Delapan Belas

2 0 0
                                    

Ali  tidak  pernah  mengajakku  keluar  selama  seminggu  terkhir  ini.  Bahkan  bertemu  di  sekolah  pun  tidak.  Aku  merasa semakin  jauh  darinya.  Aku  ingin  sekali  menemui  Ali.  Tapi apa  kata  orang nanti?  Tiara  mengejar-ngejar  Ali?  Aku  sangat membenci saat orang membicarakan aku di belakang.  Sudah  cukup  dengan  gosib  sebelum-sebelumnya.

Selain itu,  aku  juga  jarang  berkunjung  ke  rumah  Rangga.  Rangga  sangat  menolak  kedatanganku walaupun di lain sisi  dia  sudah  tidak  bersikap  acuh  lagi  padaku.

Dan aku  sekarang  sedang  berada  di  supermarket  menemani  mama  belanja  sayur  untuk makan  malam.  Kata  mama  akan  ada  acara  pertemuan  rekan  kerja  ayah  lagi  di  rumah.  Seperti biasa  aku  membuntuti  mama  di  belakang  ketika berbelanja seperti ini. 

Aku  juga  mulai  merasa bosan  akhir-akhir  ini  karena  tidak  ada  hal  yang menarik untuk dilakukan. Tetapi  ini  masih  lebih  baik  dari  pada ada  masalah.  

Mama belanja  banyak  sekali.  Aku  kewalahan  membawanya.  Ini  berarti  tamu  yang datang  lebih  banyak. 

Aku terkejut  ketika  sampai  di  rumah,  tante  Sarah  sudah  menunggu  di ruang  tamu.  Ternyata  tante  Sarah menawarkan diri untuk membantu  mama  mempersiapkan  semuanya  untuk acara nanti  malam.  Hari  ini  juga  akan  menjadi  hari  yang  melelahkan  bagiku,  bagi  mama,  dan  bagi tante  Sarah.  Mama  tidak  mengizinkanku  pergi  kemana-mana. 

Tante  Sarah  tinggal  sampai nanti  malam  membantu  mama hingga  selesai.  Dengan  ini  aku  sedikit  lega  karena pekerjaanku  sedikit  berkurang. Aku  tidak  tahu  apakah  Rangga  ikut  lagi  dalam  pertemuan  malam  ini.  Tapi  peluang Rangga  ikut  adalah  kecil  sekali.  Bertemu  aku  saja  dia  menolak,  lucu  sekali  jika  dia bersedia masuk  ke  rumahku yang jelas-jelas ada aku di dalamya.

Karena terlalu  lucunya,  aku  sampai  tidak  bisa  berekspresi  apa-apa,  ketika  Rangga menginjakkan  kakinya  di  teras  depan  berjalan  bersama  ayahnya  menuju  ke  arahku,  ayah, mama,  dan  tante  Sarah  yang  menyambut  para  tamu  di  sebelah   pintu  masuk.  Kali  ini dia  tidak  memakai  baju  santai  lagi,  dia  memakai  setelan  jas  hitam  dan  kemeja  biru  laut beserta  dasi  yang  bertengger  rapi  di  lehernya. 
Sepertinya  dia  tetap  pada  prinsipnya,  sama sekali  tidak  menganggapku  ada  disini.  Jujur  saja  aku  sedikit  kecewa.

Ternyata  untuk  meeting    kali  ini  para  istri  diikutsertakan.  Tetapi  untuk  Rangga,  dia selalu  ikut  dalam  pertemuan  seperti  ini  bersama  ayahnya.    Aku  tidak  tahu  pasti  kenapa Rangga  diharuskan  ikut  rapat  bersama  bapak-bapak  ini. 

Ahh,  aku  teringat  dulu  om  Heru pernah  mengatakan  bahwa  Rangga  akan  membantu  bisnisnya  tidak  peduli  walaupun  ia  masih muda.  Tapi  apa  itu  sangat  mungkin? Di umur segini dia bisa apa?

“Ya’,  kamu  mau  ikut  rapat?”  tanya  mama  membubarkan  lamunanku.  

“Nggak,  tapi  Rangga...”  kataku  reflek.

“Rangga  itu  beda.  Sudah  sana!”  mama  mengusirku.  Akhirnya  aku  kembali  ke  kamarku menunggu  rapat  selesai  lalu  membantu  mama  menyiapkan  makanan  seperti  dulu.

Rapat  kali  ini terasa  lama.  Aku  menunggu  sambil  mendengarkan  lagu  disertai  mulut  yang tidak  bisa  berhenti  menguap  dari  tadi.  Aku  sangat  mengantuk  tidak  tahan  jika  harus menunggu  lebih  lama  lagi.   Aku  ingin  sekali  tidur  sekarang,  melihat  kasur,  bantal,  dan  guling  yang  masih  tertata rapi  di  ranjang  menunggu  si  majikan  untuk  segera  berbaring  disana. 

Aku  duduk  di  depan meja  belajar  menahan  keinginan  untuk  berbaring  di  atas  kasur.  Bisa-bisa  aku  akan  langsung terlelap  jika  melakukan  itu. Pelan-pelan  aku  mendengar  sebuah  langkah  kaki.  Itu  pasti  mama  yang  menjemputku untuk  segera  menyiapkan  hidangan. 

Aku  lega  sekali  karena  akhirnya  pekerjaanku  akan selesai.  Aku  segera  berlari  membukakan  pintu  walaupun  belum  diketuk.

“Ma,  kok  lama  ba...  Rangga?”  kataku  terkejut  ketika  ternyata  Rangga  yang  berdiri  di depan  pintu  kamarku. 

“Aku  kira  mama,  kok  kamu  bisa  kesini?”  tanyaku  heran  padanya.  Dia malah  hanya  terdiam  dan  melihatku.  Berikutnya  secara  tiba-tiba  dia  menarikku  masuk  ke dalam  kamar  lalu  kembali  lagi  dan  mengunci  pintunya.  Sangat-sangat  tidak  pernah  mengerti apa  yang  sedang  Rangga  pikirkan.  Dia  selalu  melakukan  sesuatu hal dengan  tiba-tiba.

“Ngga,  ada  apa  sebenarnya?”  tanyaku,  Rangga  selalu  terlihat  gelisah  ketika  berhadapan denganku  akhir-akhir  ini.

“Diluar  sedang  makan,  aku  meyelinap  kesini,”  kata  Rangga  yang  sekarang  sedang  duduk di  atas  ranjangku.  Karena  ranjangku  yang  rapi  sudah  tidak  perawan  lagi,  aku  pun  duduk disana  juga,  di  sebelah  Rangga.  

“Makan?  Diluar  sudah  makan?”  aku  merasa  mama  menghianatiku.  Untung  saja  Rangga kesini,  kalau  tidak  aku  akan  menunggu  mama  sampai  semua  tamu  pulang.  Pantas  lama. 

“Aku akan  menemui  mama  nanti.  Ngomong-ngomong,  kamu  kok  bisa  kesini?”  tanyaku  masih curiga  kenapa  tidak  ada  seorangpun  yang  curiga  Rangga  datang  kesini.

“Aku...izin  ke  kamar  mandi,”  kata  Rangga,  aku  hanya  manggut-manggut.  Lalu  dia berkata  lagi,”Eh  Tia,  sebenarnya  aku  kesini  karena  ingin  mengatakan  sesuatu,”  jika  Rangga sudah  seperti  ini,  pasti  dia  membujukku  untuk  tidak  menemuinya  lagi.  Menemuinya? Sepertinya  dia  yang  menemuiku.

“Tia,  aku  tahu  kamu  sama  teman  kamu  itu  setiap  hari  menemuiku,  walaupun sembunyi-sembunyi.  Aku  cuma  nggak  ingin  kamu  repot  kayak  gitu.  Aku  sudah  nggak perlu  dikhawatirkan  lagi,  karena  kamu  cuma  khawatir  makanya  kamu  mengawasiku  setiap hari,  iya  kan?”  Rangga  memaksakan diri tersenyum.  Sebenarnya  aku  sendiri  tidak  tahu  kenapa  aku  selalu ingin  melihat  Rangga  setiap  hari.  Mungkin  benar  karena  aku  hanya  khawatir  padanya.  Tetapi selalu  ada  yang  kurang  jika  aku  tidak  melihatnya  sehari  saja.  Apa  itu  hanya  disebut  sebagai kekhawatiran  belaka?  Aku  hanya  bisa  menunduk  dan  terdiam.  Tetapi...

“Ngga,  jika  kamu  kesini  cuma  ingin  mengatakan  tentang  ini,  kamu  juga  nggak  perlu repot-repot.  Kalau  kamu  kesini,  bukannya  sama  saja  dengan  bertemu  denganku?”  sepertinya pertanyaanku  ini  berhasil  membuat  Rangga  terkesiap.  Dia  cepat-cepat  menyembunyikan ekspresi  terkejutnya.

“Aku...sebenarnya  aku...”

Tok...tok...tok...

“Tia?  Tia?  Apa  kamu  sudah  tidur?  Kenapa  dikunci  pintunya?”  itu  suara  mama  teriak diluar  pintu.  Aku  dan  Rangga  sama-sama  terkejut.  Kalau  kita  ketahuan,  mereka  akan  mengira yang  macam-macam.

“Ada  apa  ma?  Tia  barusan  tertidur?  Apa  udah  saatnya  makan  malam?”  teriakku  dari dalam,  dan  berpura-pura  habis  bangun  tidur.

“Oh,  kamu  tidur  barusan.  Kalau  kamu  lapar  cepat  kebawah,”  kata  mama  membalas teriak  dari  luar.

“Iya  ma,  tapi  Tia  nggak  lapar,”  kataku.  Sebenarnya  aku  sangat  lapar,  tapi  mama  sudah tidak  menjawab  lagi,  sepertinya  dia  sudah  pergi.

“Errr,  sepertinya  aku  harus  pulang  sekarang,”  kata  Rangga,  berdiri  lalu  berjalan  menuju pintu  dan  membukanya.  Dia  mengacak-acak  rambutnnya.  Aku  merasa  aneh  sekali  dengan sikapnya. Mataku menatap punggungnya yang akhirnya menghilang dibalik pintu.

I Belong to YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang