akhirnya update yorobun😭
adakah yang nungguin?🎬
"assalamualaikum ges, welkambek to cenel dika's kitchen! hmm saya suka saya suka!"
dokyeom atau yang kerap disapa dika itu benerin letak kameranya sembari intro ala-ala youtuber. eh emang iya sih.
"ngapurane ya ges kalo berisik. aku melihara burung soale."
burung apa, mas...
dika senyum lima jari di depan kamera lalu mundur setelah angle-nya dirasa udah pas. masih dengan senyum lebar di wajahnya, cowok itu nunjukin serenteng mie burung dara yang iklannya dibintangi oleh mbak inul daratista. kadang dika mikir, nama 'mie burung dara' itu diambil dari nama inul. iya, dari daratista-nya itu. terus kalo bintang iklannya dika namanya jadi mie burung dika? gitu?
"sebelum masak-masak, jangan lupa komen, laik, dan subretㅡ"
"subscribe, mas."
"nah iyo iku," dika nyengir lalu melambai ke cewek yang barusan negur dia. "sini dek, ikut syuting."
si cewek berambut panjang itu melengos pergi setelah ngancam, "emoh. pokoke aku gamau tau, ya. dapur harus diberesi. kalo ga, sampeyan seng tak goreng!"
"inggih ndoro," setelah mastiin cewek itu pergi, dika meringis ke kamera. "itu bojoku, ges. maapin ya, emang rada galak."
"okedeh kita mulai aja ya, gausah banyak cincong melencong bencong lah ya, ges."
dika ngangkat panci bergagang ke depan kamera. "ini panci ges namanya. pancinya diisi air, ya."
nenek-nenek kayang juga tau kali kalo itu panci.
panci udah diisi air dan udah ditaruh diatas kompor. "oke ges, pancinya udah temumpang. nyalain apinya terus nunggu plukutuk-plukutuk baru masukkin mienya, ges."
"sambil nunggu plukutuk-plukutuk, aku tak motongi ayam dulu. ayamnya masih beku, ges. kelamaan di kutub selatan."
hening. bahkan burungnya ga berkicau lagi. singkatnya, garing.
"oke. habis itu kupas bawang putih sama bawang bombai. BOMBAYAH!"
mbak bojo alias istrinya yang ada depan tv misuh-misuh. "menengo, mas. iyik wae."
"yowes aku tak trimo meneng wae, ges." bawangnya dicuci kemudian ditaruh di dalem mangkok plastik. selanjutnya, dika ngambil rentengan mie burung dara dan ditunjukkin ke kamera ala-ala beauty vlogger. "walaupun aku baru beli mienya tadi pagi, alangkah baiknya kalo kita tetep ngecek ekspayetnya. takutnya ndak nanti mati mumpluk ora konangan."
"apasih mati mumpluk segala." mbak bojo nyamperin kemudian dadah-dadah ke kamera walau mukanya datar. "kenapa sih kalian mau nonton video gak jelas kayak gini? sayang kuota kalian, ges."
"berisik. sana tidur wae daripada ngerusuhin aku mau ngevlog," usir dika. "udah ya, ges. ora usah dengerin knalpot becak ngomong."
"MANA ADA?!!!"
dika dorong-dorong mbak bojo supaya minggir dari area dapur karena udah 5 menit rekaman tapi gak dapet hal berfaedah gara-gara mbak bojo ngoceh mulu.
"okedeh ges, sekarang aku tak motongi paprika dulu."
ditengah-tengah kegiatannya motong paprika, dika teriak, "woh iya aku lupa bilang tema masakan hari ini!"
"jadi, tema masakan hari ini itu westeren atau barat gitu lho, ges. masakan seng mau tak buat ki yo mirip-mirip pasta. awale mau bikin pasta, tapi gak nduwe pasta yaudah pake mie burung dara karena masak mie gak cuma itu-itu aja!"