Perlindungan dan Balasan Oleh Allah untuk Orang yang Beriman

343 7 0
                                    


Bismillahirrahmanirrahim





Q.S. Al-Hajj ayat 78



وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ ۚ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ ۚ مِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ ۚ هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ وَفِي هَٰذَا لِيَكُونَ الرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ ۚ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلَاكُمْ ۖ فَنِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ



Artinya :

Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.


Dari Abu Umamah r.a, Nabi saw. bersabda, "Sungguh aku tidak diutus dengan membawa agama Yahudi atau Nasrani tetapi aku diutus dengan membawa agama yang lurus dan toleran. Demi Zat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh pagi dan sore (dalam pekerjaan) di jalan Allah itu lebih baik daripada dunia dan seisinya dan berdirinya kalian dalam shaf (berjamaah) lebih baik dari salatnya (sendirian) selama 60 tahun." (HR. Ahmad)


Rasulullah saw. bersabda kepada Muadz dan Abu Musa al-Asy'ari ketika mereka akan diutus menjadi pimpinan di Yaman, "Berikanlah kabar gembira, jangan kalian membuat orang menjadi benci dan permudahlah, jangan mempersulit (dalam semua urusan)." (HR. Bukhari dan Muslim)





Q.S. Al-Imran ayat 57



وَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَيُوَفِّيهِمْ أُجُورَهُمْ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ



Artinya :

Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka; dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.



Nabi saw. bahwa beliau bersabda dengan menyampaikan firman Allah SWT yang berbunyi : "Wahai hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan bagi-Ku perbuatan zalim, dan Aku haramkan juga bagi kalian, maka janganlah kalian berlaku zalim antar sesama kalian." (HR. Muslim)


Dan diriwayatkan juga dari Jabir bahwa Rasulullah bersabda, "Jauhilah oleh kalian perbuatan zalim, karena sesungguhnya perbuatan zalim akan mendatangkan bencana besar pada hari kiamat, dan jauhilah perbuatan keji karena sesungguhnya Allah SWT. tidak menyukai perbuatan keji dan perkataan kotor, dan hindarilah sifat kikir, karena sesungguhnya kekikiran telah membinasakan orang-orang sebelum kamu, mereka melakukan pertumpahan darah dan menghalalkan semua yang telah diharamkan kepada mereka." (HR.Bukhari)


Rasulullah saw. bersabda, "Ada dua sifat yang apabila salah satunya dimiliki oleh umatku, maka tiadalah dia mendapatkan syafaatku ada hari kiamat nanti, yaitu pemimpin yang zalim lagi lalim, dan pemimpin yang menyimpang dari kebenaran'." (HR.Tabrani)


Rasulullah saw. bersabda, "Do'a seseorang yang dizalimi sangat mudah terkabul, Apabila seseorang berbuat aniaya (dosa), maka akibat perbuatannya akan kembali pada dirinya sendiri." (HR.Ahmad)





Alhamdulillah

Kumpulan Hadits Berkaitan dengan Ayat Al-Qur'anTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang