Hidup manusia terdiri dari kumpulan waktu-waktu. Setiap kegiatan dan peristiwa yang dilaluinya tidaklah bisa terlepas dariwaktu. Maka dari itu, waktu sangatlah penting bagi manusia pada umumnya, terlebih lagi bagi seorang Muslim. Seorang Muslim yang baik akan senantiasa memandang bahwa setiap waktu yang dilakukannya merupakan ibadah.
Jika sebagian orang menjadikan “waktu adalah uang” sebagai moto hidupnya, maka seorang muslim hendaknya menjadikan "waktunya adalah ibadah". Hendaknya ia meniatkan setiap waktu yang dilaluinya untuk melakukan kegiatan yang diniatkan ibadah.
Namun pada kenyataannya, kebanyakan dari kita cenderung lalai tatkala diberikan nikmat kesehatan dan waktu luang. Di kala sehat dan memiliki banyak waktu sering kali rasa malas dan acuh tak acuh dalam melakukan ibadah menghampiri diri kita. Barulah ketika sakit menimpa, rasa penyesalan datang dan saat itu biasanya kita akan sadar serta berpikir bahwa waktu itu amatlah berharga.
Sebagai seorang muslim kita harus mampu memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh bagi kita untuk menyia-nyiakan waktu hanya untuk bersenang-senang di dunia ini. Dan jangan sampai kita menjadi orang yang menyesal dan merugi atas waktu yang telah kita sia-siakan.
Sebagaimana firman Allah yang dengan tegas bersumpah bahwa
"Demi masa, manusia sejatinya dalam kerugian yang besar. Namun kerugian tersebut tidaklah dialami oleh mereka yang menggunakan waktunya untuk beramal shalih dan saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran." (QS. Al-'Ashr)
Semoga Allah menjadikan kita termasuk golongan orang-orang yang bisa memanfaatkan waktu hidup di dunia ini dengan sebaik-baiknya, yaitu untuk beribadah kepadaNya, dan kita dijauhkan dari sifat lalai dan malas dalam melakukan ketaatan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Quotes islami (kumpulan doa)
SpiritualYang di share di sini bukan hanya sebuah Qoutes islami, namun juga ada kumpulan doa-doa sederhana yang bisa kita hafal, dan insya allah bermanfaat.. ~♥~Jika kamu tak seberani KHADIZAH yang berani lebih dulu, mengungkapkan rasa kepada Rasullullah...