Bismillahirrahmanirrahim
Al-Imran ayat 173
الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ
Artinya :
(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung".
Anas mengungkapkan bahwa Rasulullah saw. apabila pergi berperang beliau berdoa " "Ya Allah, Engkau adalah penopangku dan penolongku, karena Engkaulah aku membuat siasat, karena Engkaulah aku mempertahankan diri dan karena Engkau pulalah aku berperang." Tirmizi mengatakan Hadis ini adalah hasan. (Al-Azkar, hal. 179)
Al-Anfal ayat 64
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ حَسْبُكَ اللَّهُ وَمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ
Artinya :
Hai Nabi, cukuplah Allah (menjadi Pelindung) bagimu dan bagi orang-orang mukmin yang mengikutimu.
At-Taubah ayat 129
فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ
Artinya :
Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung".
Abu Daud meriwayatkan dari Ummu Ad Darda' dia berkata : Barangsiapa di pagi maupun sore membaca (Hasbiyallahu la ilaha illa hua 'alaihi tawakkaltu wa hua rabbul 'arsyil 'azimi ) sebanyak tujuh kali, niscaya akan Allah selamatkan dia dari apa-apa yang membahayakan. HR.Ibnu 'Asakir. (Tafsir Ibnu Kasir juz 2/hal.405)
Q.S. Al-Kahf ayat 23
وَلَا تَقُولَنَّ لِشَيْءٍ إِنِّي فَاعِلٌ ذَٰلِكَ غَدًا
Artinya :
Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi,"
Q.S. Al-Kahf ayat 24
إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ ۚ وَاذْكُرْ رَبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَىٰ أَنْ يَهْدِيَنِ رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَٰذَا رَشَدًا
Artinya :
kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini".
Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a, bahwa Rasulullah saw. bersabda : "Barangsiapa yang lupa salat, maka salatlah ketika ia ingat, tidak ada kafarat (penebus) kecuali dengan mendirikan salat." (HR.Bukhari Muslim).
Q.S. Az-Zumar ayat 36
أَلَيْسَ اللَّهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ ۖ وَيُخَوِّفُونَكَ بِالَّذِينَ مِنْ دُونِهِ ۚ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ
Artinya :
Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hamba-Nya. Dan mereka mempertakuti kamu dengan (sembahan-sembahan) yang selain Allah? Dan siapa yang disesatkan Allah maka tidak seorangpun pemberi petunjuk baginya.
Q.S. Az-Zumar ayat 38
وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ ۚ قُلْ أَفَرَأَيْتُمْ مَا تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ أَرَادَنِيَ اللَّهُ بِضُرٍّ هَلْ هُنَّ كَاشِفَاتُ ضُرِّهِ أَوْ أَرَادَنِي بِرَحْمَةٍ هَلْ هُنَّ مُمْسِكَاتُ رَحْمَتِهِ ۚ قُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ ۖ عَلَيْهِ يَتَوَكَّلُ الْمُتَوَكِّلُونَ
Artinya :
Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?", niscaya mereka menjawab: "Allah". Katakanlah: "Maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharatan kepadaku, apakah berhala-berhalamu itu dapat menghilangkan kemudharatan itu, atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka dapat menahan rahmat-Nya?. Katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku". Kepada-Nya-lah bertawakkal orang-orang yang berserah diri.
Dari Ibnu 'Abbas r.a. Rasulullah saw. bersabda : " Barangsiapa yang ingin menjadi manusia terkuat maka hendaklah ia bertawakkal kepada Allah SWT dan barangsiapa yang ingin menjadi manusia terkaya maka hendaklah ia yakin bahwa apa yang di sisi Allah SWT melebihi apa yang ada pada sisinya, dan barangsiapa yang ingin menjadi manusia termulia maka hendaklah ia bertakwa kepada Allah 'Azza wa Jalla". (HR. Ibnu Abi Hatim)
Alhamdulillah
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Hadits Berkaitan dengan Ayat Al-Qur'an
SpiritualeMengenai hadits-hadits yang berkaitan dengan ayat Al-Qur'an Dari Usman bin Affan r.a. ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Orang terbaik dari kamu ialah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya". (HR.Bukhari). ...