Apakah kalian pernah berpikir mengenai kehidupan selain kehidupan di Bumi ini? Aku sering. Maksudku, dunia ini luas, sangat luas. Selain Bumi sebagai planet yang kita tempati ini, masih ada ratusan, ribuan, jutaan, banyak sekali bintang atau planet lain di galaksi ini, dan aku meyakini masih banyak lagi bintang atau planet di galaksi lainnya. Bukankah masuk akal jika kita berpikir, setidaknya ada satu bintang atau planet yang juga memiliki kehidupan seperti di Bumi ini?
Ketika berpikir seperti itu, seringkali pikiranku melayang-melayang sampai akhirnya aku tenggelam dalam lamunanku. Setelah selesai dengan pikiranku mengenai kehidupan di planet lain, entah kenapa aku jadi berpikir, bagaimana dengan di Bumi ini? Apakah benar di Bumi yang kita tinggali ini, hanya dihuni oleh makhluk-makhluk kasat mata seperti yang selama ini kita yakini? Lalu bagaimana asal-muasal cerita yang membuat sebagian orang meyakini adanya keberadaan makhluk tak kasat mata atau yang biasa kita sebut dengan sebutan makhluk halus?
Ada banyak sekali cerita mengenai makhluk halus tersebut, bahkan di Negara kita ini, bisa aku katakan kalau masing-masing daerah memiliki cerita mengenai makhluk halus atau yang biasa kita katakan sebagai cerita horor-nya sendiri. Lalu, bagaimana dengan pemahaman dari kata horor itu sendiri menurut kalian?
Menurut pemahamanku, horor itu adalah kondisi atau situasi yang berhubungan dengan hal-hal yang menyeramkan, hal-hal yang membuat kita merasa ketakutan, merinding, dan membuat kita ingin berlari, menghindari hal tersebut sejauh mungkin.
Biasanya kata horor dikaitkan dengan makhluk-makhluk halus yang diyakini keberadaannya oleh sebagian orang, seperti Pocong, Kuntilanak, Genderuwo, dan lain-lain. Selain itu, kata horor juga sering dikaitkan dengan tempat-tempat yang sepi, yang entah kenapa terkadang membuat kita merinding seperti kuburan, atau rumah kosong yang sudah lama ditinggal oleh pemiliknya, atau mungkin juga terowongan atau gang sempit yang jarang dilalui orang.
Sebagian orang meyakini kalau tempat-tempat seperti itu dihuni oleh makhluk-makhluk halus dan terkadang membuat kita ketakutan dengan pemikiran kita sendiri mengenai hal itu. Itulah beberapa hal yang kemungkinan terlintas di pikiran sebagian orang ketika kita menyebutkan kata horor. Namun bagiku, tidak hanya itu.
Bagiku, hal-hal horor bisa kita jumpai kapanpun, baik pagi, siang maupun malam. Kita bisa menjumpainya, kita bisa merasakannya di manapun, baik itu di tempat yang sunyi-sepi, atau bahkan di tempat yang biasa kita lalui setiap harinya. Hal-hal horor tidak hanya bisa kita temui atau kita rasakan di tempat yang baru, karena bagiku, kita juga bisa menemui atau merasakan hal tersebut, di tempat kita melakukan kegiatan sehari-hari kita, dan mungkin juga di tempat kita berada saat ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita Horor Remaja - Kisah Di Pendopo Ekonomi
HorrorEmpat orang remaja yang baru saja merasakan dunia perkuliahan mengalami beberapa kejadian aneh yang akhirnya menggiring mereka kehadapan tragedi yang pernah terjadi di Kampus mereka. Akankah mereka mengungkapkan fakta akan tragedi tersebut, ataukah...