"assalamualaikum ges, welkambek to cenel dika's kitchen! hmm saya suka saya suka!"
kali ini setelah intro, bukan muka dika yang super deket ke kamera yang nampak. tapi potongan video punya boyband korea.
disambung nyanyian dika, "yeogi jigeum urin ocean blue~"
surprisingly, suaranya nggak se-absurd kelakuannya.
"iya, ges. betul sekali. sesuai footage yang barusan lewat sama lirik yang tak nyanyiin tadi, di siang yang terik ini aku mau bikin blue ocean. hari ini santai aja masak-masaknya, kita nggak butuh perapian."
sembari kipas-kipas pake kertas, dika sambat, "beberapa hari ini siang malem puanas pol. aku yang kalo tidur harus selimutan aja beberapa hari ini cuma koloran saking puanase."
"tapi tenang, ges," dika nyengir. "ini masih panas dunia, belum panas neraka. WALADALAH AKHI!!!"
cowok itu ngusap lengennya sendiri. mendadak merinding ngebayangin seberapa panas neraka. panas di dunia aja dika udah ngeluh, apalagi neraka. apa gak 24/7 365 sambat.
dah lah.
"oke, bahan-bahannya simpel banget. singkat padat dan jelas kayak mas woozi."
( woozi bersin-bersin di kejauhan sana. )
"sebelum kita mulai, tak kasih tau sesuatu. dadi ngene, aku ndak pake takaran baku, ya. soalnya ini minuman yang dibuat pake feeling alias mbok kiro-kiro wae." kata dika. "woke, mari segera kita mulai perhelatan akbar ini!"
perhelatan akbar mbahmu. gur abrakan wedang wae sok-sokan.
"pertama ada sirup jeruk atau mangga. sak karepmu. aku sih pake mangga, soalnya di rumah cuma ada ini, ges." dika nunjukin satu botol sirup warna oren cerah ke kamera. "kalo bisa, diusahakan bukan sirup yang encer banget itu, ya. aku pake merek sunquick, soalnya volumenya berat. jadi bakal stay di bawah gelas pas dituang soda yang volumenya lebih ringan."
"kita pake teknik layering alias berlapis-lapis, ges."
"kedua ada soda warna biru. sakjane terserah mau warna apa. mau abang kuning ireng, ora urusan. cuma kan namanya juga mau bikin ocean blue. yowes pakenya soda warna biru." jelas dika sembari naruh sebotol soda di atas meja.
"mari ngono, ada es batu. dingin dan keras kayak sikapmu." timpal dika.
( mbak bojo diam-diam menghujat dari ruang tengah. )
dika kemudian melanjutkan, "selain itu ada nata de coco sama selasih juga."
"MARI KITA MULAI PERHELATAN AKBAR INI SAUDARA-SAUDARA!"
hening. bahkan burung mas dika pun ogah nyahutin. burung beneran, ya. yang bisa berkicau. yang makan biji-bijian. yang bisa terbang.
"pertama, tuang sirupnya. cukup sepertiga bagian gelas aja, ges. pokoknya cairan yang konsistensinya lebih berat dituang duluan. biar makin keatas makin ringan."
"mari ngonooo, tambahin nata de coco. dikit aja, juragan." dika masukkin nata de coco satu persatu. njelehi banget padahal bisa disendok langsung. tapi yowes lah. namanya juga mas dika yang ajaib.
"wes, masukkin es batu terus tambahin lagi nata de coconya. nek uwes, tambahin telek kodok, ges."
"IYUH NGGILANI. NGGAWE WEDANG MOSOK NGANGGO TELEK!" seru yuju dari ruang tengah. kayaknya nguping.
"YO ORA NGONO," balas dika nggak kalah keras. cowok itu geleng-geleng kemudian fokus ngomong lagi di depan kamera. "maksudnya selasih, ges. aku jaman kecil bilang ini namanya telek kodok. keterusan nganti saiki."
"terakhir, tuang soda. pelan-pelan saja seperti lagu kotak band. lepaskanlah ikatanmu dengan aku biar kamu senang. bila berat, melupakan aku. pELAN-PELAN SAJA!!!"
11 12 ngegasnya dengan: baby you're my ANGEL!!!!
"kalo nggak berani nuang soda langsung dari botol ke gelas, bisa disendoki aja nuangnya. lewat pinggir gelas. tujuannya dituang pelan-pelan ya biar ndak kecampur. biar warnanya gradasi kayak gini,"
"biar warna birunya ndak kecampur sama sirup orennya. nanti kalo kecampur namanya bukan blue ocean tapi banyu got. atau banyu blumbang yang ijo-ijo nggilani gitu."
"oke, ges, video hari ini cukup sekian. kalo kalian suka, ojo lali komen, like, dan subret ke cenel ini! sampai jumpa dengan si ganteng dika di video berikutnya! bye!"
kayaknya mataku sliwer. aku lihat mingi kadang mirip dk :(
btw aku ngetik ini sampe ketiduran, bangun-bangun jam 1 malem😔