Bagian 41

3.3K 264 39
                                    

Alder's POV

"Lusa lo bakal ke prom bareng Deva, 'kan?"

Gue berhenti sejenak buat jawab pertanyaan Rakha, "Iya," terus ngelanjutkan jalan menuju parkiran buat ngambil motor kemudian pulang ke rumah.

Jangan tanya Deva pulang sama siapa, dia dijemput sama supirnya akhir-akhir ini. Dan Rakha, sejak ada something yang menyangkut Deva—yang enggak lain adalah sahabat kita berdua dari SMP—gue sama dia udah berteman baik lagi dan seakan ngelupain masalah yang tempo hari datang waktu gue masih jadi pacarnya Tari. Karena gue sama Rakha punya misi yang sama. Ingin mewujudkan keinginan Deva.

Asal kalian tahu, mungkin gue yang pertama kali jadi sahabat Deva, tapi kemudian, gue ketemu sama Rakha dan dia nyambut baik Deva saat itu, beda dari ekspektasi gue yang ngira dia bakal mandang gimana ke Deva. Gue juga sedikit berterima kasih sama Rakha, karena dengan dia yang selalu deket sama Tari di saat gue sibuk sama Deva, seenggaknya bisa bikin Tari sedikit-dikit ngehilangin gue dari kehidupannya.

"Gimana hubungan lo sama Tari?" Entah kenapa gue tadi nanya gitu ke Rakha.

Sebelum ngejawab, dia terkekeh. "Dia asyik kok orangnya. Tapi semenjak lo putus sama dia, gue nggak ada lagi ketemu sama dia. Bahkan ngehubungin dia lewat chat aja enggak. Tugas gue udah selesai, ya, 'kan?"

"Anjing emang lo!"

"Gue, sih, inget sama perjanjian kita, Man. Kalo dia sampe baper ke gue, kan, berabe jadinya."

Rasanya ada sebagian dari diri gue yang ngerasa nggak terima Tari digituin. Gue semakin ngerasa bersalah sama dia.

"Bro, liat tuh."

Gue ngikutin arah pandangan Rakha, ketika kita udah hampir nyampe di parkiran. Dan walaupun gue cuma liat punggungnya, tapi gue tahu itu Tari. Dia lagi ngobrol sama seorang cowok yang langsung gue tahu siapa cowok itu.

Aldo. Dari yang gue liat, mereka cuma basa-basi bentar abis itu Tari langsung diajak sama Aldo naik ke motornya. Dan sampe mereka keluar dari gerbang pun, gue masih liatin mereka.

"Cemburu lo liat Tari jalan sama cowok lain?" Rakha masih berdiri di samping gue. "By the way, siapa tuh cowok? Kayak udah deket banget sampe nganterin pulang segala. Apa mereka punya hubungan khusus?"

"Bodo amatlah gue. Mau CLBK kali mereka!" Setelah ngomong gitu, gue langsung cabut ninggalin Rakha.

***

"Setelah kenaikan kelas, kalian berdua tunangan, ya?"

Tante Riska kelihatan antusias atas ucapannya barusan, sedangkan Om Iqbal cuma tersenyum buat nyetujuin keinginan anak mereka, Deva. Gue? Gue cuma bisa pasrah, mau nggak mau harus mau. Bukan apa-apa, tapi balik lagi, ini masalah hati. Gue nggak bisa gitu aja harus mencintai sahabat sendiri.

Bukan tanpa alasan Deva pengen tunangan di umurnya yang masih muda ini. Tapi dia sadar akan penyakit yang udah menggerogoti tubuhnya, yaitu lambungnya yang semula cuma infeksi, sekarang makin parah dan jadi kanker lambung. Karena itu, dia ingin ngelakuin apa yang dia inginkan mumpung masih ada waktu katanya. Dia kayak, "udahlah, selagi gue masih hidup, gue pengen ngelakuin apa yang gue ingin".

Jelas, gue takut, gue ikut kepikiran atas penyakit sahabat gue ini. Gue ngerasa pasti bakal nyesel seumur hidup kalau memang ini salah satu permintaan terakhirnya.

Sebenarnya, Deva nggak ada niatan mau tunangan sama gue. Ini semua saran dari Tante Riska yang udah memercayakan Deva ke gue, alhasil guelah yang jadi tunangan Deva, karena selama ini Deva nggak pernah bener-bener deket sama cowok selain sama gue. Mungkin itu alasan Tante Riska milih gue. Yang kemudian Deva ngejawab sambil senyum. "Tunangan sama Alder? Not bad, lah." Dan semuanya udah keungkap, 'kan? Alasan kenapa gue bikin skenario ini. Gue mau ngebantu sahabat gue.

Sinetron banget? Tapi emang gini kenyataannya. Deva sakit parah. Dan sebagai sahabat, gue mau ikut andil dalam keinginannya itu. Gue sayang Deva sebagai sahabat. Tapi mungkin, setelah pertunangan nanti... gue bakal berusaha buat cinta sama dia. Gue nggak mau bikin cewek yang gue sayang ngerasa sakit lagi karena gue. Dan gue sadar sekarang, bahwa gue udah nggak ada kesempatan buat balik lagi ke Tari.

****

Truth or Dare (Completed)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang