Partikel ~에/에서 memiliki beberapa arti.
※Partikel ~에
1. 에 (Di)
서점에
[Di Toko Buku]집에
[Di Rumah]식당에 사람이 많아요.
[Di kantin banyak orang]~에 adalah partikel yang digunakan untuk menunjukkan posisi sesuatu. 에 memiliki arti seperti kata depan "di" dan biasa digunakan bersama dengan 있다/없다.
• 교실에 컴퓨터가 있습니까?
[Apakah di kelas ada komputer?]° 아니요, 없습니다.
[Tidak, tidak ada.]사진이 책상에 있어요.
[Fotonya ada dimeja]왼꼭 팔에 벌레가 있어요.
[Ada serangga dilengan kirimu]리사가 차고에 있어요.
[Lisa ada di garasi]답은 194쪽에 있어요.
[Jawabannya ada dihalaman 194]2. 에 (Pada)
~에, partikel ini diletakkan di belakang kata benda yang menyatakan waktu untuk menunjukkan waktu berlangsungnya sebuah kegiatan. Akan tetapi partikel ~에 tidak digunakan pada ungkapan waktu seperti 언제, 그저께, 어제, 오늘, 내일, 모레.
<보기>
토요일에 영화를 봅니다.
[(Saya) menonton film pada hari Sabtu.]12월 10일에 생일 파티를 합니다.
[(Saya) berpesta ulang tahun pada tanggal 10 Desember.]택시를 타는 때에.
[Pada saat menaiki taksi]비가 오는 날에.
[Pada hari turun hujan]미술관애 천 불을 기부했어요.
[Saya menyumbangkan $1.000 pada galeri seni]침대에 누원한 때에.
[Pada saat tiduran diranjang]Pada kata 침대 terdapat partikel 에 yang memiliki arti "Diranjang" sedangkan di kata 때 terdapat partikel 에 yang memiliki arti "Pada saat itu". Jadi, partikel 에 bisa digunakan dalam berbagai topik dan situasi dalam satu kalimat sekaligus.
3. Ke
Partikel 에 digunakan bersama dengan kata kerja 가다, 오다, 다니다 untuk menyatakan arah atau tujuan dari perbuatan.
지금 학교에 가요.
[Sekarang (saya) pergi ke sekolah]저는 한국대학교에 다녀요.
[Saya bersekolah di Universitas Hankuk]백화점에 가요.
[Pergi ke Mall.]커피숍에 돌아가요.
[Kembali ke Coffee Shop.]그녀는 도서관에 갔다.
[Dia pergi ke perpustakaan]그는 애틀란타에 갔다.
[Dia pergi ke atlanta]로즈는 칵테일 파티에 갔다.
[Rose pergi ke pesta koktail]친구들을 결혼식에 불렀다.
[Saya mengundang teman-teman ke pernikahan saya]도서관에 책을 반납 했어요.
[Saya mengembalikan buku ke perpustakaan]학교에 학비를 냈어요.
[Saya membayar uang sekolah ke sekolah]화사에 연락을 했어요.
[Saya menelepon ke kantor]Untuk benda mati, kita bisa gunakan 에, sedangkan untuk benda hidup, kita bisa gunakan ~에게/한테.
4. Dalam
Dalam dapat diartikan sebagai "Preposisi" atau lebih ke "Dimana barang itu berada". Biasanya diikuti dengan kata preposisi seperti "Dalam, Atas, Bawah, Tengah, dsb."
Misalkan kata 앞 (Depan), tanpa partikel 에 artinya hanya "Depan" saja, setelah ditambahkan paetikel 에 artinya menjadi "Didepan".
Ex.
가방 안에
[Didalam tas]하늘 아래에
[Diatas langit]5. Per
Biasanya kata "Per" digunakan dalam menghitung seperti harga atau apapun yang berhubungan dengan bilangan.
Ex.
2 길로에
[Per 2 kilogramnya]하나애 4.000원 이에요.
[Per satuannya 4.000 Won]※Partikel ~에서
Untuk partikel 에서 memiliki arti "Di" dan "Dari".
1. 에서 Menyatakan berlangsungnya sebuah kegiatan yang diartikan "Di".
Ex.
저는 친구랑 도서관에서 공부해요.
[Saya belajar di perpustakaan dengan teman]2. 에서 Menerangkan tempat asal yang diartikan "Dari".
Ex.
태연 씨는 한국에서 왔어요.
[Taeyeon berasal dari Korea]Untuk arti "Di" antara 에 dan 에서, bagaimana cara memisahkan penggunaannya?
Jika pada sebuah tempat bukan pakai 에서 tapi menggunakan 에, perhatikan situasinya. Jika situasinya dalam kalimat itu diikuti dengan kata kerja spesifik maka 에 dapat diartikan sebagai "Di". Contoh kata kerja spesifik adalah "Tiduran" atau bahasa inggrisnya "Lie down" (누우다). Jadi, memiliki arti "Tiduran di ranjang" atau dalam bahasa koreanya 침대에 누워요.
Contoh penggunaan keduanya dalam datu kalimat.
Ex.
저는 도서관에 가요. 도서관에서 책을 읽어요.
[Saya pergi ke perpustakaan. Di perpustakaan saya membaca buku]Perhatikan situasi pada kalimat pertama sebelum titik. Ini memiliki arti "Saya pergi ke perpustakaan". Lalu pada kalimat kedua, ini memiliki arti "Di perpustakaan saya membaca buku".
※Partikel ~에서
Partikel ini diletakkan pada kata benda untuk menunjukkan tempat sebuah kegiatan terjadi.
<보기>
나나 씨가 집에서 쉽니다.
[Nana (lagi) istirahat di rumah]진 씨가 은행에서 일합니다.
[Jin (lagi) bekerja di bank]Untuk 에서 memiliki arti "di" dan "dari".
1. 에서 menyatakan berlangsungnya sebuah kegiatan yang diartikan "di".
Ex.
저는 친구랑 도서관에서 공부해요.2. 에서 menerangkan tempat asal yang diartikan "dari".
Ex.
보람 씨는 한국에서 왔어요.Untuk arti "di" antara 에 dan 에서, bagaimana cara memisahkan penggunaannya?
Jika pada sebuah tempat bukan pakai 에서 tapi menggunakan 에, perhatikan situasinya. Jika situasinya dalam kalimat itu diikuti dengan kata kerja spesifik maka 에 dapat diartikan sebagai "di".
Contoh kata kerja spesifik adalah "tiduran" atau "lie down" (누우다). Jadi memiliki arti "Tiduran di ranjang" atau dalam bahasa Koreanya 침대에 누워요.
Contoh penggunaan keduanya dalam satu kalimat.
저는 도서관에서 가요. 도서관에서 책을 읽어요.
Perhatikan situasi pada kalimat pertama sebelum titik. Ini memiliki arti "Saya pergi ke perpustakaan". Lalu pada kalimat kedua, ini memiliki arti "di perpustakaan saya membaca buku."
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar Bahasa Korea 01
LosoweGrammar Korea Untuk Level Beginner Sebelum mempelajari Grammar, alangkah baiknya pelajari kosa kata terlebih dahulu. Kalian bisa mampir ke work ku yang Korean Vocabulary. Semoga membantu :)