Pengharapan

196 4 6
                                    

Belum ada 30 menit berangkat ke kantor, piyo sudah pulang lagi ke rumah. Tergesa-gesa sekali langkah nya, raut wajah nya pun terlihat panik.

"Assalamualaikum, sayang... !!! Teriak piyo sambil membuka pintu rumah dan berlari masuk ke dalam, ruang kamar.

"Waallaikumsallam bang... " jawab iara
"Udah pulang ? Cepet banget ? Ada apa ? Ada masalah di jalan ? " Karena jarak tempuh dari rumah mereka ke kantor lebih dari 30 menit.

"Mamak sakit sayang... " jawab piyo sambil mengemas barang-barang nya ke dalam tas.
"Dian (adik bungsu piyo) nelpon katanya mamak masuk rumah sakit "
"Jadi abang pulang hari ini"
"Kamu di rumah aja, gak usah ikut nanti kecapean di jalan"
"Abang udah izin tadi sama bos" cerita piyo panjang.

"Abang yakin mamak sakit ? Coba tanya bener-bener untuk meyakinkan " lanjut iara.

Iara berbicara seperti itu bukan tanpa alasan, ibu mertua nya ini sudah sering kali berbohong tentang kondisi nya. Pernah sewaktu piyo masih jadi anak kuliyahan, piyo yang saat itu sedang ujian skripsi tiba-tiba di telpon kalo mamak nya pingsan. Pas piyo sampe rumah, mamak nya terlihat sehat. Saat di tanyakan ke adik piyo, adik nya menjawab mamak cuma kangen aja sama piyo.

Menjadi lebih parah ketika piyo sudah menikah dengan iara, beberapa kali kejadian seperti ini. Di telpon kalo ibu nya sakit, ibunya di rawat, atau ibu nya pingsan, ternyata itu semua gak bener. Piyo sampe rumah, ibu nya baik-baik saja. Kalo piyo tanya kenapa bohong begitu, jawaban nya bikin anak laki-laki semata wayang keluarga mertua iara ini meleleh bak coklat di panasin.

"Mamak kenapa bohongin piyo ?" Tanya piyo
"Mamak kangen sama kamu" jawab sang ibu

Padahal tiap hari mereka telponan, video call, sms an, wa an, komen-komen di facebook sampe iara kadang ngerasa gak di anggap. Tapi tetep aja kejadian yang sama berulang lagi kali ini, iara jelas tidak bisa mencegah nya. Itu ibu yang sangat suami nya cintai, tapi iara juga tidak rela kalo terus-menerus piyo di bohongi seperti ini.

"Ya allah, aku gak boleh suudzon"
"Siapa tau ibu emang bener-bener di rawat"
"Semoga ibu baik-baik saja" pikir iara

Piyo sibuk mondar-mandir susun ini itu, persiapan pulang kerumah orang tua nya. Iara cuma melongo sambil ngelamun, berasa de javu karena kejadian ini sudah sering dan berulang.

"Sayang, abang pulang dulu ya"
"Nanti kalo udah sampe rumah abang kabarin" pesan piyo ke iara

Tampak sekali wajah cemas piyo, iara tau piyo amat sangat menyayangi ibu nya. Piyo pasti mengkhawatirkan keadaan ibu nya sekarang,

"Abang udah nelpon dian lagi ?" Tanya iara

"Udah tapi gak di angkat"
"Nelpon bapak juga gak di angkat"
"Nelpon sodara deket juga sama gak di angkat" lanjut piyo

"Semoga kali ini bukan berita sakit bohongan lagi" bisik iara

Keeaokan harinya pukul 5.00 subuh iara bangun untuk sholat subuh, setelah sholat iara mengecek hp apakah piyo sudah sampe di rumah atau belum. Tidak ada sms, wa, atau pun telpon.

"Kemana abang ini ?"
"Gak mungkin kalo belum sampe" pikir iara

Jarak dari tempat tinggal iara ke rumah mertua nya itu 12 jam perjalanan menggunakan bis, dan ini sudah lebih dari 12 jam. Gak ada kabar berita,

"Apa iya ibu bener-bener sakit ?"

Iara menelepon hp piyo ternyata hp nya mati, akhirnya iara menelepon dian walau baru di sambut setelah puluhan kali mencoba.

"Assalamualaikum" iara memberi salam
"Waallaikumsallam mbak ia, ada apa ?" Adik piyo menjawab

"Ada abang piyo dek ? "
"sampe jam berapa malem tadi ? Tanya iara

My husband, My Guardian AngelTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang