18

8.4K 831 207
                                    


Setelah drama nggak mau makan kemaren, akhirnya Srestha sekarang udah mau makan lagi.

Makannya lahap banget bikin gue seneng.

Emang cuma satu kuncinya, sabar. Dan guenya juga nggak boleh egois.

Gue selalu mikir Srestha harus makan biar dia nggak kekurangan gizi, padahal tujuan bayi enam bulan mulai makan tuh bukan cuma biar nggak kekurangan gizi atau naikin berat badan aja. Tapi biar Srestha juga menikmati proses makannya.

Srestha tuh baru enam bulan dan dia baru aja mengenal makanan.

Proses mengenal makanan itu nggak mudah, setelah selama enam bulan kemarin cuma cairan aja yang masuk ke tubuhnya. Kemudian sekarang mulai pengenalan ke berbagai makanan dengan berbagai rasa alaminya, tentu aja nggak mudah buat Srestha.

Jangankan bayi, kita yang udah sebesar ini kalau nyoba makanan baru dan nggak suka aja pasti nggak mau nyoba lagi. Apalagi bayi yang masih ada ditahap pengenalan.

Dan lagi kalo fokusnya cuma biar berat badannya selalu naik, ya jadinya kayak gue kemaren.

Memaksa Srestha buat makan.

Sampe dia mungkin marah sama gue karena terlalu maksa dia buat makan.

Sekarang juga gue kalo nyuapin Srestha makan sambil cerita-cerita biar dia antusias.

"Kak, coba ini diliat makanannya warnanya bagus ya? Orange." Gue  udah mendudukan Srestha di baby snug-nya buat sarapan. Menu pagi ini gue bikinin puree wortel.

"Ini namanya wortel, warnanya orange. Wortel ini bagus loh buat kesehatan matanya Srestha." Sambil cerita sambil gue suapin pelan-pelan dan mungkin karena tertarik warnanya yang cerah Srestha makan lahap-lahap aja.

"Kalo Srestha makan wortel nanti mata Srestha jadi sehat. Coba, anak mama yang pinter mau nggak matanya sehat?"

Gue tuh udah kayak apaan aja deh, ngomong sendirian tiap kali nyuapin Srestha.

Tapi setidaknya kalau gue ajak ngobrol gitu dia kayak merhatiin, ya walaupun mukanya bingung juga ngeliatin guenya.

Mungkin dipikirannya dia. "Emak gue pidatonya lama banget dah, nggak tau gue udah laper."

Sabar ya nak, mama lagi berjuang buat nyuapin kamu.

Nah, setelah lulus MPASI menu tunggal selama dua minggu ini, selanjutnya menu makan Srestha naik bertahap lagi.

Jadi kemarin dia makan kan cuma makan satu jenis makanan aja, sekarang Srestha makannya mulai menu 4 bintang.

MPASI 4 bintang itu bahan-bahan makanannya harus mengandung 4 macam kandungan. Karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur.

Terus kadang ditambah santan atau minyak kelapa sebagai lemaknya. Tapi tetep belum boleh pake gula sama garam.

Kadang biar ada aromanya gue kasih bumbu alami kayak bawang merah, bawang putih, daun salam atau bumbu dapur lainnya.

Tekstur makanannya juga masih lembut. Nanti kalau udah sembilan bulan baru gue kenalin ke tekstur yang agak kasar terus kalau udah satu tahun baru deh ke tekstur yang kasar bahkan makanan kayak yang gue makan.

Buat menu pertama 4 bintang Srestha, pagi ini gue udah nyiapin beberapa bahan. Kentang, daging ayam, tahu, sama brokoli.

Alhamdulillah, Srestha mau makan lahap walaupun nggak habis bersih. Disisain satu sendok makannya Srestha, gue suapin tetep nggak mau ya udah nggak papa kan udah makan banyak juga.

Seenggaknya dia nggak nolak buat makan menu barunya.

***

Dua minggu lagi hari pernikahan Seulgi sama Mino.

Ad Astra Per AsperaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang