05

589 32 0
                                    


Bismillahirrahmanirrahim




Al-Baqarah



Ayat 132



وَوَصَّىٰ بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ


Artinya :

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'qub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".


Karena manusia itu biasanya akan mati sesuai dengan kepercayaan yang diyakininya dan dibangkitkan sesuai dengan keadaan ketika matinya. (Shofatul al-Bayan)





Ayat 133



أَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوبَ الْمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيهِ مَا تَعْبُدُونَ مِنْ بَعْدِي قَالُوا نَعْبُدُ إِلَٰهَكَ وَإِلَٰهَ آبَائِكَ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ إِلَٰهًا وَاحِدًا وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ


Artinya :

Adakah kamu hadir ketika Ya'qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".


Abu Musa (al-Asy'ari) berkata, "Saya pernah bertanya kepada Rasulullah, 'Siapakah orang Muslim yang paling baik?' Beliau menjawab, 'Siapapun yang orang Muslim lainnya merasa nyaman dari lisan dan tangannya (ucapan dan perbuatannya)'."  (HR.Bukhari Muslim)


Dari Abdullah bin Umar bahwa Nabi saw. bersabda, "Seorang Muslim adalah yang  orang Muslim lainnya merasa nyaman dari lisan dan tangannya (ucapan dan perbuatannya) dan orang yang hijrah adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah padanya."  (HR. Bukhari Muslim)



Ayat 143



وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنْتَ عَلَيْهَا إِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَتَّبِعُ الرَّسُولَ مِمَّنْ يَنْقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ ۚ وَإِنْ كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلَّا عَلَى الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ ۗ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ


Artinya :

Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia.


Dari Abu Sa'id al-Khudri berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Pada hari kiamat seorang nabi akan datang bersama dua orang laki-laki atau lebih. Maka, umatnya akan dipanggil, lalu ditanyakan kepada mereka, 'Apakah dia telah menyampaikan kepada kalian?' Mereka menjawab, 'Tidak'. Maka, ditanyakan kepadanya, 'Apakah engkau telah menyampaikan kepada umatmu?' Ia menjawab 'Ya'. Lalu ditanyakan, 'Siapakah yang menjadi saksi untukmu?' Ia menjawab 'Muhammad dan umatnya.' Maka, ditanyakan kepada mereka (umat Muhammad), 'Apakah orang ini telah menyampaikan kepada umatnya?' Mereka menjawab, 'Ya'. Lalu mereka ditanya kembali, 'Apa bukti kalian?' Mereka menjawab, 'Nabi kami telah datang kepada kami dan memeberitahukan kami bahwa para rasul telah menyampaikan'."



Dari Abu Sa'id al-Khudri berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Pada hari kiamat, Nuh akan dipanggil. Maka, dia berkata, 'Aku penuhi panggilanMu wahai Tuhanku.' Lalu Tuhan berfirman,' Apakah engkau telah menyampaikan?' Beliau menjawab 'Ya'. Lalu ditanyakan kepada umatnya, 'Apakah dia telah menyampaikan kepada kalian?' Mereka menjawab, 'Tidak ada seorang pun yang memberi  peringatan kepada kami'. Kemudian Allah berfirman, 'Siapakah yang menjadi saksi untukmu?' Beliau menjawab, 'Muhammad dan umatnya'. Maka, kalian (umat Muhammad) bersaksi bahwa beliau telah menyampaikan, dan Rasulullah saw. menjadi saksi atas kalian." (HR. Ahmad dan Tirmizi)




Alhamdulillah






Kumpulan Hadits Berkaitan dengan Ayat Al-Qur'anTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang