Orang-Orang Jahiliyah

507 23 0
                                    


Bismillahirrahmanirrahim



Q.S Ali-Imran ayat 154



ثُمَّ أَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ بَعْدِ الْغَمِّ أَمَنَةً نُعَاسًا يَغْشَىٰ طَائِفَةً مِنْكُمْ ۖ وَطَائِفَةٌ قَدْ أَهَمَّتْهُمْ أَنْفُسُهُمْ يَظُنُّونَ بِاللَّهِ غَيْرَ الْحَقِّ ظَنَّ الْجَاهِلِيَّةِ ۖ يَقُولُونَ هَلْ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ مِنْ شَيْءٍ ۗ قُلْ إِنَّ الْأَمْرَ كُلَّهُ لِلَّهِ ۗ يُخْفُونَ فِي أَنْفُسِهِمْ مَا لَا يُبْدُونَ لَكَ ۖ يَقُولُونَ لَوْ كَانَ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ شَيْءٌ مَا قُتِلْنَا هَاهُنَا ۗ قُلْ لَوْ كُنْتُمْ فِي بُيُوتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِينَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ إِلَىٰ مَضَاجِعِهِمْ ۖ وَلِيَبْتَلِيَ اللَّهُ مَا فِي صُدُورِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِي قُلُوبِكُمْ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ



Artinya:

Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu, sedang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?". Katakanlah: "Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah". Mereka menyembunyikan dalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata: "Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini". Katakanlah: "Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh". Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati.


Dari Zubair, ia berkata, "Aku yakin benar bahwa pada hari perang Uhud, kami (sahabat Nabi) merasakan ketakutan yang luar biasa, lalu Allah mengirimkan rasa kantuk yang luar biasa, sehingga semua kepala kami terkulai di dada. Demi Allah, aku mendengar ucapan Mu'attib bin Qusyair seakan-akan dalam mimpi : 'Sekiranya ada sesuatu yang dapat kita perbuat dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan terkalahkan di tempat ini', Maka aku hapalkan kata-kata itu, kemudian Allah menurunkan ayat tentang kejadian itu (QS. 3:154)




Q.S Al-Ma'idah ayat 50



أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ ۚ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ


Artinya:

Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?


Rasulullah saw. bersabda: "Ada tiga golongan manusia yang dibenci Allah : Orang yang keterlaluan dalam sesuatu yang haram, orang yang mencari kebiasaan Jahiliyyah di dalam islam, dan orang yang menuntut darah seseorang tanpa alasan yang dibenarkan agar ia dapat mengalirkan darahnya" (HR. Bukhari, kitab ad-Diyat,9)



Q.S Al-An'am ayat 31



قَدْ خَسِرَ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِلِقَاءِ اللَّهِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءَتْهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً قَالُوا يَا حَسْرَتَنَا عَلَىٰ مَا فَرَّطْنَا فِيهَا وَهُمْ يَحْمِلُونَ أَوْزَارَهُمْ عَلَىٰ ظُهُورِهِمْ ۚ أَلَا سَاءَ مَا يَزِرُونَ


Artinya :

Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan; sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: "Alangkah besarnya penyesalan kami, terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu!", sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amat buruklah apa yang mereka pikul itu.


Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Abu Marzuq, dia berkata : "Ketika orang-orang kafir atau para pendosa keluar dari kuburnya, mereka disambut dengan sosok yang sangat buruk bentuknya dan paling busuk baunya. Orang kafir itu bertanya : Siapa kamu? Sosok itu menjawab: Apakah kamu tidak mengenali aku? Si kafir menjawab : Demi Allah saya tidak mengenalimu melainkan sosok yang berwajah sangat buruk dan berbau yang sangat busuk, sosok itu menjawab: Sayalah amal perbuatanmu yang buruk itu, beginilah wujudku akibat perbuatanmu yang buruk dan busuk selama di dunia, selama engkau menunggangiku ketika di dunia, selama itu pula aku akan selalu mendampingimu. (Tafsir Ibnu Kasir, juz 2, hal 129)





Sumber gambar : https://kumparan.com/islamic-quotes/perintah-untuk-menjaga-kehormatan-bagi-wanita





Alhamdulillah





Kumpulan Hadits Berkaitan dengan Ayat Al-Qur'anTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang