MKT (1)

5.6K 253 15
                                    

Malam itu purnama menyemai langit Mukalla di Bulan Ramadhan 1439 H. Hanya saja temaram cahayanya tertahan oleh gumpalan-gumpalan awan hitam yang nyaris memenuhi wajah langit Mukalla.

Lepas Shalat Taraweh di Masjid aku sibuk mencuci baju. Tiap masuk Bulan Ramadhan kebiasaanku selalu berubah mengikuti kebiasaan warga Yaman. Siang menjadi malam dan malam menjadi siang. Di Yaman tak ada tidur malam bagi kami, tidur hanya ada antara shubuh dan dzuhur, sisanya kegiatan selalu mengincar dan memburu tanpa henti. Dalam kesibukan mengucek dan menyikat baju-baju putih, dalam hening malam yang sepi, dalam terpaan sepoi angin pantai Mukalla sunyi tiba-tiba Abdul menyapaku;

Abdul : "Bang... Bang Imam seminggu ke depan sibuk apa?"

Aku : "Eh, ellu Dul... Gue kagak ada kesibukan ape-ape Dul, emang kenape?"

[Semenjak kenal Si Abdul, aku selalu menggunakan aksen betawi untuk mengimbangi gaya bahasa Si Abdul, itung-itung nambah penguasaan dialek bahasa daerah lain]

Abdul : "Gini Bang, ya... barangkali Bang Imam kagak keberatan, Ane mau ajak Abang ke Tarim mau kagak?"

Aku : "Yah, kalo diajak ke Tarim mah sape bakal nolak Dul? Masalahnya bakal diijini kagak? Gue mah kagak berharap-harap amet Dul, yah meski kita sedang edisi liburan ellu tahu sendiri peraturan di mari kayak ape"

Abdul : "Ya elah Bang, itumah ane yang urus, Abang mah tinggal terima jadi aje!"

Aku : "Iye dah Dul, Gue mah deal-deal aje... Gue tunggu kabar baiknya ye... Ini gue masih sibuk ngelawan KKN, Kotoran-Kotoran Nekat di baju, ha ha ha".

Si Abdul lantas meninggalkanku dalam kesendirian, hanya wajah punggungnya yang metatapku dari kejauhan. Lepas membilas baju-baju dan menjemurnya, seperti biasa kuhabiskan waktu di tempat yang sunyi. Di balkon asrama lantai dua yang menghadap ke laut lepas Mukalla. Membiarkan wajahku tenggelam dalam terpaan angin malam, di bawah kemerlap cahaya jutaan bintang yang tertutup gelapnya mendung dan gelapnya malam.

Ku bawa salah satu kitab yang kupinjam dari perpus untuk menemaniku malam ini. Kitab "Al-Usus Wal Muntholaqot", sebuah kitab yang membahas pertanda hari kiamat, huru-hara yang akan terjadi pada Umat mulai dari zaman Nabi Muhammad saw. Hingga berakhirnya jagat raya. Kitab yang ditulis oleh Habib Abu Bakar Al-'Adni ini cukup menarik. Pewajahan isi, penjelasan dari sisi yang berbeda, dan analisa yang tajam dari hadits-hadits dan ayat yang berkaitan dengan tanda hari Kiamat dikupas secara gamblang dan renyah. Bahkan beliau menggambarkan dan membagi fase-fase perubahan yang dialami Umat Islam dari awal kebangkitan hingga runtuhnya Khilfah Utsmaniyah. Detail-detail prediksi Nabi saw yang diramalkan tentang kerapuhan Umat inipun dikupas sedemikian rupa. Kurasa ini adalah salah satu kitab terpenting yang harus dibaca untuk mengetahui isu-isu besar Umat Islam yang sudah, sedang, dan akan terjadi dan bagaimana solusi menghadapi berbagai Fitnah dan ujian yang melanda Umat ini di akhir zaman dengan mengikuti arahan yang diberikan oleh Rasulullah saw dan Khulafa' Rosyidin. Semua pembahasan ini masuk dalam salah satu disiplin ilmu tersendiri, yaitu Fiqih Tahawwulat.

Agak mengantuk setelah satu jam lebih mencerna Fiqih Tahawwulat dalam genggaman angin malam, tiba-tiba Si Abdul memamerkan selembar kertas putih berstempel kantor kuliah di wajahku. Langsung saja rasa kantuk di mataku menghilang.

"Buset dah, ini Gue kagak salah lihat Dul?", Ucapku padanya dengan nada sedikit tak percaya.

Abdul : "Gimane Bang, misi Ane untuk dapetin ijin ke Tarim sukses nih Bang, Alhamdulillah..."

Aku : "Ellu pake mantra apa Dul? Koq pihak kantor bisa Ellu taklukin cuma dalam hitungan jam doank... Padahal kalo Gue ijin sampe berhari-hari kudu bolak-balik kantor, itupun boro-boro dapet ijin..."

Abdul : "Yah, Abdul gitu lho... ha ha ha..."

Malam itupun aku kembali ke kamar untuk menghitung apa saja yang hendak dibawa ke Tarim. Hari esok Ibu Kota Kebudayaan Islam itu akan menyambut kedatangan kami berdua. Tarim, tunggu aku di tengah lembah nan sunyi itu. Aku merindukanmu, 2 tahun terpisah darimu membuatku kini benar-benar merindu, hingga rindu itu tak terbendung lagi. Dan, kini semua kerinduan tentangmu akan kutuangkan sehabis-habisnya. Agar dunia tahu betapa aku mencintai kota indah yang bernama Tarim.

Baru saja kusiapkan tas ranselku untuk mewadahi perlengkapan pakaian dan mandi, Si Riski masuk ke kamarku

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Baru saja kusiapkan tas ranselku untuk mewadahi perlengkapan pakaian dan mandi, Si Riski masuk ke kamarku. Kebetulan dia lagi kosong, kuambil saja jasa potong rambutnya untuk merapikan rambut yang sudah agak memanjang dan terasa pengap di dalam kopyah di musim yang super panas ini. Yah, suhu musim panas di Yaman bisa sampai 40ᵒ C, maka dari itu kehidupan Ramadhan di Yaman berubah 180ᵒ lantaran hawa panas yang tak tertahankan di siang hari. Hal ini kian menggila-gila mana kala terjadi pemadaman listrik, wuih... panasnya super banget.

Mendadak Ke TarimTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang