Rumahnya

12 2 4
                                    

Diara memarkirkan motor nya di tempat biasa, di depan tanaman pucuk merah yang dijadikan pagar untuk rumah Ari.

Ghifari, biasa dipanggil Ari aja katanya biar simpel. Kalo dipanggil sama keluarganya sih, Dede. Dede Ari. Ih, manja.

Diara sudah mengira kalau dia sampai di rumah Ari itu pasti gak bakalan langsung pergi seperti yang mereka rencanakan sebelumnya--atau Diara saja yang merencanakan.  Pasti ada aja kegiatan Ari yang entah sengaja dilakukan atau memang sedang ia lakukan, kalo Diara ke rumahnya. Padahal Ari udah tau, Diara bakal ke rumahnya dan Diara mau jalan-jalan.

Mau tau Ari sekarang lagi ngapain? Ari lagi nebang pohon--bukan pohon berkambium yang tebal itu ya, Diara gak tau nama pohonnya apa--di samping rumahnya. Pake kaos putih dengan gambar shield nya Captain America sama celana pendek warna abu-abu. Muka nya penuh keringat, badannya juga. Tangga dua kaki lagi menopang dia. Gunting tanaman lagi digenggamannya.

Diara menghampiri Ari dengan muka datar sambil bawa es kopi pake krim diatas nya. Untung Diara sempetin beli tadi pas lagi perjalanan, jadi nya kan Diara ada kerjaan; ngabisin es nya plus nungguin Ari yang gak tahu kapan selesai nebang pohon nya itu.

Ari menoleh ketika Diara menghampiri nya, bibir nya keangkat membentuk senyuman yang menurut Diara agak menyebalkan, "ngapain kesini Dir?"

Diara tersenyum simpul, ikut menyebalkan, "oke, gua pergi. Main ke rumah Keanu aja," kata Diara sambil memutar balik badannya. Anyway, Keanu itu temen mereka berdua.

"Eh iya-iya, jangan." Diara memutar balik lagi badannya ke arah Ari. "Di dalem aja sana gih," suruh Ari.

Diara tetap melanjutkan jalannya dan melewati Ari. Duduk di bangku semen yang terletak di dekat pintu bagian samping rumahnya. "Disini aja lah."

"Yaudah."

Terus Ari melanjutkan nebang nya. Diara tau, Ari tuh antara emang beneran rajin sama kerajinan. Dia emang suka berkebun, pernah cerita ke Diara pas itu dia beli tanaman-tanaman sampe lima ratus ribu, sambil ngobrol sama abang tanamannya dari ashar sampe maghrib, saking lama nya, abang nya nyediain dia kopi. Terus juga Ari suka burung-burung, ada berapa burung ya dirumahnya, tiga belas apa sepuluh pokoknya sekitar segitu. Ikan juga dia suka--makanya sekarang dia masuk Fakultas Perikanan di Universitas nya--tapi sekarang lagi gak melihara ikan, karena pas dia mesen ikan cupang warna-warni, ikan nya gak sampe rumah. Kayaknya sih ilang di sungai pas lagi pengiriman atau ditipu sama abang yang jual. Diara nyengir inget nya.

Pas Diara lagi inget-inget, tiba-tiba dari samping kirinya ada derap langkah. Mama Ari muncul dari pintu samping rumah, yang tadinya lagi ngeliat Ari tiba-tiba menoleh ke arah Diara ketika sadar ada tamu di rumahnya, "Ra, udah lama?" katanya menyambut Diara dengan panggilan Ara. "Kok gak disuruh masuk sih, De."

"Baru lima menit, tante, hehe," Diara beranjak dan menyalimi tangan Mama Ari.

"Tuh Dir, Mama kangen katanya. Ma, tadi nanyain?" kata Ari masih motong-motong ranting.

Diara cuma senyum nyengir campur senyum simpul ke Mama Ari.

"Masuk, Ra," kata Mama Ari yang disahuti Diara dengan, "iya, tan. Disini aja." 

Lalu Mama Ari masuk kedalam lagi. "Papah sama Aa udah dimana ya, De?" katanya dari dalam.

Belum Ari jawab, suara motor datang mendekat. Papah sama Aa nya Ari datang berboncengan--yang barusan ditanya sama Mama nya Ari. Papah nya Ari langsung turun sambil bawa kresek yang Diara tebak isinya sayuran, terus menghampiri anaknya yang lagi naik tangga. "Jangan ditebas semua, De."

"Iya, Pah. Biar terang aja ini mah."

"Eh ada Diara, udah lama, Ra?" tanya Papah Ari yang dijawab dengan jawaban yang gak beda jauh kayak ke Mama nya, "enggak kok, Om, hehe."

FridayTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang