Dalam chapter ini, kalian dapat mempelajari bagaimana cara untuk mengatakan "Ini", "Itu" dan "Yang disana" dalam bahasa Korea. Dalam bahasa Indonesia, kata-kata "Ini", "Itu" dan "Yang disana" dapat digunakan bervariasi dengan memodifikasi kata-kata.
Dalam bahasa Indonesia kalian dapat mengatakan "Ini adalah mobil saya" dan juga "Mobil ini milik saya". Jadi kata "Ini" disini dapat digunakan sebagai kata ganti dan juga sebagai keterangan tentang si pemilik "Mobil".
Dalam bahasa Korea, untuk mengatakan "Ini", "Itu", dan "Disana" :
이 : Ini (Dekat Dengan Pembicara)
그 : Itu (Dekat Dengan Lawan Bicara)
저 : Itu (Yang disana) (Jauh dari keduanya)
Ketika sesuatu dekat dengan kalian, kalian dapat menggunakan 이. Ketika sesuatu lebih jauh dari anda, dan dekat dengan orang lain (lawan bicara kalian) gunakan 그. Ketika sesuatu jauh sekali dari kalian dan lawan bicara kalian, gunakan 저.
Untuk 이, 그, dan 저 dalam bahasa Korea hanya dapat bekerja sebagai kata petunjuk, ketika kalian ingin mengatakan "Ini", "Yang" atau "Ia" sebagai kata ganti, kalian harus menambah 거 atau 것 setelah kata benda.
거 = 것 : Hal, Barang-barang
Jika digabungkan dengan 이, 그, 저
이 + 것 (Hal) = 이것 atau 이거 : Ini, Barang ini, Yang ini.
그 + 것 = 그것 atau 그거 : Itu, Barang itu, Yang itu.
저 + 것 = 저것 atau 저거 : Itu yang disana, Benda yang disana.
이것 (Ini) adalah kata tunjuk yang merujuk benda yang dekat dari pembicara.
그것 (Itu) adalah kata tunjuk yang merujuk benda yang jauh dari pembicara tapi dekat dari pendengar.
저것 (Itu) adalah kata tunjuk yang merujuk benda yang jauh dari pembicara dan pendengar.
이거, 그거, dan 저거 Semula 이것, 그것, dan 저것 ditambah 이, 그, 저 dan 것 tetapi yang sering digunakan 이거, 그거, dan 저거 untuk kemudahan pengucapan.
이거 책이에요.
[Ini Buku]그거 카메라예요.
[Itu Kamera]저거 커피예요.
[Itu yang disana Kopi]그거 사전이에요.
[Itu Kamus]이거 뭐예요?
[Ini Apa?]Kalian dapat membentuk bermacam-macam ekspresi 이, 그, dan 저 bersama kata lain.
<보기>
사람 berarti seseorang
이 사람 : Orang ini, Orang ini disini, Wanita ini disini, Dia
그 사람 : Orang itu, Orang tersebut, Dia
저 사람 : Orang itu, Orang yang disana
그 사람은, 나쁜 남자가 아니에요.
[Orang itu, bukan lelaki yang jahat]이 여자가 너무 예뻐요.
[Perempuan itu cantik sekali]저 이모가 너무 날씬해요.
[Bibi itu langsing sekali]Untuk bertanya, kalian dapat menambah 이거, 그거, dan 저거 di depan 뭐예요?
이거 뭐예요?
[Ini Apa?]이거 핸드폰이에요.
[Ini Ponsel]그거 뭐예요?
[Itu Apa?]그거 꽃이에요.
[Itu Bunga]저거 뭐예요?
[Itu Apa?]저거 쓰레기통이에요.
[Itu Tong Sampah]Untuk mengatakan "Tidak"
그거 우유예요?
[Itu Susu?]아니요. 그거 물이에요.
[Tidak. Itu Air]Untuk mengatakan "Ya"
저거 모자예요?
[Itu Topi?]네, 맞아요. 저거 모자예요.
[Ya, benar. Itu Topi]
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar Bahasa Korea 01
De TodoGrammar Korea Untuk Level Beginner Sebelum mempelajari Grammar, alangkah baiknya pelajari kosa kata terlebih dahulu. Kalian bisa mampir ke work ku yang Korean Vocabulary. Semoga membantu :)