7. Keluarnya Ad-Dukhan

327 9 0
                                    

Jikalau al-khasf merupakan pembalasan dan penghapusan terhadap penghuni 3 wilayah yang hampir kesemuanya mengingkari Allah, berlainan pula dengan ad-dukhan. Usai penenggelaman bumi berkenaan, masih bersisa ramai lagi manusia kufur yang hidup bercampur baur dengan manusia beriman yang agak ramai juga, mendiami bahagian tanah arab yang tidak terjejas. Maka Allah Yang Maha Mengasihani pun menurunkan ad-dukhan, bukan sahaja sebagai tanda kiamat yang ke tujuh, tapi juga sebagai peringatan terakhir Allah kepada umat-Nya supaya kembali beriman kepada-Nya sebelum pintu taubat ditutup.

Dalil dari al-Quran tentang kebenaran ad-Dukhan:
"Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah adzab yang pedih."(Ad-Dukhan: 10-11)
Rasulullah ﷺ bersabda, "Sungguh Rabb-Mu telah memperingatkanmu akan tiga hal, ad dukhan (asap) yang akan mengakibatkan orang Mukmin demam dan orang kafir melepuh sehingga keluar asap dari telinganya. Kedua adalah Dabbah, dan ketiga adalah Dajjal." (HR Thabrani)

Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Abdullah bin Abi Mulaikah, dia berkata, "Suatu hari, aku bersama Ibnu Abbas ra di waktu pagi. Dia berkata: 'Aku tidak tidur tadi malam hingga subuh.' Aku bertanya: 'Mengapa?' Dia berkata: 'Mereka mengatakan, bintang Dzu Dzanbin telah terbit. Aku khawatir ad-dukhan telah muncul, maka aku tidak tidur hingga subuh."

Pada pendapat Ibnu Abbas, ad-dukhan berasal dari sebuah meteor dari bintang "Dzu Dzanbin" (bintang berekor) yang jatuh ke bumi. Akibat dari meteor ini menimbulkan asap yang menyebabkan demam bagi orang beriman dan melepuhkan kulit orang-orang kafir.

Ibnu Katsir ketika menafsirkan surat ad-Dukhan mengutip perkataan Ibnu Abi Hatim yang ia terima dari Ali bin Abu Thalib. Menurutnya, hentaman meteor mengakibatkan kabut asap dan peningkatan suhu bumi. Bahana bagi orang kafir akan melepuhkan kulitnya sehingga dari telinganya pun keluar asap. Tak terkecuali orang beriman walau pun hanya demam selesema. Beberapa pihak meramalkan ad-Dukhan menyelimuti bumi selama 40 hari.

KRONOLOGI 10 TANDA BESAR KIAMATWhere stories live. Discover now