Basel;
Gue lagi mainan karet rambut hitam yang selalu melingkar di pergelangan tangan kiri gue. Entah kenapa gak pernah lepas sejak gue tarik dari rambutnya Vienna waktu kelas 9. Biasanya dia marah, terus berusaha ngerebut balik iket rambutnya, dan tentu aja karena badan gue lebih tinggi jadi bebas ngisengin. Tapi waktu itu dia lagi bete jadi dia pergi aja. Sejak saat itu iketannya ada di gue, just in case dia butuh buat ngiket rambut.
Walaupun hampir nggak pernah- eh, gak pernah malah. Soalnya rambut panjangnya selalu digerai, atau dia udah punya iketan rambut yang lain.
Terus ngapain gue simpen ya.
Cuaca pagi ini berawan, cerah tapi gak panas, mendukung banget buat cabut.
Tapi Gatra gak masuk, yang lain gak tau juga kemana. Ini ngapain juga gue masuk ya?
Oh, iya, Vienna masuk. Biasanya dia ngomel-ngomel kalo gue sama Gatra gak masuk atau cabut, gue juga gak tau kenapa, padahal temennya banyak.
Oh, katanya sekolah itu penting-walaupun menurut gue biasa aja, sih. Tapi gapapa, lucu mukanya kalo gue tiba-tiba dateng padahal gue bilangnya mau cabut.
Ck. Vienna lagi Vienna lagi.
Anyway, gue lagi di atap gedung utara sekolah, tempat yang gak kepikiran orang-orang buat jadi tempat cabut. Karena akses naik kesininya yang susah, pintunya dikunci. Tapi gue naiknya manjat dari balkon lantai 3 deket kamar mandi yang jarang dipake dan dibilang angker; ada tangga kayak tangga pemadam kebakaran gitu disitu. Lagian ini gedung juga gak ada ruangan buat kelas, cuma perpus, multimedia, ruang komite, sama lab-lab. Jadinya sepi.
Rooftop ini sebenernya dijadiin gudang buat furnitur yang udah gak kepake, gue juga bingung kenapa gak dibuang aja. Alhasil banyak kursi, meja, sama beberapa lemari terbengkalai disini, udah kayak ikea, sahabat rumah anda. Lah malah iklan.
Gue lagi duduk di atas salah satu meja, menikmati cerahnya Jakarta dari atas. Di jalan raya ada bapak-bapak naik motor bawa sayuran yang overload, ada pemulung lewat, di lapangan ada anak-anak gatau kelas berapa lagi pemanasan lari, terus motong jalurnya kalo Pak Aji gak liat. Semua bikin gue ngelamun; sekecil itu ya manusia dari atas sini? Gimana dari atas sana?
Yailah Bas, gak usah sok iye.
Baru aja gue menghembuskan asap kelabu dari mulut, tiba-tiba ada kepala nongol dari pinggiran atap sekolah. Gue hampir ngelempar kursi kalo aja kepala itu gak ada badannya. Tapi ada sih untungnya.
Seorang cewek yang mukanya rasanya familiar MANJAT tangga naik dengan tergesa-gesa, udah kayak ninja warrior. Karena gue ceritanya masih kaget, jadi gue liatin aja. Sampai akhirnya dia ngeliat gue juga, masih dalam posisi berdiri di tangga.
Canggung karena liat-liatan tapi gak ngomong apa-apa, gue ngangkat alis, "Mau dibantuin nggak?"
"Nggak, nggak, makasih." Katanya. Kaki satunya udah nginjek lantai rooftop sekolah. Diikutin sama kaki satunya lagi.
"NYAAA? Udah sih gak usah ngumpet? Percuma, lo bakal dikejar-kejar Bu Ning terus!" Sebuah suara cowok sayup-sayup terdengar dari bawah. Kedengerannya sih jauh.
Cewek itu menghembuskan nafas, kesel. Rambutnya berantakan, keringetan. Seragamnya keluar-keluar—pantesan dikejar-kejar Bu Ning, pasti menurut dia seragam cewek ini kekecilan.
"Pinjem dong," dia nunjuk tangan kanan gue, yang cuma gue liatin, dia mau minjem rokok?
"Itu, iketannya." Katanya sambil mulai ngangkatin rambutnya kaya mau dikuncir kuda.
KAMU SEDANG MEMBACA
the things we do for love; day6
Teen Fiction[HIATUS] Oh, nothing, just a bunch of guys, doing a bunch of stuff just to put a smile on some faces, not knowing it was just a very intense feeling of pure happiness and warmth towards someone... also known as love. ✨notes✨ -day6 lokal -school life