Selamat mencoba.
Yah, pada dasarnya sih dikembalikan lagi ke kita. Kita yang lebih paham tentang karakter mereka yang nembak. Yang perlu diingat adalah, tembak menembak adalah salah satu ujian dari-Nya. Kalau kita punya prinsip yang kuat, argumen apapun pasti bisa kita balas. Selamat menempuh ujian, semoga sukses :)))
Mohon maaf jika ada salah kata.
KAMU SEDANG MEMBACA
Quotes islami (kumpulan doa)
SpiritualYang di share di sini bukan hanya sebuah Qoutes islami, namun juga ada kumpulan doa-doa sederhana yang bisa kita hafal, dan insya allah bermanfaat.. ~♥~Jika kamu tak seberani KHADIZAH yang berani lebih dulu, mengungkapkan rasa kepada Rasullullah...