Apa perbedaan Partikel Topik ~은/는 dan Partikel Subjek ~이/가?
1. Untuk berbicara tentang topik baru, gunakan ~이/가 diawal, kemudian ~은/는
Ex.
나비가 하늘을 날아다닙니다. 나비는 꽃에 다가갔습니다.
(Kupu - Kupu Terbang di Langit. (Kupu - Kupu itu) Mendekati sebuah Bunga)2. ~이/가 adalah untuk pernyataan umum, sementara ~은/는 adalah untuk membandingkan pernyataan.
Ex.
하늘이 파랗다.
(Langitnya Biru)강아지가 짖는다.
(Anak Anjingnya Menggonggong)하늘은 파랗다. [하지만 태양은 노랗다]
(Langit (itu) biru). [Tapi matahari (itu) kuning]강아지는 짖는다. [하지만 고양이는 안짖는다]
(Anak Anjing (itu) Menggonggong) [Tapi seekor Kucing tidak menggonggong]라면은 쌉니다. 불고기는 비쌉니다.
[Ramyeon murah. Bulgogi mahal.]수박은 큽니다. 망고는 작습니다.
[Semangka besar. Mangga kecil]저는 한국에 살아요. 친구는 인도네시아에 살아요.
[Saya tinggal di Korea. Teman saya tinggal di Indonesia.]3. ~이/가 memfokuskan kata benda didepan kalimat, sementara ~은/는 memfokuskan nomina pada akhirnya.
Ex.
제니가 서잠에 갔어요.
(Jennie pergi ke toko buku)
[Kalimat diatas difokuskan pada Jennie]지수는 서점에 갔어요.
(Jisoo pergi ke toko buku)
[Kalimat diatas difokuskan pada Toko Buku]4. Gunakan ~이/가 sebagai pengganti ~은/는 untuk akhiran ~겠습니다 dan ~(으)/ㄹ 까요.
Ex.
제가 도와드리겠습니다.
[Saya akan menolong (Kamu)]제가 먹을까요.
[Haruskah saya memakan (ini) ?]Jadi, ~은/는 digunakan untuk membandingkan sesuatu dan ~이/가 digunakan untuk mempertegas sesuatu atau menerangkan bahwa sesuatu itu memang seperti itu menurut si pembicara.
[Kata Benda은/는 + Kata Sifat]
Emphasis : ✔
Contrast : ✔[Kata Benda이/가 + Kata Sifat]
Emphasis : ✖
Contrast : ✖Ex.
가방은 예뻐요.
[Tas (itu) cantik]
Tas itu cantik, tapi sesuatu yang lain tidak cantik.물은 차가워요.
[Air (itu) dingin]
Air itu dingin, tapi sesuatu yang lain tidak dingin tetapi air itu dingin.강아지는 귀여워요.
[Anak Anjing itu Imut]
Anak Anjing itu lucu, tetapi sesuatu yang lain tidak lucu.가방이 예뻐요.
[Tas (itu) cantik]
Udah itu aja. Pernyataannya selesai.물이 차가워요.
[Air (itu) dingin]
Udah itu aja. Pernyataannya selesai.강아지가 귀여워요.
[Anak Anjing (itu) Imut]
Udah itu aja. Pernyataannya selesai.Untuk memperjelas.
Partikel 은/는 memberikan pengertian tentang sesuatu dan untuk membedakan dari hal lain dalam kalimat.Ex.
이거는 사과예요.
[Ini adalah Apel]
(Yang lain bukanlah Apel, tetapi ini adalah Apel)Contoh seseorang berbicara seperti ini :
이거 커피예요.
[Ini Kopi]이거는 물이에요.
[Ini Air]
(Itu adalah Kopi, tetapi ini adalah Air)이거는 오렌지주스예요.
[Ini Jus Jeruk]
(Dan yang ini beda, ini adalah Jus Jeruk)이거는 뭐예요?
[Apa ini?]
(Dan apakah yang ini? Apa ini?)Contoh penggunaan kalimat :
오늘 날씨가 좋네요.
[Hari ini cuaca bagus]오늘은 날씨 좋네요.
[Hari ini cuaca bagus]
(Sebelumnya cuaca tidak bagus, tetapi hari ini bagus)오늘 날씨는 좋네요.
[Hari ini cuaca bagus]
(Hari ini, "belum tentu yang lain" tetapi untuk cuaca adalah bagus]Oleh karena itu partikel 은/는 dapat memberikan nuansa lain dalam percakapan bahasa Korea.
Untuk Partikel 이/가 selain untuk subjek kalimat, partikel tersebut memiliki pengertian "Tidak lain" dan juga, bila digunakan dalam kalimat yang kompleks, berperan menandai subjek.
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar Bahasa Korea 01
DiversosGrammar Korea Untuk Level Beginner Sebelum mempelajari Grammar, alangkah baiknya pelajari kosa kata terlebih dahulu. Kalian bisa mampir ke work ku yang Korean Vocabulary. Semoga membantu :)