15

9.9K 893 253
                                    


Hari ini acara aqiqah Srestha.

Udah tiga minggu dari hari kelahiran Srestha.

Acara aqiqahnya sederhana, seperti acara aqiqah pada umumnya, ada pengajian dan penyembelihan kambing serta potong rambut Srestha untuk yang pertama kalinya. Karena Srestha laki-laki, kami menyembelih dua kambing untuk dibagikan ke para tamu undangan dan tetangga sekitar rumah.

Srestha pinter banget selama acara aqiqah berlangsung dia bobo pules banget dan nggak rewel. Padahal kan rame banget karena ada rebana dan segala macamnya. Baru setelah rangkaian acara pengajian selesai, dan pas waktunya motong rambut, Srestha kebangun pas Kai lagi setengah motong rambutnya.

Untungnya nggak nangis sih sampai rambutnya habis dipotong. Anak pinter emang.

Sekarang kepala Srestha udah botak lagi. Lucu banget.

Nggak kerasa ya, udah hampir sebulan gue jadi orang tua. Masih selalu belajar tiap harinya, mengamati perkembangan Srestha setiap saat.

Secara fisik, Srestha udah mulai berubah sejak minggu-minggu awal kelahirannya. Dia udah semakin bersih dan kerutan-kerutan di badannya udah mulai menghilang.

Kemarin juga gue cek ke DSA-nya berat badannya udah naik terus dan perkembangannya wajar.

*

Dulu pas gue belum punya anak gue suka bertanya-tanya gitu kalau liat emak-emak baru yang kerjaannya ngepost foto anaknya, ngapain gitu semuanya dipost? Kayak dikit-dikit dipost kan agak gimana gitu gue liatnya.

Ternyata pas gue jadi mama, sama aja.

Tapi gue nggak sering ngepost foto Srestha sih. Cuma emang apapun kegiatan Srestha pasti gue foto dan videoin.

Ya namanya jaman makin canggih ya biar makin banyak aja kenangan masa kecilnya. Bisa buat kenang-kenangan nantinya. Sekarang aja gue seneng liatinnya. Gimana nanti kalau udah gede.

Kebiasaan sejak hamil dan selama beberapa minggu kemarin, gue sama Kai emang udah bacain buku buat Srestha. Karena gue pernah baca emang sebisa mungkin sering dibacakan cerita sejak dari dalam kandungan. Katanya nantinya si anak bakal lebih cepet belajar karena udah sering berinteraksi sejak dalam kandungan.

Kalau untuk usia sebulan Kai banyak ngebacain cerita sederhana atau nunjukin gambar hitam putih dan gambar yang high-contrast. Buat menstimulasi penglihatan Srestha. Karena baru lahir kan penglihatannya belum terlalu jelas.

Dan ketika masuk satu bulan, Srestha udah mulai bisa ngerespon dengan cukup baik. Keliatan dari Srestha yang kadang mulai ngikutin gerakan wajah gue atau Kai saat kita berdua ngajak dia ngobrol. Frekuensinya belum terlalu sering sih, tapi beberapa kali gue godain Srestha dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri, Srestha ngasih respon dengan mengikuti arah wajah gue.

Gimana ya nyeritainnya, tapi punya anak tuh luar biasa banget rasanya.

Senengnya tuh seneng yang sederhana banget, kayak misalnya pas gue becandain Srestha dengan membelalakkan mata gue, Srestha juga ikut melebarkan matanya. Seakan-akan dia juga mengerti kalau gue lagi becandain dia.

Satu hal lagi yang bikin gue sama Kai seneng banget di bulan pertama ini.

Di usia yang belum ada satu bulan kemaren, suara gue sama suara Kai jadi favoritnya Srestha. Karena dia selalu ngasih respon tersenyum kalau gue sama Kai manggil-manggil nama dia atau ngajak dia ngobrol.

Gitu doang udah bahagia banget gue.

Apalagi kalau ngeliat Kai sama Srestha lagi main-main, makin bahagia aja. Adem banget ngeliatnya.

Ad Astra Per AsperaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang