Struktur Kalimat [문장 구조]

5.8K 56 18
                                    

Pada umumnya, pola kalimat Bahasa Korea adalah Subjek - Objek - Kata Kerja. Kata Benda, Kata Keterangan, dan Angka/Nomor muncul sebelum Kata Kerja dan/atau Kata Sifat.

Kalimat bahasa Korea memiliki struktur "Subjek + Predikat" serta "Subjek + Objek + Predikat". Pada subjek diletakkan partikel penunjuk subjek dan , pada objek diletakkan partikel penunjuk objek dan . Posisi subjek dan objek dalam kalimat dapat ditukar karena partikel berfungsi untuk menunjukkan subjek dan objek dalam kalimat. Selain itu, apabila subjek dalam kalimat sudah jelas siapa atau apa, maka partikel penunjuk subjek pun dapat dihilangkan.

Kata kerja dalam kalimat dapat muncul dalam berbagai bentuk. Bentuk dasar dari kata kerja 가다 bila digabungkan dengan bermacam-macam bentuk-bentuk gramatikal dapat berubah menjadi 가요, 갑니다, 갔습니다, 갈, 겁니다, 가세요, 갑시다. Selain itu bentuk-bentuk gramatikal tersebut dapat mengekspresikan kesopanan, kala, modalitas, dan lain sebagainya.

<보기>

인다 씨가 잡니다.
Subjek + Predikat

Indah tidur

인다 씨가 빵을 먹습니다.
Subjek + Objek + Predikat

Indah makan roti.

• 부디 씨가 갑니다. [Budi Pergi]
• 부디 씨가 갔습니다. [Budi sudah pergi]
• 부디 씨, 가세요. [Budi, pergilah]

Contoh umum yang lain :

한빈이 아이스크림을 먹는다.
(Hanbin (Sedang) Makan Es Krim).

한빈이 : Subyek
아이스크림을 : Obyek
먹는다 : Kata Kerja

한빈 : Hanbin
아이스크림 : Es Krim
먹다 : Makan (Kata Kamus)
이/가 : Partikel Subyek
을/를 : Partikel Obyek

Other Ex.
슈가가 집에서 잔다.
(Suga (Sedang) Tidur Dirumah)

웬디가 기타를 친다.
(Wendy (Sedang) Bermain Gitar)

남준이 음악을 공부한다.
(Namjoon Belajar Musik)

오빠가 바지를 샀다.
(Kakak Membeli Celana)

그녀가 물을 마신다.
(Dia (Sedang) Minum Air)

Itu adalah beberapa contoh pola kalimat umum dalam Bahasa Korea. Untuk memperjelas, berikut ini beberapa bentuk pola kalimat dalam Bahasa Korea.

1. S - O - P (Subyek - Obyek - Predikat)

Ex.
저는 삼겨탕을 먹어요.
(Saya makan sup ayam ginseng)

오빠는 서점에 가요.
(Kakak pergi ke toko buku)

Biasanya kata ganti orang menggunakan partikel objek (을/를) dibelakangnya karena kata ganti orang itu menempati posisi sebagai subjek dalam suatu kalimat.

Ex.
나는 너를 좋아해요.
(Aku menyukaimu)

나는 : Subyek
너를 : Obyek
좋아해요 : Predikat

2. S - K - O - P (Subyek - Keterangan - Obyek - Predikat)

Ex.
저는 아침에 빵을 먹어요.
(Pada pagi hari saya makan roti)

할머니는 오늘에 시장에 가요.
(Pada hari ini nenek pergi ke pasar)

3. S - O - K - P (Subyek - Obyek - Keterangan - Predikat)

Ex.
저는 우유를 많이 마셔요.
(Saya meminum banyak susu)

언니는 오랜지를 네개만 사요.
(Kakak hanya membeli 4 buah jeruk saja)

Dalam hal ini, keterangan bukan cuma berupa keterangan tempat atau waktu, tapi jumlah objek dan kata "Banyak" yang dapat terhitung maupun tidak dapat terhitung termasuk kata keterangan.

4. K - S - O - P (Keterangan - Subyek - Obyek - Predikat)

Ex.
밤에 저는 주스를 마셔요.
(Malam hari saya meminum jus)

7시에 동생은 학교에 가요.
(Pada jam 7 adik pergi ke sekolah)

5. O - K - P dan K - O - P (Obyek - Keterangan - Predikat) dan (Keterangan - Obyek - Predikat)

O - K - P

Ex.
김치를 많이 먹어요.
(Makan banyak kimchi)

기타를 덜 쳐요.
(Lebih sedikit main gitar)

Meskipun ga ada subyek dalam kalimat itu, sebenarnya jika kita mengartikan kalimat itu, subyeknya ada tapi secara tersirat atau secara tidak langsung dalam kalimat itu unsur subyeknya masih ada.

K - O - P

Ex.
아침에 밥을 먹어요.
(Pagi hari makan nasi)

밤에 교회에 가요.
(Malam hari pergi ke gereja)

6. S - K - P (Subyek - Keterangan - Predikat)

Pola kalimat ini ga boleh sembarangan digunakan kalau ingin diubah ke bentuk yang lebih panjang meskipun pola kalimat ini lebih simpel.

Ex.
저는 오후에 가요.
(Saya pergi di sore hari)

아빠는 일찍 잤어요.
(Papa tidur lebih awal)

Belajar Bahasa Korea 01Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang