21.sebenarnya

2.2K 78 2
                                    

^karna cinta yang sesungguhnya akan kembali lagi walaupun banyak yang mengusik^


ilham diam bingung. Dan Zahra sangat judes melihat mereka bertiga.zahra meninggalkan tempat

"ane bisa jelasin semuanya" ilham mengeluarkan suara.

"Udah lah ham nte itu munafik!" Jawab salsa yang masih tersisa air matanya.

"Salsa ane minta maaf,tadi itu ane sama zahra it-.." ucapan ilham terputus
"seterah ham intinya ane udah gamau ketemu lagi sama nte,assalamualaikum"  mereka bertiga pergi meninggalkan ilham sendirian.

Ilham masih terus memerhatikan mereka bertiga.hatinya gelisah,merasa bersalah.

"Nah sal bagus tuh td nte angkat bcara,jgn dipendam mulu sal pasti rasanya sakit,nnti kluarin isi hati nte sal didalam sholat & membaca alquran,insya allah lega" ucap nisa.

Salsa hanya diam masih kepikiran hal tadi

~~°~~.

Saat diasrama mereka bertiga serius muroja'ah hafalannya.

"Ukhti salsa..ukhti salsa!!" Ucap syifa menganggetkan mereka bertiga saat lagi muroja'ah.

"Ada apa sih sipa?ngagetin aja? "Jawab salsa.

"Itu ka ilham..itu dia dibotakin sama dijemur ditengah lapangan sama kyai,katanya sih dia ketauan ketemuan sama cewe berduaan ditaman" ucap syifa.

Mereka bertiga terbelalak kaget.
Akhirnya syifa meninggalkan mereka bertiga.

"Eh sal..apa yang sama zahra ya?" Tanya nina.

"Iyaya si kayaknya" . "Kita liat dia yuk" lanjut salsa.
Mereka bertiga langsung lari kebawah untuk melihat ilham.

Saat mereka sudah dilapangan ternyata disana yang dihukum bukan ilham saja tetapi zahra pun ikutan dihukum merendam dikolam ikan selama 2 jam.

Zahra meringis kedinginan.seandaikan ilham disana memerhatikan salsa terus tak henti henti.

"Sal..maaf ane udah su'uzon sama nte,udah nyakitin nte,nah ini balasan karna udah nyakitin nte,gapapa sal ane terima,karna ane nyakitin orang sebaik nte sal.sekali lagi maafin ane sal" batin ilham meringis.

Salsa memerhatikan ilham dijemur ditengah lapangan,walaupun ia sudah disakiti tetapi ia masih merasa kasihan kepada ilham.

Beberapa jam kemudian.

Ilham dan zahra sudah berhenti dihukum,tetapi ilham dan zahra diberi peringatan,kalau mereka sekali lagi bertemuan dengan yang bukan mahromnya mereka berdua akan dikeluarkan dari pesantren.

Ilham melihat zahra sangat sinis,sendaikan.zahra menunduk ketakutan.

Kyai dan apara santri mninggalkan ilham dan zahra,seandaikan mereka berduaan dilapangan.

"Ini semua gara gara lu!" Bentak ilham kewajah zahra.

" ma..maa..maaf ham anee..-" jawab zahra terputus.

"Gara gara lu,sekarang orang yang gua sayang tersakiti!,maksud lu apa bilang² kalo salsa sama rizky itu pacaran?!" .

"Gw itu..cinta sama nte ham..sebenarnya ane gak suka kalo nte itu deket sama salsa" jawab zahra gugup sambil nunduk.

"Lu cinta gw?gua malah benci sama lu" jawab ilham sinis.

Tiba tiba air mata zahra jatuh kepipinya,hatinya sangat hancur dengan perkataan ilham.

Ilham meninggalkan zahra sendirian dilapangan.

Ilham berjalan kemasjid untuk berwudhu
memendam rasa amarahnya.

Setelah itu ia beristigfar,bersholawat.

~~°~~

"Nisaa" panggil salsa.

"Kenapa sal?" Jawab nisa.

"Gw kasihan sama zahra,dia dihukumnya sampai begitu" .

"Salsa..nte sehat? Dia yang udah bikin nangis,dia yang udah bikin nte tersakiti" .

"Tau nih salsa..buka mata nte salsaa" ucap nina.

Salsa masih saja diam memandangi dinding.

Tiba tiba salsa meninggalkan nina dan nisa.salsa berjalan kelapangan ternyata disana zahra sendirian sedang menangis
,salsa pun menyamperinya.

"Zahra..nte gapapa?" Tanya salsa lembut.

"Salsa kenapa nte masih baik sama ane?seandaikan ane udah ngerusak hbungan nte sama ilham" .

Salsa tersenyum.

"Salsa..nte kok ga marah sama ane" .

"Karna semua manusia itu tidak sempurna,karna kita adalah manusia biasa,semua manusia yang berbuat salah itu adalah manusia yang khilaf,tetapi kekhilafannya itu belum ia sadari" .

Zahra merasa hatinya luluh dengan ucapan salsa,ia benar² menyesal dengan perbuatannya.

"Sal..maafin ane ya..nte itu panatas sama ilham,dan ilham beruntung punya seperti nte sal" ucap zahra tersenyum dan memeluk salsa.

Salsa menganggu senyum.

Ilham keluar dari masjid,ia melihat salsa dan zahra berduaan,ilham mulai curiga.akhirnya ia menyamperi mereka ber 2 .

"Salsa ngapain nte disini?" Ucap ilham .

Salsa menggelengkan kepalanya.

"Jawab salsa..apa nte dipengaruhi sama mnusia ini?" .

"Nte kalo ngomong itu jangan sembarangan,dia itu teman pondok ane,teman seasrama sama ane,teman sekamar ane,jadi jangan marahi dia" jawab salsa memandangi wajah ilham.

Ilham bingung,ilham menaiki sebelah alisnya.

"Dia itu sudah mnta maaf sama ane ham..jadi udah cukup jangan marahi dia" .

"Minta maaf?nte maafin sal?" Tanya ilham bingung.

"Iya,karna manusia yang berbuat salah itu hanya khilaf" .

Ilham merasa tersentuh hatinya dengan ucapan salsa.

"Nte orang yang baik sal,sholehah" ucap ilham tersenyum manis kepada salsa.salsa membalas senyuman ilham.

Seandaikan zahra merasa cemburu,hatinya terasa sesak,air matanya hampir jatuh,rasanya dia ingin pergi ga mau liat adegan mereka berdua lagi.

"Ane balik keasrama dulu ya assalamualaikum ham" .

Ilham menjawab salam salsa dan zahra.
Salsa dan zahra berjalan keasrama ber dua.

"Assalamualaikum" salam salsa dan zahra didalam kamar.

Orang orang yang ada didalam kamar merasa heran dan bingung.

Bersambung~

Mencintai Seseorang Dipesantren ✓ (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang