20

8.9K 845 204
                                    


"Yang, bekal aku mana?"

"Itu di meja makan." Gue menoleh sekilas ke ruang makan. Tadi bekal Kai udah gue siapin dan gue taruh di meja makan. Kai mengambil bekalnya kemudian mendekati gue sama Srestha.

"Papa berangkat dulu ya jagoan." Kai mencium pipi Srestha yang lagi duduk anteng di kursi makannya.

Lagi sarapan anaknya.

Dari usia sepuluh bulan kemarin Srestha udah mulai makan makanan yang bertekstur agak kasar.

Jadi makannya udah bukan yang halus banget.

Seringnya gue bikinin nasi tim dengan berbagai variasi lauk buat memenuhi kebutuhan gizinya. Alhamdulillah, selama mulai makan nasi tim ini Srestha belum ada masalah makan lagi.

Dia seneng dan menikmati proses makannya, bahkan lahap banget. Dan kayaknya sampe sekarang belum ada makanan yang dia nggak suka.

Masuk di usia sebelas bulan ini gigi Srestha juga numbuh lagi. Sekarang giginya empat.

Dua di atas dan dua di bawah.

"Wah, lahap banget makannya?" Kai mengomentari Srestha yang sekarang lagi nyuapin sendok dari mangkok makannya.

Srestha udah gue latih buat makan sendiri dari usia sepuluh bulan lalu. Ya walaupun kadang masih suka berceceran makanannya tapi dia udah lumayan luwes megang sendok.

"Persiapan buat besok udah siap semua, yang?" Kai menanyai gue yang hanya gue  balas anggukan.

Besok gue sama Srestha mau berangkat ke Solo. Ketemu sama eyang-nya Srestha karena ayahnya Kai ulang tahun.

Ini bakalan jadi pengalaman pertama Srestha naik pesawat. Dan pengalaman gue juga ngebawa anak naik pesawat.

Gue sama Kai nggak bisa berangkat bareng karena Kai ada jadwal ngajar sampe Kamis. Jadi gue berangkat duluan hari Rabu dan baru Kamisnya Kai nyusul pulang ke Solo karena Jumatnya libur.

Buat berangkat besok gue ditemenin sama Jaehyun karena Kai nggak tega kalo gue sendirian dalam pesawat sama Srestha doang. Karena ini baru pertama kalinya, takut Srestha rewel makanya ngajak Jaehyun.

Ya walaupun perjalanan Jakarta ke Solo paling cuma sejam lebih tetep aja gue khawatir apalagi Srestha baru pertama kali.

Karena Srestha lagi seneng banget berdiri sambil merambat. Udah kayak mau jalan dan kemaren juga udah berhasil berdiri sendiri dan jalan walapun cuma dua langkah.

Sekarang kerjaan gue tiap pagi adalah ngejagain Srestha yang udah mulai belajar jalan.

Emang baru selangkah dua langkah, tapi dia kayak penasaran gitu makanya suka banget berdiri terus nyoba buat jalan.

Kadang gue tuntun juga biar langkahnya agak panjangn dikit. Dan pas gue tuntun Srestha pegangan kenceng banget ke tangan gue. Takut gue lepasin kali ya.

"Pinternya Srestha udah jalan muterin ruang tamu. Nanti coba jalan sendiri ya, kak. Nggak dibantu Mama."

"Papa."

"Papanya belum pulang sayang, Srestha pengen jalan sama papa ya?"

"Papa."

"Ta."

Ya gitu aja dia lagi suka banget ngomong mama, papa, Ta.

Kadang ditambah babbling yang masih belum gue mengerti tapi gue tanggepin aja biar Srestha seneng.

*

Hari ini gue udah siap dari pagi tinggal nungguin Jaehyun dateng.

Srestha yang emang lagi seneng banget jalan jadi dia maunya dititah mulu kemana-mana. Ini aja gue sama Kai udah muterin komplek karena Srestha minta ditemenin jalan.

Ad Astra Per AsperaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang