Sakit adalah penhapus dosa manusia. Jadi, janganlah kita marah pada Allah, pasti banyak terkandung hikmah di dalamnya.
***Angin pagi menusuk tubuh laki-laki yang berusia masih sangat muda. Ia adalah seorang pekerja keras dalam mencari rezeki demi menghidupkan keluarganya. Ia terkenal dengan pemilik budi luhur. Ia sangat menyayangi ibunya bahkan adik-adiknya. Baginya mereka adalah harta terbesar dalam hidupnya.
Namanya adalah Tino, dia laki-laki miskin yang kurang harta. Rumahnya terbuat dari papan dan beratapkan daun rumbia. Pekerjaan sehari-harinya adalah menjadi kuli di pasaran. Ia sudah bekerja sekitar dua tahun. Setelah pekerjaan itu bosan dikerjakan ia pun beralih profesi menjadi tukang bangunan. Namun itu juga tidak bertahan lama. Selalu saja ada kejenuhan saat ia memulai sebuah pekerjaan. Entahlah, mungkin saja itu karena ia ingin mencari sebuah pengalaman karena usianya yang masih sangat muda.
Usianya masih sekitar 20 tahun, usia yang sangat muda bagi pemuda masa kini. Karena banyak pemuda yang masih kuliah di usia seperti itu, namun ia tidak bisa sekolah tinggi karena tuntutan ekonomi. Tapi baginya tidak masalah itu sudah menjadi ketetapan Allah.
Uang yang didapatkan untuk membantu keluarganya. Selain itu dipakai untuk memenuhi keinginannya dan sama sekali tidak memikirkan akan menabung di masa depan. Misalnya saat ia ingin membeli baju bermerk mahal ia tak perduli, langsung dibelinya.
Suatu hari ia sakit. Lambungnya semakin parah. Ia pun menggunakan uangnya untuk pengobatan. Saat sakit ia merenungi nasib dan pikirnya membatin.
"Sekarang aku sakit, dan aku bodoh tidak mempersiapkan masa depanku. Sekarang aku ingin mempersiapkan masa depanku dengan menabung agar kelak impianku menjadi seorang pengusaha tercapai."
Ternyata penyesalan datangnya terakhir ya!
Tapi tidak masalah yang penting kesadaran itu ada selama nafas dan jantung kita masih bekerja.Mari gunakan waktu sebaik-baiknya sebelum semua akan berakhir dengan sia-sia dan penyesalan hanya jadi petaka. Ingatlah saat sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit, hidup sebelum mati, dan lain-lain.
Langsa, 31 Desember 2018
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Cerpen Islami
Short StoryKumpulan cerpen islami yang mengisahkan hidup seseorang, baik cinta, masalah pekerjaan, dan catatan hidup Penulis pribadi yang fiekspresikan drngan bahasa yang santun dan bijak.