Tips Belajar Bahasa Korea!

2K 64 27
                                    

Hai Hai~ Cie yang ga kangen aku update😌
Chapter kali ini author bakal ngasih tips buat kalian untuk mempelajari bahasa korea. Apa aja?

1. Menghafal Hangeul

Nah, yang pertama itu kalian harus menghafalkan Hangeul. Baik itu huruf konsonan maupun vokal, kalian harus hafalkan!
Sedikit cerita, waktu author pertama kali belajar bahasa korea, author pertama mempelajari hangeul dan menghafalkan semua hurufnya dan cara penyebutan hurufnya. Baik itu huruf solo (ㄷ), twosome (다), threesome (달), dan foursome (닭). Emang awalnya susah banget buat dihafalin tapi author enjoy aja hapalinnya jadi ga kerasa susah hehe.

2. Mengucapkan kata-kata umum/kalimat umum yang sering kalian lihat atau dengar.

Kalian bisa sesering kali mengucapkan satu kata atau kalimat yang sering kalian lihat ataupun dengar, entah itu yang berhubungan dengan transportasi, belanja, kpop, atau apapun yang mudah kalian ucapkan sehingga nanti kalian bakal mudah ngucapin dan ngingetnya. nak-nak kpopers dan k-drama lovers mungkin kosa katanya udah banyak nih hehe.

3. Menulis tulisan korea di sticky note dan tempelin ke benda yang kalian inginkan.

Kalian bisa menggunakan cara ini untuk memperbanyak kosa kata kalian. Mungkin mulai dari kamar kalian dulu. Misalnya kata 책 (Buku). Kalian bisa nempelin tulisan 책 disalah satu buku kalian biar kalian ga lupa kalau bahasa koreanya buku itu 책.

4. Bantuan Romanization

Nah kalian bisa baca-baca beberapa kata atau kalimat dengan menggunakan romanization katanya. Tapi ingat! kalian harus membaca dari sumber yang terpercaya karena biasanya banyak romanization yang salah karena tidak ada penggunaan badchim dikatanya. Author tidak terlalu menyarankan kalian belajar pakai romanization sih tapi kadang ini berguna juga kok.

5. Listen! Listen! Listen!

Kalian bisa belajar lewat drama korea yang kalian tonton. Disini kalian bisa memdengar percakapan orang korea sehari-hari dan kalian bisa mendengar cara pengucapan kata-kata dalam bahasa korea. Lebih baik kalau kalian menonton drama, download dua subtitle yaa. Satu bahasa indonesia dan satunya lagi bahasa koreanya. Kenapa? biar kalian tau arti dan penulisan dari apa yang kalian dengar dan lihat itu. Kalau ada kata yang kalian ga ngerti, kalian bisa mencatat katanya di buku kecil kalian terus kalian cari arti katanya di kamus setelah kalian selesai menonton. Nah, kalian mungkin akan lebih banyak mengumpulkan kosa kata dengan cara ini. Selain nonton oppa ganteng/Nuna cantik, kalian bisa belajar bahasanya juga loh. Udah plus plus kan ini caranya hehe. Kalian juga bisa belajar dari menonton acara variety show korea yang kalian suka seperti running man, weekly idol, idol room, knowing brother, atau apapun yang kalian suka.

6. Belajar Bahasa Korea lewat Kpop atau sumber yang lain.

Nah, bagi kalian yang kpoper, kalian bisa belajar bahasa korea dengan cara mendengar lagu-lagu dari idola kalian masing-masing. Untuk kalian yang baru bisa baca hangeul, author saranin denger lagu yang mellow-mellow aja biar pengucapan dan membaca tulisan hangeul kalian bisa lancar dan ga keputus-putus lagi. Lagu ost drama bisa juga kok! dulu author pas awal-awal bisa baca hangeul, author sering berlatih make lagunya GFriend. Sering-sering aja kalian nyanyi lagu kpop kesukaan kalian sambil liat teks hangeulnya. Ingat! TEKS HANGEUL yaa bukan make romanizationnya. Dan kalian juga bisa belajar dari channel youtube yang menyediakan konten belajar bahasa korea. Kalau author saranin sih kalian belajar dari channel orang korea asli. Kalian juga bisa belajar melalu web yang menyediakan pembelajaran bahasa korea.

7. Menulis dan Mengucapkan Hangeul Berulang-ulang.

Kalian bisa berlatih dengan menuliskan kata dari hangeul dan kalian membacanya berulang-ulang kali agar kalian mengucapkannya ga terbata-bata lagi terus tulisan hangeul kalian makin bagus.

8. Membaca buku berbahasa korea yang kalian sukai.

Banyak buku yang berbahasa korea kalian bisa baca. Entah itu novel atau buku-buku sastra dan sebagainya. Di wattpad banyak author korea juga loh! kalian bisa cari-cari work mereka dan baca work mereka yang berbahasa korea. Atau kalian juga bisa baca di web korea seperti naver bahkan webtoon korea untuk belajar. Kalian juga bisa mendownload beberapa artikel dan buku via pdf di internet.

9. Tinggal di korea

Nah ini jangan ditanyain lagi. Sudah pasti jika kalian ke korea, kalian dengan mudah mempelajari bahasa mereka dan sekaligus kalian dapat mempelajari kebudayaan mereka yang ada disana. Mungkin kalian bisa berwisata kesana atau kalian menempuh pendidikan disana untuk mengetahui kebudayaan korea.

10. Download Aplikasi Belajar Bahasa Korea dan Kamus Bahasa Korea di App Store/Play Store.

Ada banyak aplikasi di play store yang bisa kalian download secara gratis untuk belajar bahasa korea. Kalian download aplikasi yang kalian suka, lalu kalian dapat belajar kapanpun dan dimanapun yang kalian mau.

Udah segini dulu yaa. Nanti author comeback lagi. Bye Bye!

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jan 16, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Belajar Bahasa Korea 01Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang